Sport

Bonding Dengan Rekan Setim Itu Penting!

Mainmain.id

Posted on February 15th 2019

Latihan rutin sama rekan se-tim yang itu-itu aja tentu bisa bikin kita makin dekat dengan satu sama lain. Nggak bisa dipungkiri chemistry yang terbangun akhirnya jadi salah satu faktor yang meningkatkan mood ketika bermain. Itu kenapa team bonding itu perlu.

Pentingnya rasa percaya yang tumbuh lewat team bonding ini disampaikan dalam sebuah riset Electronic Journal of Business Ethics and Organization Studies. Dalam jurnal yang diterbitkan tahun 2015 ini dinyatakan bahwa dalam menghadapi tantangan untuk meningkatkan performa tim, trust adalah kunci utama. Trust terbentuk lewat pengalaman yang dibagi bersama, komunikasi aktif, serta mutual respect.

Salah satu contoh keberhasilan bonding yang kuat dalam meningkatkan performa tim adalah tim nasional Inggris di piala dunia tahun lalu. “The Three Lions” (julukan timnas Inggris) finish di posisi keempat setelah pada piala dunia 2014 gagal di babak grup.

Rupanya, kunci kesuksesan timnas Inggris adalah kehadiran seorang psikolog olahraga, Pippa Grange yang membuat para penggawa dapat saling membangun rasa "trust" antar satu sama lain. Pippa meminta para pemain timnas Inggris untuk duduk bersama-sama saling menceritakan pengalaman hidup, ekspektasi, serta ketakutan mereka dalam menghadapi pertandingan demi pertandingan. Sang pelatih, Gareth Southgate mengaku berkat hal ini para pemainnya semakin dekat dan memahami satu sama lain hal ini juga tercermin di lapangan.

Nggak perlu jauh-jauh mencontek timnas Inggris, tim basket putri SMAN 28 Jakarta juga punya rahasia keberhasilan mereka menjadi juara di Honda DBL DKI Jakarta Championship Series 2018. "Kita itu sering hangout bareng setim, dengan jalan-jalan kita bisa get to know each other better," ujar Sophia Adventa sang kapten tim SMAN 28 Jakarta.

Sophia mengaku berkat sering bertukar cerita jadi nggak ada lagi yang ditutup-tutupin di antara mereka, "Kalau ada yang nggak suka sama sikap yang gini bakal langsung bilang, nggak ada tuh yang ngomongin di belakang," tutup cewek yang masih duduk di kelas 11 ini. Terbukti di tahun pertamanya mengikuti Honda DBL DKI Jakarta Series, SMAN 28 Jakarta langsung menorehkan prestasi gemilang menjadi juara Jakarta. 

Related Articles
Sport
Philadelphia Fusion Siapkan Arena Esports Terbesar, Lebih Mahal dari GBT

Current Issues
Murid Kelas 3 SMA di Korea Selatan Akhirnya Kembali Masuk Sekolah

Opinion
Beratnya Menjadi Kelas Sulung di Sekolah