Interest

Wajib Dicoba, Lima Kegiatan Simpel Ini Bakal Bikin Kamu Makin Pinter!

Afrieza Zaqi

Posted on January 10th 2019

Ujian Nasional SMA dan SMP sudah makin dekat. Tapi nih, masih banyak pelajar yang masih belum siap karena merasa kemampuan otaknya masih kurang dalam mengingat sesuatu. Well, dari pada kalian sibuk bikin contekan, yuk cobain lima brain workout yang bikin kamu makin pinter!

Sikat Gigi dengan Tangan Nondominan

Kamu bisa lebih pintar hanya dengan sikat gigi (foto: sacramentodentistry)

Jika kamu terbiasa membersihkan gigimu dengan menggunakan tangan kanan, ada baiknya kalau nanti malam atau saat mandi kalian coba untuk sikat gigi dengan tangan kiri. Well, ini bukan nggak beralasan loh. Penelitian yang dilakukan John Jackson, dari Grammar School Belfast  menjelaskan bahwa dengan memaksa otak menggunakan bagian nondominan akan membuat otakmu berolahraga karena meningkatkan kerja otak.

Belajar Sambil Mencium Aroma

Hirup aroma kopimu selagi belajar untuk tingkatkan ingatan materi yang kamu pelajari (foto: thestatesman)

Pernah nggak sih kalian merasa ketika belajar sambil ngopi bisa lebih ingat daripada membaca biasa? Aroma yang kamu cium bersamaan dengan data yang masuk ke otakmu saling menguatkan dan lebih mudah diingat. Itulah kenapa terkadang ketika kamu mencium parfum yang mirip dengan gebetanmu, kamu akan langsung teringat si doi. 

Mandi Buta

Cobalah mandi dengan mata tertutup agar otakmu berolahraga sejenak (foto: servingjoy)

Selain sikat gigi dengan tangan nondominan, kamu juga bisa mencoba untuk mandi dengan mata tertutup alias mandi buta. Dengan melakukan kegiatan tersebut, tangan kamu akan mengeksplor hal baru tanpa dilihat dan membuat jalur syaraf baru. Tapi tetep hati-hati ya biar nggak kepleset!

Membaca Keras Materi Pelajaran

Saat membaca dengan keras, ada tiga bagian otak yaitu mendengar, membaca dan berbicara yang bekerja bersamaan (foto: realsimple)

Masih ingat jaman SD ketika disuruh membaca dengan keras di depan kelas? Ternyata itu adalah hal yang sangat bagus loh buat otakmu. Pasalnya, saat membaca keras, ada tiga bagian otak yang berkerja bersamaan. Yaitu mendengar, membaca dan berbicara. Alhasil, kamu bakal makin ingat materi yang kamu baca.

Mengambil Rute yang Berbeda ke Sekolah

Cobalah untuk melalui jalan yang beda menuju sekolahmu agar otak bisa panas sebelum belajar (foto: nationwide )

Terbiasa melalui jalur yang sama ke sekolah setiap waktu? Sepertinya kamu harus menghindari hal ini deh. Pasalnya, dengan sering melewati jalan yang sama ke satu tujuan, otakmu akan menjadi autopilot dan tidak bekerja. Tapi, kalau kamu mencoba melalui rute berbeda maka cortex dan hippocampus-mu akan aktif dan membuat otak berolahraga. Alhasil, saat disekolah kamu nggak akan cepat buntu!

Related Articles
Interest
Perjalanan @tempatbercakap Hingga Menjadi Bahan Percakapan

Interest
Haluu, How Are You? Tempat Berburu Foto Paling Hits!

Interest
Resolusi Tahunan Yang Berakhir Jadi Guyonan

Meet The Creator



Cinthya Paramita

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI