Interest

Coba Beresin Bekas Makan Sendiri dengan #TumpukDiTengah Yuk!

Nizar Fahmi

Posted on January 21st 2019

Kalau beberapa waktu lalu kita sempat digencarkan dengan gerakan #PlasticWar, nah kali ini ada sebuah gerakan baru yang disebut #TumpukDiTengah. Gerakan tersebut sebenarnya digagas untuk menunjukkan rasa kepedulian kita terhadap pramusaji yang sering kewalahan membersihkan 'sisa-makanan' di atas meja restoran.

Gerakan #TumpukDiTengah sudah mulai terdengar sejak akhir tahun lalu. Nggak ada alasan spesial sih kenapa gerakan ini harus diikuti atau ditinggalkan gengs. Cuma, kalau kamu memang merasa sebagai orang yang teratur dan punya rasa toleransi yang tinggi, coba untuk mulai menerapkannya yuk! Itung-itung latihan untuk meningkatkan self management lah~

Memulai gerakan ini nggak menguras tenaga yang banyak kok. Setiap selesai makan atau nongkrong bareng orang-orang kesayangan kamu, tumpukin aja segala macam piring, gelas, sendok, garpu, di tengah meja yang kamu gunakan. Dengan begini, pramusaji akan jadi lebih cepat menyelesaikan pekerjaannya. Mereka nggak perlu lagi mengumpulkan semua benda di atas meja yang posisinya acak dari ujung kiri sampai ujung kanan.

Selain itu, #TumpukDiTengah juga nggak cuma mengharuskan kamu menumpuk perabotan makan yang sudah dipakai. Kamu juga boleh kok sedikit membantu para pelayan membersihkan 'sampah-makanan' yang berserakan dengan menggunakan tisu. Kalau mejanya udah bersih, momen ngobrol santainya kan jadi enak, iya nggak tuh cuy?

Sebenarnya, beberapa restoran pasti sudah menyiapkan space yang bisa digunakan untuk meletakkan sisa makanan kita di satu tempat. Cuma kesadaran diri kita aja nih yang belum ada, terutama masyarakat Indonesia. Padahal, di negara tetangga seperti Malaysia ataupun Singapore, para pelanggan yang berkunjung punya rasa toleransi yang tinggi untuk membersihkan sisa makanan mereka sendiri lho. "Itu sampahmu, ya kamu bersihkan sendiri dong", anggapannya seperti itu.

Memang sih gengs tugas membersihkan meja atau 'sisa-makanan' itu seharusnya dikerjakan oleh pramusaji saja, kita mah terima beres. Tapi masa iya buat ngeringanin beban orang aja kita nggak mau? Gerakan ini bisa kita gunakan untuk mulai memupuk rasa kepedulian kita terhadap orang lain. Karena kalau kamu mau dihargai, coba untuk menghargai terlebih dahulu ya!

Jadi mulai sekarang mau kan #TumpukDiTengah 'sisa-makanan' kamu? Gerakan kecil ini secara perlahan bisa mempengaruhi orang yang melihatnya lho, percaya deh!

Related Articles
Interest
Solusi Untuk Sistem Pendidikan Yang Harus Dicoba

Interest
Anton Krotov, Kelilingi 86 Negara Tanpa Banyak Dana

Interest
Resolusi Tahunan Yang Berakhir Jadi Guyonan

Meet The Creator



Cinthya Paramita

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI