Entertainment

Dota 2: True Sight, Sebuah Dokumenter Kompetisi E-sport Terpanas Dunia

Fidya Citra

Posted on January 17th 2019

"I'm ready to win. I'm ready to lose. I'm ready for everything," ujar sang pelatih OG, Sébastien "7ckngMad" Debs,  sebelum menghadapi PSG.LGD dalam grand finals The International 2018.

True Sight merupakan rangkaian film dokumenter yang diproduksi oleh game developer Valve Corporation. Di serinya yang ke-6, True Sight: The International mengisahkan perjuangan tim OG yang sempat tidak diunggulkan di The International 2018, sebuah kompetisi dunia Dota 2 yang telah diadakan sejak tahun 2011. 

Film ini membawa para penonton untuk merasakan jatuh bangun tim OG. OG adalah sebuah tim e-sport profesional Dota 2 dari Eropa yang namanya melambung setelah berhasil menjuarai The International 2018.

Nuansa panas nan tegang tergambar jelas dari satu game ke game lainnya, terutama ketika OG harus terpaksa bertekuk lutut di game kedua dan ketiga. Di titik terbawahnya OG harus menerima teriakan para penonton di Rogers Arena, Kanada untuk pulang, "Go home OG!" teriak mereka dengan lantang.

OG vs PSG.LGD (via: cybersports)

Enggan menyerah begitu saja, Johan "N0tail" Sundstein dan team-matesnya membuktikan bahwa OG pantas menjadi juara mengalahkan PSG.LGD. PSG.LGD adalah tim e-sport profesional Dota 2 yang dibentuk pada tahun 2018 dari kerjasama klub sepakbola kenamaan Prancis, Paris Saint-Germain dengan Organisasi e-sport Tiongkok LGD. 

Sébastien "7ckngMad" Debs jadi sosok vital dalam OG (via: cybersports)

Film ini nggak hanya menampilkan panasnya persaingan kedua juara baru The International, namun juga bagaimana coach memiliki peran besar untuk memotivasi tim. Di setiap kali rekannya mulai terlihat ragu Sébastien "7ckngMad" Debs langsung meneriakan, “Win or loose we don’t care, we play” mengingatkan bahwa yang terpenting bagi mereka adalah untuk menikmati permainan.

Game ke-4 akhirnya menjadi tipping point OG hingga mereka mampu membalikkan keadaan dan melaju mulus di game ke-5. OG mencatatkan nama mereka sebagai pemenang baru The International dan mengantongi hadiah lebih dari $11 juta.

Film ini udah bisa kamu tonton langsung di Youtube, go check them below!

Related Articles
Entertainment
Baru Dirilis, Apex Legends Sudah Membius 25 Juta Orang!

Entertainment
Rich Wars, Board Game Baru Dari Netmarble

Pop-Sci
Asus ROG Mothership, Permata Bagi Para Gamer di CES 2019

Meet The Creator



Fidya Citra

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI