Entertainment

Banyak Dapat Dislike, Ada Apa dengan Youtube Rewind 2018

Nizar Fahmi

Posted on December 11th 2018

Penghujung tahun sudah ada di depan mata, itu artinya segala hal yang berkaitan dengan ‘kenangan’ bakal siap menerpa. Salah satunya ialah video-video yang hype di YouTube dari berbagai channel di tahun 2018 ini. Seperti biasa, tiap akhir tahun Youtube selalu merilis rangkuman video nya dalam Youtube Rewind. Tradisi yang sudah dilakukan sejak 2010 tersebut memang selalu menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu banyak orang.

Tapi, sepertinya tahun ini Youtube cukup membuat netizen kecewa. Sebab, Youtube Rewind 2018 dianggap banyak menghilangkan momen-momen besar dalam rangkuman rewind kali ini, yang berjudul Everyone Controls Rewind. Bagi netizen, Youtube terlalu banyak menampilkan momen ‘asing’ dari channel yang tidak terkenal (padahal ada 50 kanal yang sudah diajak bekerjama oleh Youtube lho). Hal ini membuat Youtube Rewind 2018 mendapat 6,7 juta dislike, sedangkan like nya cuma diangka 1,9 juta, hmmm.

Di antara momen besar yang dihilangkan oleh Youtube, yang paling menjadi sorotan adalah tidak adanya satu pun video dari PewDiePie (yang dikenal sebagai King of Youtube), termasuk perseteruan antara dirinya dengan T-Series. Selain itu, pertandingan tinju Logan Paul vs Briton KSI juga nggak ada cuy! Why Youtube why!!??

Nggak kalah heboh, dari fans K-Pop garis keras pun mengungkapkan kekecewaan mereka lho. Pasalnya, MV Idol BTS masuk dalam Rewind 2018. Mereka menganggap Youtube sangat tidak sopan karena tetap memasukkan video itu ke dalam rangkuman rewind setelah Youtube (dituduh) menghapus jumlah penayangan MV milik BTS tersebut.

Hadirnya Will Smith di awal video juga sangat disayangkan oleh netizen. “Cause he isn’t a youtuber, but a celebrity,” menjadi pokok permasalahannya. Lalu munculnya Ninja yang seorang streamer dan top player di Fortnite, hingga kembalinya Liza Koshy untuk rewind tahun ini (setelah tahun lalu muncul di Rewind 2017) mendatangkan pertanyaan. Memang sih Liza pantas ditampilkan lagi untuk Rewind 2018 karena doi sudah mendapatkan julukan Queen of Youtube. Tapi Liza kan sempat absen hampir setengah tahun dari channel nya, iya nggak gengs!?

Sorotan lainnya dari segi musik. Jika beberapa edisi rewind sebelumnya nggak terlalu fokus pada satu musik saja untuk dijadikan backsound, lainnya cerita dengan Youtube Rewind 2018. Idol milik BTS terdengar banyak ambil andil sebagai dasar dari remix yang digunakan. Sedangkan rewind lainnya, every kind of the hype music got their each part dengan porsi yang sama. Apakah ini tanda ‘minta-maaf’ dari Youtube kepada BTS? Hehe.

Tapi di balik berbagai kekurangan di atas, Video Baby Shark, Kiki Challenge, Painbal Challenge, dan beberapa video mainstream lainnya nggak luput kok gengs. Bahkan Fortnite pun ada di dalam Youtube Rewind 2018 ini. Sayang, bagi penggemar PUBG dan Mobile Legend, you should be patient. Duo game terbaik smartphone itu tidak dipilih Youtube untuk masuk dalam rangkuman tahun ini.

Oh ya, dalam tayangan berdurasi kurang lebih 8 menit itu, ada scene yang memperlihatkan para youtuber memutuskan konten rewind sebaiknya diambil dari komentar netizen sepanjang tahun ini. Komentar itu berisikan harapan netizen terkait momen apa yang sebaiknya dimasukkan dalam Youtube Rewind 2018. Bisa jadi, Youtube memang sengaja tidak memasukkan momen besar yang semestinya, melainkan memilih momen yang disarankan oleh netizen dari kolom komentar di video-video yang di upload di tahun 2018.

Dilihat dari judulnya pun yang bertajuk Everyone Controls Rewind, hal ini ada benarnya lho. Maksudnya, semua pengunjung Youtube berhak menentukan konten rewind yang mereka inginkan di tahun 2018. Kalau memang maksud dari judulnya seperti itu, berarti kita nggak bisa menyalahkan Youtube terkait pemilihan momennya cuy. Kan momennya dipilih dari saran netizen tuh, hehe.

Yang jelas, tahun 2018 menjadi tahun pertama Youtuber Indonesia masuk dalam tayang rewind gengs! SkinnyIndonesian24 dan Gen Halilintar dipilih untuk mewakilkan negara kita. Hebatnya lagi, Bahasa Indonesia juga terdengar sangat jelas diucapkan oleh Gen Halilintar. “Kita adalah keluarga, kita adalah tim,” ucap ayah dan ibu Gen sebagai orang yang membuat kanal tersebut. So proud!!

Bagi kamu sendiri, Youtube Rewind 2018 oke nggak sih?

 

Artikel Terkait
Entertainment
PewDiePie Menyesal Telah Bahas Coronavirus Sebagai Guyonan

Entertainment
Lil Nas X Ucapkan Terima Kasih Atas Pencapaian 1 Juta Dislikes MV ‘Montero’

Interest
Pukulan Buat Twitch! YouTube Buat Kontrak Eksklusif dengan PewDiePie