Interest

Andrea Bergart, Penembus Batas Perempuan di Dunia Basket dengan Karya Seninya

Mainmain.id

Posted on January 11th 2019

 

Andrea Bergart, Seniman Wanita yang merubah bola basket menjadi sebuah tas yang penuh makna (foto: virbcdn)

“I’m inspired by my life in New York. I enjoy how people express themselves through fashion, I take note of prints and colors I spot on the subway, metallic wrappers and trash on the street,” – Andrea Bergart

Mungkin beberapa orang akan berfikir bahwa membuat bola terutama bola basket menjadi sebuah tas adalah ide yang gila. And it really happened! Dia adalah Andrea Bergart, salah seorang seniman serta pemain basket yang membuat sebuah tas kece dengan bola basket sebagai materialnya.

Sejak kecil, Andrea Bergart yang tumbuh bersama ayah dan saudara laki-lakinya sering bermain basket. Bahkan di kelas 4 SD, ia sudah bermain dengan timnya untuk berkompetisi. Menurutnya, bermain basket adalah hal yang sangat seru. Apalagi, ia selalu memiliki teman yang tak mau kalah saat berkembang dalam basket.

Tak ayal, ketika dewasa, seniman yang kental dengan karya warna-warni ini kerap bermain basket dengan teman baiknya, Cecilia Salama yang juga merupakan seniman serta pembawa acara dalam channel Youtube milik mereka, Call Your Ball Friends.

Ia bahkan merasa makin “mendominasi” lapangan ketika ia dan @downtowngirlsbball, tim basketnya mengambil alih lapangan basket di New York. Bahkan ia tak pernah melihat wanita membawa bola dan men-dribble di jalan umum.

Padahal umumnya, di New York, hanya laki-laki yang melakukan hal tersebut.

Dari sinilah ia terinspirasi untuk membuat sebuah style dengan bola dan tentunya dengan sentuhan street style untuk menghilangkan stigma bahwa laki-laki adalah yang dominan. Terlebih, seluruh anggota tim basketnya adalah seorang seniman.

“I wanted to create a beautifully designed bag but also fuse that with power and fierceness,“
Tak hanya dengan rantai sebagai tali tas, ia juga menambahkan ornamen tambahan seperti sepatu Air Jordan untuk membuat tasnya makin artsy (foto: cnkdaily)

Ia dan timnya pun mulai menyobek bola basket. Yap, bukan membuat bola baru namun menyobek bola yang masih bisa dipakai! Lalu mereka menambahkan tali berupa rantai, resleting, hingga sepatu Air Jordan tak luput menjadi ornamen tambahan. Dan voila! Tas bola basket yang mereka beri nama “REIMAGINED” sudah bisa digunakan menemani harimu.

Tak hanya menuangkan imajinasi di dalam sebuah bola basket, Andrea Bergart juga kerap memoles kendaraan umum yang lalu Lalang di New York. Truk pengaduk semen hingga kapal tak luput dari sasaran tangan kreatifnya. And that’s an awesome arts!

“I like the idea of hybrids-  I love how the cement trucks are delivering cement in New York every day and how the sailboat is a common and functional vehicle,“ ujar Andrea Bergart. 

Bermimpilah yang Besar dan Raihlah!

Mungkin banyak dari kalian yang sudah bermimpi namun pesimis karena tidak yakin bisa diraih atau bahkan tidak ada yang mau mendukung langkahmu. Jangan khawatir. Pasalnya Andrea Bergart mampu membuktikan bahwa mimpi yang gila juga bisa tercapai jika kamu mau berusaha meraihnya.

“Dream big! Don’t worry if your idea seems a little crazy- go with your gut and make what you want to see and what is missing in this world!”

 

 

Related Articles
Interest
Siapa Tandingan Asus Zenfone Max Pro M1?

Interest
Mendadak Bingung Saat Instagram Down

Interest
Ini Dampak yang Kamu dapat Kalau Sering Kurang Tidur!

Meet The Creator



Hakiki Hijriawan

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI