Junior DBL

Ernest Koswara: Melatih Siswa SMP Jauh Lebih Asik!

Ernest Koswara, Mantan Pemain Basket Profesional yang Sekarang Menjadi Pelatih

Mainmain.id

Posted on February 16th 2019

Ernest Koswara, mantan pemain CLS Knights era 2010-2015 dikenal sebagai shooting guard yang kerap kali mereportkan barisan pertahanan lawan. Menyudahi karir di tahun 2015 lalu, kini Ernest menjadi pelatih basket di SMP Cita Hati Surabaya.

Karir Ernest melatih sendiri dimulai sejak tahun 2015. Kala itu, ia melatih para bibit-bibit muda di Gor Kertajaya. Mulai dari umur lima tahun hingga remaja. Bermula dari empat siswa hingga menjadi ratusan.

“Kalau pagi aku ngelatih. Tapi kalau sore, aku yang dilatih,” ujarnya sambil tertawa.

Semenjak kontraknya habis bersama CLS Knights di tahun 2015, ia pun meneruskan karir melatihnya ke Universitas Ciputra Surabaya. Disana ia melatih para mahasiswa kuliah dan ikut berbagai turnamen. Di tahun 2017, ia mendapatkan tawaran untuk melatih SMP Cita Hati East Surabaya.

Ernest pun menjelaskan bahwa melatih siswa SMP harus lebih sabar ketimbang mahasiswa. Hal ini dikarenakan mood anak SMP masih naik turun. Sehingga, kita harus lebih mengerti dan terus mendampingi.

“Keduanya sama-sama asik. Tapi, lebih asik sama anak SMP sih. Karena lebih fun. Satu lagi, kita harus membawakan materi seringan mungkin tanpa harus ngegas dan marah-marah,” ujarnya.

Kini, Ernest pun bukan menjadi sosok yang berada di lapangan. Ia berada di samping lapangan. Berteriak, membuat pattern, memberi arahan untuk anak asuhnya. Rasa geregetan pun kadang timbul ketika anak asuhnya melakukan hal yang tidak sesuai dengan kemauannya. Namun itu hal yang wajar. Ia juga pernah melakukan hal itu kok!

Beberapa wejangan pun terus diberikan ke anak asuhnya. Salah satunya adalah bermain sepenuh hati. Karena tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Semua tidak ada yang instan.

“Satu lagi, yang paling utama adalah rendah hati! Karena kita tau feelsnya kalau sudah di lapangan seperti apa. Ditambah lagi jika menang. Bangganya seperti apa. Tapi tentu tidak boleh sombong. Selalu melihat kebawah apapun kondisinya,” tutupnya sambil diakhiri dengan senyum manis.

 

 

Related Articles
Sport
Mantan Pemain Basket Profesional yang Kini Terjun ke Dunia Pelatih

Sport
Kaleb Ramot Gemilang Raih MVP IBL 2019

Junior DBL
Bawa Lima Bis dari Mojokerto untuk Dukung Sekolah Kebanggaan