Entertainment

Selain Ariana Grande, Deretan Artis Ini Pernah Pecahkan Rekor Billboard!

Nizar Fahmi

Posted on February 22nd 2019

Belum selesai dengan kebahagiannya memenangkan kategori Best Pop Vocal Album dalam Grammy Award 2019, Ariana Grande lagi-lagi menambah deretan prestasinya gengs! Tiga lagu terbaru miliknya yang masuk di album ke lima, Thank U, Next bertengger di posisi tiga teratas Billboard Hot 100 Chart. Lagu-lagu itu adalah (secara berurutan dari posisi satu) 7 Rings, Break Up with Your Girlfriend, I’m Bored, dan Thank U, Next. Hal ini membuatnya mampu menyamai prestasi The Beatles pada tahun 1964 silam

Tapi kamu tahu nggak sih, selain Ariana, masih banyak lho artis-artis lainnya yang pernah memecahkan rekor Billboard. Cek beberapa daftarnya di bawah yuk!

Drake

Tahun 2018 kemarin bisa dibilang menjadi sejarah bagi Drake. Soalnya doi sukses ngalahin The Beatles sebagai penyanyi yang lagunya paling banyak masuk dalam TOP 10 Billboard Hot 100 Chart selama satu tahun gengs! Di tahun 1964, The Beatles bisa membuat 11 lagunya masuk dalam daftar TOP 10 dengan durasi satu tahun. Tapi Drake berhasil mengungguli jumlah itu dengan total 12 lagu.

Di antara lagu-lagu itu, In My Feelings menjadi salah satunya yang pernah menduduk posisi satu. Lagu yang viral karena Kiki Challenge tersebut juga membuat Drake menggenapi dirinya menjadi musisi yang paling lama menempati lagunya di posisi pertama Billboad sejak awal karirnya di 2010 lalu, yaitu 42 minggu, mengalahkan catatan Rihanna yang terkumpul sebanyak 41 minggu.

The Beatles

Walaupun dua rekor yang dimilikinya telah diambil oleh Ariana dan Drake, The Beatles masih punya rekor lain di Billboard lho gengs. Band asal Inggris ini menjadi musisi yang albumnya paling banyak mencapai peringkat teratas pada daftar Billboard 200.

Album pertama yang mampu menduduki posisi itu ialah Meet the Beatles!, yang menjadi juara pada edisi 15 Februari 1964. Sepanjang karirnya, The Fab Four juga sukses mengumpulkan 14 album di peringkat satu kategori ini hanya dalam waktu enam tahun lho! Nah sampai sekarang nih, ada 19 album The Beatles yang pernah mengisi posisi satu Billboard 200. Rekor ini pun belum mampu di ambil oleh musisi manapun, termasuk Jay-Z yang hanya berhasil membuat 14 albumnya untuk menempati posisi satu dalam daftar tersebut.

Nicki Minaj

Pelantun Anaconda, Nicki Minaj menjadi satu-satunya musisi wanita yang 100 lagunya berhasil masuk dalam daftar Billboard Hot 100 gengs! Nicki memecahkan rekor ini setelah lagunya bersama Tyga, Dip, debut di peringkat 83 pada November 2018 lalu.

Oh ya Nicki juga menjadi rapper perempuan pertama yang lagunya paling banyak masuk dalam deretan TOP 10 Billboard Hot 100 lho. Diketahui doi telah membuat 17 lagunya menempati posisi TOP 10 di daftar tersebut. Adapun lagu Nicki Minaj yang pertama kali bertengger di Billboard Hot 100 ialah Knockout yang debut pada Februari 2010 di posisi 44.

BTS

Sejak awal kemunculannya, BTS memang sudah mampu menarik perhatian banyak orang. Mungkin kamu salah satunya. Hal ini membuat BTS menjadi salah satu entertainer asal Korea Selatan yang namanya nggak boleh diremehkan. Terbukti, pada September 2018 lalu, boyband yang beranggotakan enam orang ini memecahkan rekor sebagai artis KPOP yang paling lama menduduki posisi satu pada daftar Artist 100 di Billboard, yaitu selama 99 minggu cuy!

Nah selain itu, karena banyaknya kegiatan sosial yang mereka buat dan ikuti, BTS pun pernah menduduki posisi satu dalam daftar Social 50 di Billboard, selama 90 minggu berturut-turut. Perolehan ini mengalahkan rekor yang dipegang Justin Bieber sebelumnya, dengan durasi 56 minggu. Army, are you proud enough right?

Related Articles
Entertainment
3 Alasan Kenapa BTS Puncaki Billboard 200 Merupakan Prestasi Luar Biasa

Entertainment
Sederet Idol Group K-Pop ini Dominasi Billboard’s World Albums Chart!

Entertainment
6 Lagu Kunci Kesuksesan Go International BTS