Pop-Sci

Wajib Dicoba! Ini Alasan Kenapa Memasak Bareng Pacar Bikin Hubungan Makin Hangat

DBL Indonesia

Posted on January 18th 2019

foto: thetrentonline

Di era yang serba modern seperti sekarang butuh makanan nggak perlu ribet buat masak dan membeli bahan makanannya. Tinggal pesan via ojek online dan voila! Makanan sudah di depan mata. Atau bisa juga telpon pacar biar dibelikan dan diantarkan ke rumah hehe.

Tapi nih, meski sedikit ribet ternyata memasak makanan punya banyak banget manfaat loh. Apalagi buat kamu yang lagi pacaran dan bingung mau ngelakuin agenda apa waktu kencan.

Menurut survey yang dilakukan oleh Dr. John Gray, Relationship Conselor Amerika 70% pasangan menikah di Amerika suka sekali memasak bersama pasangannya karena dapat meningkatkan komunikasi keduanya.

Hal ini terjadi karena memasak berpasangan akan penuh dengan diskusi yang hangat. Mulai dari mencari menu, membeli bahan, mengiris bahan-bahan, memulai memasak hingga makan bersama.

Bayangkan, ketika kamu sedang mengaduk adonan masakan, secara iseng pacarmu mencoretkan adonan di mukamu. Atau bisa juga saking asiknya ngobrol, masakan kalian menjadi overcooked dan bahkan jadi gosong! Tentu ini akan menjadi cerita tersendiri yang bikin kalian tertawa dan bahkan tidak akan terlupa sampai kapanpun. Belum lagi kebingungan ketika tahu kalau ada barang yang kurang saat memasak. Tentu hal ini akan lebih berharga dibandingkan hanya membeli ke tempat makanan.

It’s a very intimate activity. And providing them with something that they potentially need, you’re really showing them that they have your support, your love, your backing, and that’s the kind of thing that really, really promotes well being, positive growth and closeness within relationships,” - Matthew Riccio, National Science Foundation Graduate Research.

foto: acouplecooks

Selain itu, memasak juga bisa menjadi alternatif kencan budget minimalis yang bisa membangun mood yang baik. Tamlin S. Conne Psikolog bersama University of Otago di New Zealand dalam penelitiannya menuturkan bahwa melakukan kegiatan kreatif seperti memasak akan membuat seseorang lebih rileks dan bahagia.

“There is growing recognition in psychology research that creativity is associated with emotional functioning,” - Tamlin S. Conne

Selain itu, akan ada kepuasan tersendiri yang muncul ketika masakanmu berhasil dan dinikmati orang banyak. Apalagi sampai nggak perlu membersihkan piring karena saking bersihnya. Inilah kenapa banyak koki yang tersenyum ketika makanan buatannya digemari bahkan dinanti-nanti oleh penggemarnya.

Tak ayal memasak juga sering digunakan sebagai salah satu cara untuk terapi depresi dan anxiety di negara maju seperti Amerika.

 

Lalu Bagaimana Untuk Memulai Memasak dengan Pasangan?

Nggak usah berpikir muluk-muluk dalam memasak bersama pasangan. Bukan pizza, bukan cookies rasa green tea atau bahkan bukan cheesecake yang harus pertama kali coba. Cobalah untuk memasak makanan yang simpel seperti mie instan dengan olahan atau topping tambahan. Bisa juga Nasi Goreng pedas dengan telur mata sapi hingga Ayam Geprek yang tak memerlukan banyak bahan dan tidak mahal. Apalagi, di Instagram juga banyak sekali referensi menu dengan bahan yang simpel dan bisa dimasak tanpa ribet.

Karena, makanan yang dimasak bersama seseorang yang kita cintai tentu akan terasa lebih nikmat meski hanya sebuah telur mata sapi yang dihidangkan bersama dengan mie instan selera sejuta umat.

 

 

 

 

 

Related Articles
Pop-Sci
Ini Alasan Kenapa Kopi selalu Identik dengan Anak Indie

Pop-Sci
Sering Main PUBG Sebelum Tidur? Tiga Bahaya Ini Bakal Mengincar Kesehatanmu!

Pop-Sci
Wow, China Siapkan Bulan Buatan!

Meet The Creator



Cinthya Paramita

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI