Sport

Jersey Olahraga Semuanya Sama, Yakin Tuh?

Kalau Kamu Perhatikan, Ada Bedanya Lho

Nizar Fahmi

Posted on February 6th 2019

Bagi pecinta olahraga, memiliki jersey sepertinya menjadi sebuah kewajiban. Selain bisa digunakan di saat ‘showtime’, karena bahannya yang adem dan dingin, jersey juga terkadang banyak dipakai untuk aktivitas lainnya di kehidupan sehari-hari. Tapi tahu nggak sih gengs kalau nggak semua jersey itu sama lho. Beda olahraganya, beda juga jerseynya. Nggak percaya? Coba deh simak perbedaan jersey pada beberapa jenis olahraga di bawah yang sudah Mainmain rangkum untuk kamu.

Jersey Basket

(via: espn)

Biasanya jersey basket dibuat dengan bahan sintetis seperti rayon, polyster, atau bahkan nilon. Namun kebanyakan bahan yang digunakan adalah paragon agar jersey terlihat lebih mengkilat, serta ringan saat digunakan. Nah jersey basket didominasi dengan bentuk yang nggak menggunakan lengan. Hal ini dimaksudkan agar para atlet lebih leluasa bergerak (khususnya di bagian ketiak dan lengan) saat hendak melakukan shooting ataupun yang lainnya.

Pernah sih di tahun 2013 lalu NBA mengusung konsep bahwa jersey basket pun cocok jika ditambahkan lengan. Tapi ternyata inovasi itu cuma bertahan sampai musim 2017/18. Ada gosip yang bilang kalau penambahan lengan bisa digunakan untuk menambah space logo sponsor. Alhasil, Nike sebagai pemasok apparel NBA yang baru juga tampaknya nggak melanjutkan pemasokan jersey berlengan tersebut.

Jersey Sepak Bola

Kebalikan dari jersey basket, jersey sepak bola justru harus berlengan. Hal ini ternyata dapat mengurangi rasa dehedrasi yang diperoleh atlet saat bertanding di lapangan, tepat di bawah sinar matahari. Ukuran bajunya pun harus yang slim-fit untuk tubuh para atletnya. Sebab jika dibuat kebesaran, dikhawatirkan akan adanya aksi saling tarik-menarik jersey antar pemain nantinya.

Oh ya nggak ketinggalan, jersey sepak bola dikenal akrab sebagai salah satu jersey yang memiliki kerah. Terus percaya atau nggak percaya nih, dulu jersey sepak bola pernah lho berbahan polo-shirt dan memiliki kancing hingga bagian atas dada, duh nggak kebayang gerahnya kayak gimana ya cuy. Tapi kan ada tuh jersey yang lengan panjang, apa nggak gerah juga? Sans, sistem distribusi ventilasi angin sudah diterapkan lewat panel berongga pada jersey. Di musim dingin pun, jersey lengan panjang sudah dilengkapi dengan dalaman yang menempel ke tubuh untuk meminimalisasi pemain merasa kedinginan.

Jersey Baseball

(via: elitesportsny.com)

Kalau jersey untuk olahraga yang satu ini malah harus dibuat sedikit oversize. Selain bisa membuat pemain merasa nyaman karena harus menggerakan hampir seluruh badan bagian atas, jersey yang kebesaran juga bisa melindungi badan atlet saat melakukan lompatan sewaktu ingin masuk dalam base. Celana yang digunakan pun harus panjang, dan masih tetap sedikit oversize.

Hanya saja ada pembeda yang jelas antara jersey baseball dan jersey olahraga lainnya. Yaitu bentuknya yang terlihat seperti kemeja. Jersey baseball dilengkapi dengan kancing dari bagian atas hingga bawah baju. Di dalam jersey yang berupa kemeja itu, biasanya para pemain menggunakan kaos dalaman untuk membuatnya lebih merasa nyaman. Eits, ini bukan berarti jersey baseball sepenuhnya bermodel kemeja ya. Ada kok jersey baseball yang berupa kaos luaran (tapi teteup dengan bentuk yang oversize).

Jersey Tenis

(via: tennisworldusa.org)

Sebagian besar terlihat seperti polo-shirt, jersey tenis sebenarnya dibuat senyaman mungkin untuk penggunanya. Bahannya nggak panas dan mampu menyerap keringat. Jersey tenis juga dibuat dengan bahan yang tebal namun memiliki pori. Pori-pori ini terbentuk karena simpul pada bahan dasar jersey yang dibuat renggang dan berfungsi sebagai sirkulasi udara.

Terus jersey tenis juga berkerah dan memiliki kancing di bagian atas dada pada beberapa jenis. Selain itu bahannya pun nggak terlalu berat gengs. Sehingga para atlet bisa memukul dan mengembalikan bola tanpa terganggu dengan beratnya jersey. Permukaan kain jersey juga harus yang nggak kasar. Karena bahan jersey yang kasar bisa memberi kesan geli bahkan gatal berlebihan ketika badan menghasilkan keringat. Kan nggak lucu tuh pas mau ngembaliin bola tenis, eh malah garuk-garuk badan dulu, hehe.

Udah tahu kan sekarang bedanya antara jersey yang satu dengan jersey yang lainnya? Tapi yang pasti, jersey-jersey ini semakin hari nggak cuma digunakan sewaktu berolahraga saja. Karena tuntutan style, jersey pun sering dipakai sebagai outfit yang kekinian, seperti jersey basket atau pun jersey baseball contohnya.

Related Articles
Sport
Gallery Foto Indonesia Masters 2019

Sport
Setelah Selesai Olahraga, Jangan Lupa Lakukan Hal-Hal Ini

Sport
Empat Alasan Olahraga di Mall Lebih Seru  

Meet The Creator



Hakiki Hijriawan

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI