Sport

Jr NBA Coaches Academy Berikan Pelatihan Pada Guru Olahraga di Jakarta

Mainmain.id

Posted on January 24th 2019

Sekitar 1.000 guru dan pelatih dari berbagai sekolah di penjuru Jakarta memenuhi seisi GOR Ciracas, Jakarta Timur pagi tadi. Para guru dan pelatih berkesempatan mengikuti basketball clinic oleh Junior NBA (Jr NBA) Coaches Academy yang diadakan selama 3 hari. Hari ini (24/1) merupakan rangkaian terakhir dari Junior NBA. Sebelumnya acara basketball clinic Jr. NBA Coaches Academy ini sudah dibuka pada Selasa (22/1) lalu oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Direktur Pemasaran NBA Asia Jim Wong, dan Wakil Direktur Operasional Basket NBA Asia Carlos Barroca.

Jr. NBA Coaches Academy sendiri merupakan acara yang diselenggarakan oleh NBA untuk memberikan pelatihan kepada guru olahraga ataupun pelatih tentang permainan basket secara keseluruhan. Jim Wong selaku Wakil Direktur Pemasaran NBA Asia mengungkapkan NBA perlu bantuan dari pelatih dan guru yang ada di sekolah. Wong berharap agar pelatih maupun guru di Indonesia dapat membuat anak didiknya lebih aktif berolahraga.

“Tak sedikit anak-anak yang sakit karena gaya hidup yang tidak sehat. Kami ingin membantu mereka, tapi itu semua tidak bisa tercapai tanpa bantuan guru atau pelatih di sekolah dan dukungan pemerintah," ujarnya. Pada hari terakhir, para guru dan pelatih sangat aktif mengikuti kegiatan tersebut. Para coach di Jr NBA Coaches Academy memberikan pelatihan dasar tentang basket kepada para guru.

Setidaknya ada empat materi yang diberikan para pelatih kepada para guru. Pertama foot work, ball handling, shooting, dan passion and love. Keempat materi tersebut merujuk kepada filosofi dari NBA itu sendiri yaitu STAR. Sportmanship, Teamwork, Positive Attitudeand Respect. Carlos Barroca yang juga langsung hadir melihat sesi pelatihan berharap sangat banyak untuk basket Indonesia.

“Saya berharap kurikulum NBA yang kami ajarkan bisa diterapkan di sekolah. Kami juga ingin menolong basket di Indonesia. Agar para pemain basket bisa lebih sukses kedepannya,” ujar Barroca.

Pelatihan yang diterapkan Jr NBA sangat erat dengan pendidikan di DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sangat senang Jr NBA bisa mendatangi Jakarta. Dirinya juga sangat menaruh harapan kepada para guru dan pelatih yang turut partisipasi dalam kegiatan Jr NBA Coaches Academy itu.

"Saya menyambut kegiatan Jr. NBA Coaches Academy dengan sangat baik. Hadirnya seorang pendidik bagi siswa memiliki 4 tahapan; mengajar, mendidik, menginspirasi, dan menggerakkan. Saya harap guru-guru yang hadir di Akademi Pelatih Jr. NBA sampai di tahap yang mampu menggerakkan murid-muridnya agar menjadi lebih baik,” ujar Anies Baswedan.

Bukan hanya mendapat materi dasar tentang basket, para pelatih dan guru yang mengikuti rangkaian Jr NBA Coaches Academy juga mendapatkan sertifikat sebagai tanda keikutsertaannya mengikuti Jr NBA Coaches Academy 2019 ini, wuihh keren kan! (*)

Related Articles
Sport
NBA Undang Delapan Pemain DBL Berbagi Inspirasi

Sport
Make-A-Wish Foundation dan NBA 2K20 Bikin William Floyd 'Bisa Main Basket'

Sport
Rekor-rekor Hebat yang Diukir Kobe Bryant