Entertainment

Copa70 Tandai Anniversary 70 Tahun Adidas

Mainmain.id

Posted on January 16th 2019

Copa70 edisi spesial Anniversary Adidas. Source: Soccerbibble

Salah satu perusahaan sepatu raksasa di dunia Adidas baru saja merayakan Anniversary ke 70 di awal tahun 2019 ini. Kisah perjalanan merk yang berbasis di Jerman itu ditandai dengan peluncuran limited sepatu Adidas Copa Mundial 70. Tak dapat dipungkiri Adidas Copa Mundial memang terasa spesial. Pasalnya, sepatu itu memang sangat kental akan cerita di setiap seri yang dikeluarkan.

Misalnya, seri pertamanya di tahun 1979 dirilis khusus untuk menyambut Piala Dunia 1982 di Negeri Matador Spanyol. Berbahan dasar khas kulit Kanguru dengan lidah sepatu yang terlipat keluar, serta rajutan jahitan khas Adidas di seri pertama ini membuat sentuhan gaya klasik 80-an sangat kental di seri pertama Copa Mundial. Desain itupun seakan menjadi role model utama dari Copa Mundial di edisi berikutnya.

Lalu, kisah penuh sejarah Adidas Copa Mundial terus berlanjut. Tiga puluh tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 2007. Sepatu yang juga pernah digunakan sebagai starter pack oleh pemain sepak bola tersohor era 90-an seperti, David Bechkam, Zinedine Zidane, hingga Diego Maradona menambah aksen logo Adidas yang dilatar belakangi warna biru pada bagian lidah sepatu. Itu merupakan inovasi pertama Adidas setelah terus mempertahankan logo Adidas tak berlatar warna di bagian lidah sepatu.

Adidas Copa Mundial seri pertama (via: soccer.com)

Tujuh tahun setelahnya, Copa Mundial menjelma lebih semakin modern. Tak lagi menggunakan warna dasar hitam, seri ke 4 sepatu itu hadir lebih full colour. Hadir dengan nama Copa Mundial Samba Pack, sepatu itu memang didesain khusus untuk menyambut Piala Dunia edisi ke 20 di Brazil. Perubahan warna dasar ini memang bukan yang pertama di seri Adidas Copa Mundial. Sebab, setahun sebelumnya di seri ke 3, Adidas sudah mencoba meninggalkan warna dasar hitam. Hanya saja transformasi warna belum begitu mencolok seperti seri ke empatnya yang penuh warna.

Adidas Copa Mundial Samba Pack. Source: footyheadline

Adidas hanya memilih warna dasar putih sebagai warna utama dari seri Copa Mundial White Edition, yang di dua seri sebelumnya selalu menggunakan warna dasar hitam. Dan untuk mengawali tahun 2019, cerita seri Adidas Copa Mundial berlanjut kala Copa70 hadir untuk menandai eksistensi Adidas selama 7 dekade. Tetap mempertahankan rajutan jahitan dan warna dasar hitam, desain Copa70 memang terinspirasi dari seri pertamanya. Hanya saja, lidah sepatu tidak dibuat terlipat seperti beberapa seri sebelumnya. Meski terlihat old penyerang andalan Juventus, Paulo Dybala menggunakan Copa70 sebagai sepatu utamanya.

Adidas Copa70 Sneaker. Source: Prodirectsoccer

Kerap lekat dengan dunia sepak bola, Adidas Copa Mundial seri ke 9 ini juga hadir dalam versi sneaker. Desain dari sneaker nggak jauh berbeda dari Copa70 versi sepatu sepak bola. Dari mulai primeknit pada bagian atas sepatu hingga warna dasar hitam sangat mirip dengan versi sepatu bolanya, walaupun ada yang versi warna putih juga. Yang membedakan adalah bagian bawah sol dari sepatunya, yang mana menggunakan rubber untuk versi sneakernnya. Untuk harganya, sepatu bola limited Copa70 dibanderol sekitar €220 atau Rp3 juta dan untuk yang sneaker dijual dengan harga €130 atau sekitar Rp2 juta (€1=Rp16.000). (*)

Related Articles
Entertainment
Adidas X BAPE, Lahirkan Koleksi Baru Untuk UltraBOOST

Entertainment
Jakarta Sneaker Day 2019 Sesak Karena Sepatu Lokal

Entertainment
Ini Dia Daftar Sneaker Hasil Kolaborasi Musisi Dengan Brand Ternama!

Meet The Creator



DBL Indonesia

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI