Sport

Pengin Jadi Pemain Basket Profesional? Yuk, Coba Trik dari Pelatih Stapac ini!

Giedrius Zibenas Beri Tips Bagaimana Melakukan Basketball Stand yang Benar

Mainmain.id

Posted on February 4th 2019

Permainan gemilang Stapac Jakarta di IBL musim 2018-2019 tak lepas dari tangan dingin pelatih asal Lithuania, Giedrius Zibenas. Selain meraih champion Tournament Pra-Musim IBL 2018-2019,Ghibi, sapaan akrabnya juga berhasil mengantongi 11 kemenangan dari total 12 laga di IBL musim ini.

Senin (4/2) coach Ghibi memberikan dasar tentang bagaimana agar bisa bermain seperti pemain profesional kepada para peserta DBL Academy Exclusive Training with Stapac Jakarta yang diselenggarakan di SCC Pakuwon Mall. Menurut Ghibi, basketball stand adalah segalanya. Emang seperti apa sih cara melakukan basketball stand yang benar?

Punggung Wajib Dibelakang Pundak

Giedrius Zibenas jelaskan bagaimana posisi tubuh yang baik saat basketball stand. (foto: Dika Kawengian/DBL Indonesia)

Hal pertama dan utama dalam basketball stand menurut Ghibi adalah memposisikan punggung dibelakang pundak. Selain itu, posisi tubuh juga wajib tetap rendah. Bukan tanpa alasan, posisi ini merupakan posisi yang paling nyaman baik saat menyerang ataupun bertahan. Pasalnya, kuda-kuda ini akan meningkatkan kemampuan manufer kita saat berhadapan dengan lawan.

Tubuh Harus Seimbang

Keseimbangan tubuh jadi poin yang tak kalah penting di basketball stand. (foto: Dika Kawengian/DBL Indonesia)

Selain kuda-kuda, hal lain yang harus diperhatikan dalam melakukan basketball stand adalah keseimbangan tubuh. Banyak pemain yang kehilangan keseimbangan ketika melakukan manufer. Bahkan hingga terjatuh! Kunci utama dari keseimbangan tubuh di basketball stand adalah posisi kaki yang lateral atau sejajar. Posisi ini bisa meningkatkan kekuatan pijakan kaki agar tumpuan tubuh lebih seimbang.

Wajib Fokus di Segala Keadaan  

Semakin fokus, maka reflek tubuhmu makin meningkat. (foto: Dika Kawengian/DBL Indonesia)

Setelah punya tubuh yang seimbang, kini giliran reflek tubuh yang wajib kamu miliki. Gimana caranya? Gampang banget kok. Menurut coach Ghibi, kunci utama dari reflek yang baik adalah fokus. Semakin kamu fokus ketika di berada di lapangan, otak akan semakin cepat mengantarkan informasi gerakan ke tubuhmu. Selain itu, latihan juga bisa meningkatkan reflek tubuhmu loh!

Jangan Pernah Melepas Pandangan dari Ring

Dengan melihat ring, otak bisa memikirkan opsi apa yang harus dilakukan baik ketika menyerang maupun melakukan opsi serangan. (foto: Dika Kawengian/DBL Indonesia)

Last but not least, kesalahan fatal yang dilakukan oleh para pemain basket adalah terlalu fokus ke bola dibandingkan ke arah ring. Padahal, semakin kamu sering melihat ke arah ring, otak bisa langsung menghitung kalkulasi dari power dan gerakan apa yang harus dilakukan untuk bisa mendekat kesana. Tentu ini akan sangat membantumu dalam menyerang serta membuat opsi serangan lain ketika mengalami kebuntuan. Makanya, keep your eyes on ring ya!

“Great player is a good listener. Listen with ears and also with eyes,” - Giedrius Zibenas

 

 

 

Related Articles
Sport
Empat Hal ini Jadi Ritual Abraham Damar Sebelum Bermain Basket. Apa Aja Sih?

Sport
Vinicius Junior, Menyeberangi Lautan Demi Sekolah Sepakbola

Sport
Jersey Olahraga Semuanya Sama, Yakin Tuh?

Meet The Creator



Cinthya Paramita

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI