Entertainment

Jakarta Sneaker Day 2019 Sesak Karena Sepatu Lokal

The Rise of Local Sneakers!

Fidya Citra

Posted on February 8th 2019

Jakarta Sneaker Day, sebuah event tahunan yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya di Hall Senayan City, Jakarta Pusat dari tanggal 7-9 Februari.

Di JSD tahun ini rasanya ada satu hal yang berbeda, yap, kalau biasanya keluaran brand-brand luar ternama yang ditunggu-tunggu kali ini sepatu lokal jadi primadona. Salah satu brand lokal yang bikin antrean nggak karuan di JSD adalah sepatu Compass.

Sepatu Compass adalah sebuah brand lokal yang sudah ada sejak tahun 1998. Kemudian di tahun 2017 Compass rebranding bersama Aji Handoko hingga menghasilkan seri Gazelle yang langsung meledak di pasaran. Nah, baru-baru ini Compass merilis hasil kolaborasinya dengan Brian Notodihardjo yang melahirkan sepatu Compass seri Bravo. Dibanderol dengan harga 398.000, tidak butuh waktu lama hingga 100 pasang sepatu ini ludes diborong para sneakerhead.

Nggak cuma sepatu Compass yang menarik perhatian. Salah satu brand anyar milik Kemal Palevi, seorang Youtuber yang sudah tersohor dengan seri "Jajan Sepatu" melahirkan brand KEM footwear. Dan di JSD tahun ini KEM footwear menampilkan display sepatunya untuk pertama kali.

Kebangkitan sepatu lokal tidak datang begitu saja. Tirta Mandira Hudhi atau yang dikenal dengan nama dr Tirta, penggagas Sole Vacation sudah lama bergelut dengan campaign LOCAL PRIDE, “Brand luar yang harganya semakin gila, bikin kehadiran brand dalam negeri jadi angin segar,” ujarnya saat talkshow The Snkrs. Baginya local pride itu tidak berarti kita harus mengenakan brand lokal dari ujung kepala sampai ujung kaki, namun lebih ke bagaimana kita bisa bikin style sendiri yang otentik, “Kunci dari local pride adalah lo nggak perlu niru siapa-siapa, dengan mengenal brand lokal lo bisa nge-create sendiri gaya lo yang beda,” tambahnya.

Mungkin pertanyaan ini selanjutnya terlintas di kepala lo, “Tapi kan sepatu local banyak yang niru-niru brand luar?”. Tentang banyak siluet brand local yang mengambil inspirasi dari brand-brand luar yang sudah ada, Aji Handoko sebagai creative director sepatu Compass dan KEM footwear menyatakan bahwa yang terpenting adalah komitmen sama desain lo sendiri, “Referensi lo darimana, dan tanggung jawab lo itu gimana, jadi jangan sampe bikin tiruan yang kaleng-kaleng,” ujarnya.

Nampaknya masih terlalu dini untuk membuat statement bahwa saat ini brand sepatu lokal sedang ada di masa jayanya. Namun nggak salah kalau bilang, sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk lebih aware sama brand lokal di sekitar lo!

Related Articles
Interest
4 Fakta dr. Tirta: 'Maestro' Cuci Sepatu yang Tengah Jatuh Sakit Melawan Corona

Interest
Jangan Ngaku Sneakerhead Kalau Belum Kenal Brand-brand Lokal Underrated ini!

Entertainment
Beberapa Koleksi Sepatu 'Hype' Najwa Shihab yang Bikin Ngiler