Current Issues

Program Bug Bounty Untuk Perkuat Sistem

Pop-Sci

DBL Indonesia

Posted on January 15th 2019

Masih ingat kan sama kisah bug bounty asal Pasuruan yang berhasil menemukan bug pada sistem operasi Google? Nah tapi udah pada tau belum, apa itu bug bounty? Daripada penasaran yuk simak penjelasan singkat mengenai bug bounty ini.

Bug Bounty ini merupakan sebuah kegiatan untuk berburu bug pada sistem baik itu aplikasi ataupun server yang sudah diluncurkan. Bukan hal yang aneh ketika sebuah aplikasi ataupun server mempunyai bug. Tapi disisi lain bug ini akan menjadi celah keamanan apabila hacker mampu memasuki sistemnya.

Karena itu, sebelum dirilis secara resmi, aplikasi maupun server ini akan penetration test, yang bertujuan untuk menambal dan mencari celah kemanan yang ada. Developer bisa menggunakan beberapa jasa hacker atau para pentester untuk memeriksa dan mencari bug pada aplikasi ataupun server yang sudah dibuat.

Program tersebut menjadi solusi mengatasi bug pada sistem keamanan untuk menghindari tangan jahil para hacker yang nggak bertanggung jawab loh. Beberapa organisasi besar seperti Google, Facebook, Mozila, dan Microsoft menggunakan jasa bug bounty untuk memperkuat sistem kemanan mereka.

Pada tahun 2017, layanan transportasi berbasis online, Grab, menyiapkan hadiah total Rp. 133 juta untuk menemukan bug pada keamanan diplatform mereka.

Related Articles
Current Issues
5 Ilmuwan Perempuan Berbakat di Bidang Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika

Current Issues
Bye Windows 7! Microsoft Sarankan Pindah ke Windows 10

Current Issues
Ilmuwan Kembangkan Panel Surya Tanpa Matahari