DBL All-Star

Pemusatan Latihan Kedua Dimulai, Tim All-Star DBL Siapkan Diri Hadapi Lawan

Training Camp Honda DBL Indonesia All-Star 2018

Mainmain.id

Posted on February 16th 2019

SURABAYA - Tim Honda DBL Indonesia All-Star 2018 udah berkumpul lagi nih di Surabaya untuk menjalani training camp kedua kemarin (16/2). Para student-athlete Indonesia terbaik tingkat SMA itu akan mempersiapkan diri mereka sebelum berangkat ke Los Angeles, Amerika Serikat pada 20-26 Februari 2019.

Menu dalam training camp ini diracik oleh para pelatih All-Star serta head coach DBL Academy. Berlangsung di DBL Academy Pakuwon, Surabaya, hingga 19 Februari, para pelatih mempersiapkan tim para bintang tersebut supaya siap menghadapi advance training serta scrimmage game di kota para malaikat.

Nah, dalam latihan hari pertama itu, beberapa jenis latihan disantap oleh para pemain. Seperti pola transisi menyerang-bertahan dengan cepat, pola menyerang dengan skenario tertentu, hingga memperbanyak latihan menembak tiga angka.

 Yunita Sugianto, asisten pelatih tim putri Honda DBL Indonesia All-Star 2018 mengatakan bahwa di hari pertama tersebut, tim asuhannya dilatih untuk memecah kebuntuan dalam sebuah skenario permainan. Salah satunya adalah kala para garda tembak (shooting guard) udah dimatikan ruang geraknya oleh lawan.

“Mereka latihan untuk bebasin semua shooter yang dijaga ketat lawan. Mereka harus bisa balikin bola ke playmaker, lalu screen dan pick and roll, supaya ruang tembak jadi terbuka lagi,” ungkapnya menjelaskan. 

Sementara di tim putra, sesi latihan banyak diisi dengan pola-pola sederhana. Sebab tim pelatih menilai bahwa para pemain butuh rileks setelah menempuh perjalanan panjang dari kota masing-masing menuju Surabaya padi sebelumnya.

Namun, di hari perdana training camp, dua pemain belum dapat bergabung dalam sesi latihan. Mereka adalah Sabrina Ayu (SMA Dian Harapan Makassar) dan Anthoni Putra Aipassa (SMA Jhon 23 Merauke). Keduanya baru akan bergabung pada sesi latihan hari ini (17/2).

Manajer tim Honda DBL Indonesia All-Star 2018 Yondang Tubangkit mengonfirmasi bahwa dalam pemusatan latihan kali ini, tim All-Star akan menjalani tiga pertandingan uji coba. Nanti malam, tim Putra akan melakoni scrimmage game melawan tim Porprov Jatim. Sementara tim Putri akan kembali menghadapi tim Whatsapp Surabaya, tim semiprofesional yang udah mereka hadapi saat training camp pertama.

“Kami udah berkoordinasi dengan banyak pihak agar training camp kedua ini betul-betul dapat mendongkrak performa tim. Baik dari segi teknis maupun mental. Salah satunya dengan memastikan tim lawan agar turun dengan skuad terbaik mereka, supaya tim All-Star Honda DBL dapat mengeluarkan kemampuan mereka 100 persen,” tutur Yondang.

Di hari berikutnya, baik tim Putra maupun Putri akan menghadapi tim basket Universitas Airlangga mulai pukul 5 sore. Dan di hari terakhir, uji coba dilakukan secara internal aja.

Untuk diketahui, tim Honda DBL Indonesia All-Star merupakan para pemain terbaik yang diseleksi dari pelaksanaan liga Honda DBL. Sebelum menjadi 12 putra dan 12 putri penghuni tim All-Star, mereka harus menyisihkan ratusan pemain pilihan dari 22 provinsi dalam ajang DBL Camp yang digelar pada Desember tahun 2018 lalu.

Selama di AS nanti, tim para bintang tersebut akan melakoni latihan level advance yang nggak main-main. Seperti latihan dan scrimmage game dengan para basketball skills trainer level NBA Jordan Lawley dan James Hunt, serta latihan di fasilitas training berkelas seperti Asics Training Center dan juga Mamba Sports Academy milik legenda basket dunia Kobe Bryant. (*)

 

Related Articles
DBL All-Star
Jelang Keberangkatan Ke Amerika Serikat, Tim All-Star Honda DBL Jalani TC Lagi

DBL All-Star
Coach Docta: Jangan Sungkan Untuk All-Out!

DBL All-Star
Resmi! Tim Honda DBL Indonesia All-Star akan Mengikuti Turnamen Nasional di USA