Pop-Sci

Stretching Ternyata Nggak Bikin Kamu Bebas dari Cedera!

Mainmain.id

Posted on February 14th 2019

Stretch ya body~ (via: Emily Isabella)

Sebelum melakukan aktivitas olahraga pasti ada satu hal yang nggak pernah kelewatan. Yap, stretching. Meningkatkan fleksibilitas badan lewat berbagai gerakan saat stretching, digadang-gadang jadi kunci utama yang bisa bikin kita terhindar dari cedera saat olahraga.

Tapi kalian tahu nggak sih sebenarnya stretching itu tidak menurunkan resiko cedera. Loh? Masa iya?

Berdasarkan hasil riset dalam Journal Human Movement Study, stretching justru dapat menurunkan kekuatan otot, dan kemampuan badan untuk seimbang. 

Stretching vs Warm-up

Stretching atau peregarangan adalah latihan fisik yang memiliki kegunaan untuk meregangkan otot. Ada dua macam stretching yang biasa kita temui di keseharian, yakni Ballistic, dan Static.  Ballistic adalah kegiatan melompat-lompat yang dilakukan secara berulang-ulang. Static adalah kegiatan seperti menjulurkan kaki atau tangan dalam hitungan waktu tertentu.

Sementara warm-up atau pemanasan adalah latihan yang memiliki kegunaan untuk meningkatkan temperatur tubuh. Ada tiga jenis warm-up yaitu Passive, General, dan Specific. Ketika Passive warm-up memanfaatkan panas dari eksternal seperti dari sauna atau gel. General dan Specific warm-up menghasilkan panas dari kegiatan seperti lari-lari kecil, atau melakukan tinju-tinju ke udara.

Dari sini jelas kan terlihat betapa bedanya stretching dengan warm-up. Seringkali orang salah tangkap dan menganggap bahwa stretching saja sudah cukup untuk mempersiapkan diri sebelum olahraga. Nyatanya menurut riset Clinical Journal of Sport Medicine, stretching sebelum olahraga hanya bermanfaat apabila dilakukan setelah melakukan warm-up.

Warm-up is The Key

Warm-up apabila dilakukan secara benar sebelum melakukan aktivitas olahraga jadi yang paling ampuh untuk menurunkan resiko cedera. Karena dengan warm-up yang baik heart rate akan meningkat sehingga aliran darah dan oksigen ke otot seluruh tubuh akan merata. Alhasil otot akan lebih lentur dan sendi-sendi akan bisa melakukan gerakan yang lebih beragam.

Nah, udah tahu kan sekarang kenapa stretching yang selama ini jadi kegiatan utama sebelum berlaga sebenarnya bukan keputusan yang tepat~

Related Articles
Sport
Setelah Selesai Olahraga, Jangan Lupa Lakukan Hal-Hal Ini

Sport
Jersey Olahraga Semuanya Sama, Yakin Tuh?

Sport
Lagu-lagu Yang Bikin Makin Powerful Saat Warming Up

Meet The Creator



DBL Indonesia

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI