Entertainment

Jakarta Sneaker Day 2019 Sesak Karena Sepatu Lokal

The Rise of Local Sneakers!

Mainmain.id

Posted on February 8th 2019

Jakarta Sneaker Day, sebuah event tahunan yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya di Hall Senayan City, Jakarta Pusat dari tanggal 7-9 Februari.

Di JSD tahun ini rasanya ada satu hal yang berbeda, yap, kalau biasanya keluaran brand-brand luar ternama yang ditunggu-tunggu kali ini sepatu lokal jadi primadona. Salah satu brand lokal yang bikin antrean nggak karuan di JSD adalah sepatu Compass.

Brian dan hasil kolaborasinya bersama Compass (via: Gilang/DBL Indonesia)

Sepatu Compass adalah sebuah brand lokal yang sudah ada sejak tahun 1998. Kemudian di tahun 2017 Compass rebranding bersama Aji Handoko hingga menghasilkan seri Gazelle yang langsung meledak di pasaran. Nah, baru-baru ini Compass merilis hasil kolaborasinya dengan Brian Notodihardjo yang melahirkan sepatu Compass seri Bravo. Dibanderol dengan harga 398.000, tidak butuh waktu lama hingga 100 pasang sepatu ini ludes diborong para sneakerhead.

KEM footwear jadi hasil kolaborasi teranyar Kemal Palevi, dr Tirta, dan Aji Handoko (via: Gilang/DBL Indonesia)

Nggak cuma sepatu Compass yang menarik perhatian. Salah satu brand anyar milik Kemal Palevi, seorang Youtuber yang sudah tersohor dengan seri "Jajan Sepatu" melahirkan brand KEM footwear. Dan di JSD tahun ini KEM footwear menampilkan display sepatunya untuk pertama kali.

Dr Tirta and the local pride! (via: Gilang/DBL Indonesia)

Kebangkitan sepatu lokal tidak datang begitu saja. Tirta Mandira Hudhi atau yang dikenal dengan nama dr Tirta, penggagas Sole Vacation sudah lama bergelut dengan campaign LOCAL PRIDE, “Brand luar yang harganya semakin gila, bikin kehadiran brand dalam negeri jadi angin segar,” ujarnya saat talkshow The Snkrs. Baginya local pride itu tidak berarti kita harus mengenakan brand lokal dari ujung kepala sampai ujung kaki, namun lebih ke bagaimana kita bisa bikin style sendiri yang otentik, “Kunci dari local pride adalah lo nggak perlu niru siapa-siapa, dengan mengenal brand lokal lo bisa nge-create sendiri gaya lo yang beda,” tambahnya.

Aji Handoko: Jangan sampe jadi tiruan yang kaleng-kaleng! (via: Gilang/DBL Indonesia)

Mungkin pertanyaan ini selanjutnya terlintas di kepala lo, “Tapi kan sepatu local banyak yang niru-niru brand luar?”. Tentang banyak siluet brand local yang mengambil inspirasi dari brand-brand luar yang sudah ada, Aji Handoko sebagai creative director sepatu Compass dan KEM footwear menyatakan bahwa yang terpenting adalah komitmen sama desain lo sendiri, “Referensi lo darimana, dan tanggung jawab lo itu gimana, jadi jangan sampe bikin tiruan yang kaleng-kaleng,” ujarnya.

NAH project yang namanya kian melambung semenjak dikenakan Bapak Presiden Joko Widodo  (via: Gilang/DBL Indonesia)

Nampaknya masih terlalu dini untuk membuat statement bahwa saat ini brand sepatu lokal sedang ada di masa jayanya. Namun nggak salah kalau bilang, sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk lebih aware sama brand lokal di sekitar lo!

Related Articles
Entertainment
Dr. Tirta Terpukau Lihat Kolaborasi DBL x Ardiles

Entertainment
Island Of Gods Ramaikan Persaingan eSports di Indonesia

Entertainment
Menjelajah Dunia Godzilla di Monarchsciences

Meet The Creator



Cinthya Paramita

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI