DBL All-Star

Komposisi Tim Lebih Menguntungkan, Pelatih Fokus Benahi Kepercayaan Diri Pemain

Honda DBL Indonesia All-Star 2018 (Girls)

Mainmain.id

Posted on January 5th 2019

 

SURABAYA - Skuat putri Honda DBL Indonesia All-Star 2018 belum bisa menunjukkan performa yang maksimal dalam training camp perdana mereka di DBL Academy Pakuwon, Surabaya, Sabtu (5/1).

Head coach IGN Teguh Putra Negara (SMAK Soverdi Tuban, Bali) bersama assistant coach Yunita Sugianto (SMA Frateran Surabaya) merasa bahwa tim asuhannya masih kurang percaya diri. Alhasil, selama drill berlangsung, eksekusi yang dilakukan skuatnya banyak yang tidak sempurna.

Melihat hal itu, keduanya pun mengubah menu latihan. Teguh dan Yunita lantas memberikan drill yang lebih ringan untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri masing-masing pemain.

“Masih banyak yang ragu saat eksekusi. Itu perhatian utama kami. Sebelum mereka melahap latihan yang lain, kami perlu coba bangkitkan kepercayaan diri mereka,” jelas Teguh.

Meski ini adalah training camp pertama, namun seluruh skuat tampak enjoy dengan semua materi latihan yang diberikan. Yang menarik, ini merupakan tim putri Honda DBL Indonesia All-Star pertama yang profil pemainnya bervariasi. Tiga di antaranya merupakan siswa kelas X.

Yunita mengakui bahwa meski beberapa anggota timnya masih duduk di bangku kelas X, namun skill mereka tidak kalah dengan para seniornya. “Semua pemain kelas X nggak ada kesulitan mengikuti latihan ini. Mereka bisa mengikuti dengan sangat baik. Mereka bisa jadi kekuatan di tim putri,” kata pelatih yang juga mantan pemain basket profesional tersebut.

Selain itu, di dalam tim Srikandi ini juga terdapat 6 anggota yang tahun lalu sudah memegang predikat All-Star. Artinya, 50 persen anggota di tim putri sudah memiliki pengalaman dalam berlatih dan bertanding di Amerika Serikat. Kans untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya pun lebih besar.

Meski demikan, Teguh maupun Yunita tidak ingin jumawa. Alih-alih memberikan porsi yang lebih besar kepada para “alumni”, keduanya justru melibatkan mereka untuk membantu pemain lain yang masih belum fit-in.

“Mereka menjadi role model yang baik. Dalam latihan ini mereka banyak membantu pemain lainnya yang mungkin masih belum paham dengan pola latihan,” tukas Yunita mantap.

Training camp ini dilaksanakan hingga Senin (7/1) mendatang. Selanjutnya, tim Honda DBL Indonesia All-Star 2018 akan bertolak ke kota Los Angeles, California, Amerika Serikat pada 20 Februari 2019. Di sana mereka akan berlatih di Mamba Sports Academy, sebuah training facility milik legenda basket NBA Kobe Bryant. Mereka juga akan menjalani serangkaian scrimmage game melawan tim basket sekolah pilihan di kota para malaikat tersebut. (*)

Related Articles
DBL All-Star
Cari Pengalaman Sambil Cari Peluang Kuliah di Amerika

DBL All-Star
Tim Honda DBL Indonesia All-Star Dipersiapkan untuk Ukir Sejarah

DBL All-Star
Center Honda DBL Indonesia All-Star Anthoni Aipassa Dipuji Pelatih

Meet The Creator



Mainmain.id

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI