Pop-Sci

Jangan Remehkan Deretan Nomor Acak Pada IMEI Smartphonemu!

Nizar Fahmi

Posted on January 30th 2019

Banyak orang mungkin sudah nggak asing lagi dengan istilah IMEI yang biasanya tertera di box atau bagian belakang smartphone pribadinya. Memiliki kepanjangan International Mobile Equipment Identity, IMEI biasanya terdiri dari 14 nomor (untuk seri smartphone lama) hingga 16 nomor (untuk seri smartphone baru). Tapi kamu tahu nggak sebenarnya apa sih fungsi dari barisan nomor acak itu?

Sebenarnya, IMEI merupakan nomor identitas dari setiap produk smartphone yang diproduksi oleh masing-masing perusahaannya. Bahkan IMEI nggak cuma ada di smartphone saja gengs, melainkan juga disematkan pada barang elektronik lainnya seperti kamera DSLR, Mirrorless, hingga MP3 Player. Setiap nomor IMEI dikeluarkan dengan angka yang berbeda-beda. Kita hanya akan menemukan 10.000 per sekali produksi untuk beberapa deret nomor IMEI yang sama. Jadi kalau manusia punya KTP sebagai penunjuk identitas, maka barang elektronik punya IMEI sebagai identitasnya.

Emang segitu pentingnya ya itu nomor?

Bagian serunya di sini nih cuy. Ternyata nomor IMEI bisa kita gunakan untuk melacak smartphone kita ketika jatuh, hilang, bahkan dicuri! Caranya juga nggak susah-susah banget kok. Cukup datang ke gerai resmi yang sesuai dengan tipe smartphone kita, lalu berikan nomor IMEI dari perangkat yang hilang. Nah nanti petugasnya secara otomatis bisa melacak dimana keberadaan smartphone tersebut terakhir kalinya.

Nggak cuma sampai di situ aja, selain melacak lokasi smartphone, nomor IMEI juga bisa mempengaruhi kinerja jaringan di ponsel yang hilang tadi. Koneksi dari SIM Card yang ada di dalamnya akan diputus. Lalu smartphone itu pun bisa dikunci untuk sementara hingga diaktifkan dengan cara factory reset.

Nah makanya coba deh dari sekarang perhatikan nomor IMEI di perangkat kamu ya. Coba cek juga apakah nomor IMEI yang tertera di bagian belakang smartphonemu sekarang sama persis dengan yang ada di box bawaannya. Kalau sama, selamat, perangkatmu resmi diproduksi secara legal dan sudah di daftarkan di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Yang jadi masalah, kalau beda nih gengs. Itu artinya ada ‘penyelundupan’ saat proses perdagangannya~ It sounds simple, but its kinda serious things. Kalau ketahuan sama aparat, awas kamu dianggap membelinya dari pasar gelap, hehe.

Itulah mengapa nomor IMEI sangat penting keberadaannya. Bahkan, sejak pemerintah menetapkan aturan meregistrasi nomor SIM Card di awal tahun lalu, aturan mengenai registrasi nomor IMEI juga akan diberlakukan. Hal ini agar Kementerian Peridustrian dapat mengetahui apakah benar perangkat yang kita gunakan sudah terdaftar secara legal dari awal masuk ke Indonesia.

Kalau misalnya box ataupun nomor IMEI di bagian belakang smartphone kamu sudah hilang nih, tenang aja, masih tetap bisa di cek cuy. Coba lakukan panggilan melalui dial dengan menekan *#06#. Nomor IMEI akan keluar dalam dialog box dengan format yang sama pada umumnya, yaitu AA-BBBBBB-CCCCCC-DD. Dimana A dan B disebut dengan istilah Type Allocation Code (TAC). TAC menunjukkan negara pembuatan serta model dari ponsel tersebut. Sedangkan sisanya ialah nomor seri dari perangkat itu sendiri.

Sayangnya, jika smartphone sudah hilang dan ditemukan oleh ‘orang-jahat’, perkara IMEI nggak bakal langsung menyelesaikan semua masalah gengs. Mereka masih bisa menggantikan IMEI asli perangkat kita dengan nomor IMEI lainnya yang masih aktif. That’s why, just please keep safe your IMEI number ya. Jangan sampai kamu bocorkan ke orang lain. Karena bisa saja mereka mengganti nomor IMEI lama kita dengan IMEI aktif yang baru.

Related Articles
Pop-Sci
Stretching Ternyata Nggak Bikin Kamu Bebas dari Cedera!

Pop-Sci
Program Bug Bounty Untuk Perkuat Sistem

Pop-Sci
Wow, China Siapkan Bulan Buatan!

Meet The Creator



Cinthya Paramita

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI