Opinion

Tips Beli Baju Lebaran Anti Rugi Bandar

Ilham Kape

Posted on June 8th 2018

“Baju baru alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya”, potongan lagu yang satu ini nggak pernah absen berkumandang di momen dekat lebaran. Nah, sebelum lo beli yang baru-baru biar tampil makin kece di hari raya, lo baca dulu beberapa tips berikut supaya kegiatan belanja-belenji nggak bikin rugi bandar.  

Pergi ke Tempat Yang Sesuai

Pastikan lo belanja di tempat yang lo banget! Selain dari segi style, lo juga harus pastikan kalo lo pergi ke tempat yang sesuai dengan budget. Jangan sampai berlebihan dan kelar lebaran malah bikin dompet ikutan puasa.

Beli Apa yang Lo Butuhkan

Kalo dapet THR pasti tangan rasanya gatel banget buat ngabisin, Eits! Lo harus hati-hati, jangan sampai beli barang-barang yang sebenernya nggak  dibutuhin. Kalo butuh baju, ya, pergi ke toko baju. Kalo butuh celana, ya, pergi ke toko celana. Kalo butuh pasangan, jangan pergi ke dukun, usaha dong #ehem! Btw, misalnya celana lo baru dibeli bulan kemarin dan masih bagus, untuk apa beli celana lagi, iya kan?

Cari Pakaian yang Berbeda

Berbeda itu bagus kata guru gue di sekolah. Menurut gue, berbeda dalam membeli baju lebaran pun juga boleh. Kemungkinan yang akan terjadi ketika lo menggunakan pakaian yang berbeda, orang yang melihat baju lo pasti akan melihat lo unik, nggak ngebosen gitu jadinya. Misalkan yang lainnya pakai baju koko King T’challa, lo pakai baju koko Krunch sekalian sama ladang gandumnya. Biar apa? Ya biar beda dengan yang lain. Berani beda itu bagus. Tapi, bedanya jangan kelewatan banget ya. Jangan sampai pas lebaran lo malah pakai baju ondel-ondel, sambil bawa sound system yang muterin lagu a a a a aisyah jatuh cinta pa pa pa pada jamilah. Fix, itu gila namanya hahaha.

Jangan Tergiur Dengan Diskon

Siapa sih yang nggak tergiur sama diskon sampai 90%? Mau cewek ataupun cowok semuanya sama. Nah kalo lo mau beli barang karena diskon, pastikan lihat dulu barangnya apakah bagus atau tidak. Dan biasanya barang bagus yang didiskon itu harganya dinaikkan terlebih dahulu. Kalau barangnya kurang bagus, ya, emang dia sengaja didiskon. Ingatlah bahwa diskon 50% dengan 20% + 30% itu berbeda. Nggak usah ngitung sendiri, mendingan tanya aja sama penjualnnya langsung biar dikasih harga pas.

Jangan Belanja di Sore Hari dan Sesudahnya

Kenapa? Soalnya yang pergi di jam segitu, pasti memanfaatkan jam menjelang buka dan jelas bikin toko penuh nggak karuan. Datangnya pas toko baru buka aja. Itung-itung sambil bantuin Mbak dan Mas-nya beres-beres, gitu. Lagian kan, kalau setelah berbuka biasanya kekenyangan lalu ngantuk. Takutnya nanti kalian lagi memilih-milih baju, eh, ketiduran.

Related Articles
Current Issues
Jejak Eropa Dalam Setoples Kue Hari Raya

Current Issues
Selalu Hadir Saat Lebaran, Ini Asal Usul Nastar, Kastengel, Hingga Putri Salju

Opinion
Jangan Lupa Bawa Barang Ini Biar Mudik Lebih Afdhol!