Entertainment

Apasih Indie Itu?

Entertainment

DBL Indonesia

Posted on January 24th 2019

(Source: istockphoto)

Buat kalian yang ngakunya penikmat musik indie, udah tau belum gimana sih musik indie yang sebenarnya?

Makna indie sendiri diambil dari kata independent yang berarti berdiri sendiri, merdeka, berjiwa bebas. Musik indie ini lahir ketika era tahun 1970-an ditandai dengan meledaknya album “Nevermind the Bollocks” oleh band Sex Pistols. Seperti yang kalian ketahui, Sex Pistols ini merupakan band yang berasal dari Inggris yang bergenre punk-rock.

Dengan rilisnya album tersebut, para musisi underground asal Inggris menganggap Sex Pistols sudah membuat citra punk rusak karena lagunya yang terlalu pop. Karena itu, para musisi underground mulai mengolah referensi dari genre musik yang lunak seperti folk, soul, pop.

Sex Pistols ternyata punya maksud dibalik album tersebut, mereka ingin mengubah pola dominan dari genre punk. Secara nggak langsung, mereka menunjukkan sebuah bentuk pemberontakan dengan musik punk yang identik dengan sikap brutal, macho, cadas, dan gahar.

Lalu bagaimana musik indie di Indonesia?

Musik indie di Indonesia sendiri ditandai oleh meroketnya band asal Bandung, Pure Saturday, pada tahun 1994 yang benar-benar menerapkan konsep independen. Mereka sukses memproduksi 5.000 keping yang pemasarannya melalui mail order majalah remaja.

Kian tahun kian menjamur band-band indie di Indonesia, mulai dari The Adams, The S.I.G.I.T, Mocca, dan banyak lainnya. Tapi ada satu permasalahan dengan band indie, yaitu mereka terlalu mengejar popularitas dan mengikuti pasar.

Indie dipilih bertujuan untuk melawan major label dan tak peduli dengan pasar. Mereka lebih mementingkan untuk berkarya dan tak peduli dengan permintaan pasar maupun label. Satu hal lagi, popularitas juga menjadi salah satu musuh bagi sebuah band indie.

Band Efek Rumah Kaca menjadi salah satu pelopor untuk tidak mengikuti pasar industri musik

Bahkan band asal Jakarta, Efek Rumah Kaca, dalam sebuah zine (majalah komunitas) tak mau menyebut dirinya bukan band beraliran indie. Mereka masih membutuhkan bantuan orang lain untuk menggarap sebuah lagu atau album dan terjun pada industri musik.

Sementara, banyak band yang mengakui dirinya beraliran indie. Anehnya, mereka masih saja ikut sebuah major label atau bahkan mengejar ketenaran. Masih saja membuat lagu yang bertemakan percintaan yang sedang laris dipasaran.

Jadi musik indie ini nggak sesederhana cinta, kopi dan senja aja loh gengs. Karena tujuan utama hadirnya musik indie ini untuk alternatif musik mainstream dan mendrobrak dominasi dari major label.

“Atas nama pasar semuanya begitu klise” Efek Rumah Kaca - Cinta Melulu.

Related Articles
Entertainment
Dr. Tirta Terpukau Lihat Kolaborasi DBL x Ardiles

Entertainment
Berbagai Kejutan dan Perdebatan dalam Grammy Award Ke-61!

Entertainment
Adidas X BAPE, Lahirkan Koleksi Baru Untuk UltraBOOST

Meet The Creator



Cinthya Paramita

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI