Pop-Sci

Nilai Sekolah Nggak Menentukan Masa Depan!

Nizar Fahmi

Posted on January 30th 2019

Di antara kamu yang lagi baca artikel ini, ada yang struggle banget nggak sih buat dapetin nilai sekolah yang sempurna? Mungkin kamunya pingin biasa aja gitu, cuman orang tua maunya harus di atas rata-rata. Hasilnya, terkadang kamu ngerasa capek banget.

Percaya nggak percaya, kamu harus bilang ke orang tua kamu kalau nilai sekolah sebenarnya nggak sepenuhnya menentukan bagaimana masa depan kita nantinya. Ada banyak faktor yang membuat seorang anak bisa meraih kesuksesan dalam hidupnya. Tapi bukan berarti nilai sekolah nggak penting-penting banget  ya cuy. Tepis pikiran yang kaya gitu! Soalnya nilai sekolah itu tetap penting untuk menentukan kelulusanmu lho, haha.

Jadi menurut seorang ahli bisnis Amerika, Thomas. J Stanley, faktor utama yang bisa mendorong kita sukses nanti adalah try to be honest with everyone and everything. Jujur sama diri sendiri, sama orang tua, sama teman, guru, bahkan pacar. Mengasah kejujuran dari sekarang itu penting gengs, karena perusahaan manapun nggak ada yang mau punya karyawan yang suka bohong, iya kan? Atau mana ada bisnis yang bakal maju kalau yang jalanin aja suka curang~

Selain menjadi jujur, kita bisa sukses di masa depan ketika tumbuh menjadi orang yang disiplin keras. Stanley menjelaskan, having well-disciplined attitude bakal membuat kita menjadi orang yang teratur. Time and task management kita bakal oke. Bukan malah tiap dapat tugas sekolah, eh ngerjainnya ditunda mulu, malah dikerjain pas hari H sebelum bel masuk bunyi lagi, parah!

"Tapi kan gue nunda ngerjain tugas karena banyak schedule sama temen, gumana dong?"

Boleh sih punya banyak agenda, tapi harus yang bermanfaat ya. Sering-sering bersosialisasi nggak ada salahnya. Sebab mudah bergaul pun bisa menuntut kita jadi orang yang sukses. Ramah sama sekitar, dan nggak milih-milih teman. Karena sifat yang kaya gini juga bisa membawa kita disukai sama orang, jadi bakal cepat dapat bantuan dari siapapun, kan enak~

Biasanya orang yang pandai bergaul adalah anak yang kerjaannya dispen mulu di jam pelajaran. Saking banyaknya organisasi yang diikuti, nilai sekolah dinomor duakan. Kamu mungkin berpikir kalau jadi siswa teladan, paling ujung-ujungnya kerjaannya jadi guru. Nggak kaya yang suka explore apapun di masa mudanya.

Emang sih menurut tulisan yang dilansir dari liputan6.com, siswa yang punya nilai rendah rata-rata bisa sukses karena mereka sering kali mendapatkan pengalaman di lapangan untuk dijadikan pelajaran dalam hidupnya. Tapi itu kalau diterapkan dengan benar gengs, kalau nggak? So please, dont think that a good student just will be a teacher or a normal employee ya. Semuanya balik ke gimana caranya kamu bisa mengembangkan dirimu sendiri.

Nah faktor lain yang dianggap penting oleh Stanley untuk dimiliki ialah dukungan pendamping dan kerja keras. Buat yang masih sendiri nih, cobain deh cari someone spesial buat nyemangatin kamu dalam sikon apapun, hehe. Kalau udah disemangatin, kerja keras pun bakal dihasilin~

Terus nilai sekolahnya gimana? Nilai sekolah biasanya oke karena seseorang punya IQ yang tinggi. Stanley pernah melakukan penelitian dengan hasil bahwa tingkat kepintaran seseorang cuma ada di posisi 21, jauh di bawah 5 faktor yang sudah disebutkan di atas. Adapun 5 faktor lainnya yang masuk dalam deretan 10 faktor penentu yang bisa membantu menunjang kesuksesan yaitu mencitai apa yang dikerjakan, good leadership skill, kepribadian yang kompetitif, good life management, dan ability to sell idea or product.

Gimana? Udah berani jelasin ke orang tua kamu belum kalau nilai sekolah nggak selamanya membuat kamu jadi orang sukses? Tapi ingat ya, bukan berarti setelah baca artikel kita ini, kamu malah malas-malasan. Kalau nggak berusaha dari sekarang, ya besok gedenya bakal gitu-gitu aja cuy! Be enjoy aja ya gengs! Sekolah itu dinikmati, bukan dijadikan beban~ kan lumayan tuh, tiap ke sekolah bisa ketemuan~

Related Articles
Pop-Sci
Percayalah, Bullying Itu Penyakit!

Pop-Sci
Liburan Usai kok Malah Lunglai?

Interest
Pekerjaan Sampingan yang Cocok buat Pelajar, Bikin Uang Jajan Nambah!

Meet The Creator



Fidya Citra

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI