Sport

Super Bowl, Lebih dari Sekedar Final American Football!

Mainmain.id

Posted on February 4th 2019

Pertama kali diadakan pada 1967, tahun ini Super Bowl sudah memasuki tahun ke-53 nya. Super Bowl merupakan final liga football utama di Amerika Serikat yang bernama National Football League (NFL). American Football adalah sebuah olahraga yang berbeda dengan football yang selama ini kamu kenal. Di American Football, bolanya nggak ditendang ke sana ke mari tapi dilempar.

Olahraga ini adalah olahraga nomor 1 di Amerika. Ibaratnya kalau anak-anak Indonesia punya cita-cita ngebela tim nasional sepakbola kayak Bambang Pamungkas, kalau anak-anak Amerika cita-citanya main di Super Bowl. 

Namun seiring perjalanannya waktu Super Bowl tidak hanya menjelma menjadi ajang Final NFL, namun lebih ke pesta iklan dan konser eksklusif televisi. Kok bisa?

Super Bowl Halftime Show Yang Selalu Ditunggu

Super Bowl Halftime tadinya bukan lah sebuah pertunjukkan yang wow. Paling-paling hanya diisikan penampilan college marching bands. Hingga pada tahun 1993 Michael Jackson mengubah segalanya. Super Bowl Halftime jadi konser yang paling ditunggu-tunggu di televisi.

Beyonce, Coldplay, and Bruno Mars in one stage is one of the greatest Super Bowl Haltime ever! (via: billboard)

Desain panggung megah nan menakjubkan tersaji di tengah lapangan American Football yang ukurannya sebesar lapangan sepakbola. Deretan nama musisi top dunia sepanjang masa pernah mengisi Super Bowl Halftime. Dari mulai The Rolling Stones (2006), Maddona (2012), Coldplay (2016), hingga yang paling terakhir Maroon 5 dan Travis Scott.

Ajang Perusahaan Besar Pamer Iklan

Dengan rata-rata jumlah penonton menginjak angka 100 juta di Amerika, hampir 50% nya sengaja menonton Super Bowl demi melihat iklan-iklan Super Bowl. Hal ini menyebabkan Super Bowl jadi wadah bagi perusahaan besar untuk mempromosikan produk lewat iklan yang nggak tanggung-tanggung. 

Dengan harga pemasangan iklan 30 detik di Super Bowl di angka 5 juta dollar, jelas perusahaan nggak mau main-main dalam merancang konsep. Supaya iklannya terus terngiang-ngiang di hati para penonton. Terlebih lagi kita ada di era, di mana Youtube-Youtube-Youtube lebih dari tivi BOOM. Kapan lagi ya kan orang mau betah nontonin iklan televisi, kalau nggak karena Super Bowl.

Salah satu iklan Super Bowl tahun ini yang menarik adalah iklan pepsi featuring Cardi B. and Steve Carrel~ OKuuuuur

Olahraga Hanyalah Pemanis

Titel juara ke-enam yang berhasil diraih The Patriots dan Tom Brady sang quarterback (via: theatlantic)

New England Patriots mengalahkan Los Angeles Rams 13-3, tercatat sebagai Super Bowl dengan skor game kedua terkecil sepanjang sejarah. Dan sang juara The Patriots, adalah tim yang sudah diprediksi menjadi juara NFL, makanya nggak ada kejutan yang benar-benar berarti di Super Bowl LIII.

Related Articles
Sport
Bonding Dengan Rekan Setim Itu Penting!

Sport
Vinicius Junior, Menyeberangi Lautan Demi Sekolah Sepakbola

Sport
Karena Slam Dunk, di-Follow Lebih Dari Seribu Akun Dalam Sehari

Meet The Creator



Cinthya Paramita

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI