DBL Camp

Ferdinand Gonzaga Jakarta, Camper BEST 24 yang Nyentrik dan Jago Matematika

Honda DBL Camp 2018

Mainmain.id

Posted on November 30th 2018

 

“Nomor 109, Ferdinand Nursalim,” seru DBL Academy Head Coach Dimaz Muharri saat mengumumkan TOP 24 campers putra. Ferdinand Nursalim, camper asal SMA Kolese Gonzaga Jakarta maju ke sisi samping lapangan, tempat para BEST 24 campers berdiri.

“Wah, nggak nyangka banget. Aku datang ke sini cuma mau kasih yang terbaik. Ternyata lolos lagi ke BEST 24,” ujar Ferdinand.

Siswa kelas XI ini bisa disebut sebagai nama baru yang mencuat setelah mengikuti Honda DBL DKI Jakarta Series 2018 – South Region. Ferdinand seperti kunci kemenangan timnya. Misalnya, saat SMA Kolese Gonzaga melawan SMA Al-Izhar Pondok Labu di babak semifinal (19/10), 25 poin dari total 47 poin milik Gonzaga (sebutan SMA Kolese Gonzaga, red) disumbang oleh Ferdinand. Meskipun Gonzaga kalah, permainan forward yang satu ini mencuri perhatian.

Student athlete berambut sebahu itu rupanya mulai bermain basket sejak kelas empat SD. Di bangku SMP hingga SMA, Ferdinand akhirnya makin tertarik dengan basket, dan masuk ke dalam sebuah klub. Makin serius, dia selalu mengevaluasi permainannya.

“Dicari kurangnya di mana. Aku ngasah skill dribble, nge-shoot, dan ngebagusin lay up. Jadi kepengin bisa dikuasai semuanya,” katanya mantap.

Di Honda DBL Camp 2018, Ferdinand mengaku belajar banyak soal penguasaan teknik dan pengaturan tempo. Sesi Physical Development juga dianggapnya sebagai sesi terberat. "Di situ kita digembleng banget kekuatan fisiknya. Lari keliling lapangan dan lainnya, padahal udah capek juga dari station sebelumnya. Tapi aku coba bertahan dan kasih yang maksimal," katanya.

 

 

Tampil Nyentrik, Tapi Punya Prestasi

Penampilan nyentrik siswa SMA dengan rambut gondrong memang nggak biasa. Di akun medsos Instagram @dbl_jakarta, postingan foto Ferdinand kerap menuai komentar. “Ini anak SMA?”, “Emangnya boleh ya rambut panjang?”, “Nggak kena razia?”. Yap, penampilan Ferdinand bikin netizen kepo!

Tapi, jangan kira penampilan kayak gini adalah style anak nggak berprestasi. Di sekolahnya, SMA Kolese Gonzaga, punya peraturan unik. Siswa putra dengan nilai rata-rata di atas 85 diperbolehkan memanjangkan rambutnya. Jadi, apa kamu bisa tebak nilai rapor Ferdinand?

“Di rapor semester terakhir, nilai matematika aku 93. Aku emang lebih suka pelajaran hitungan dibanding hafalan. Haha,” jelas pemilik tinggi badan 182 centimeter itu.

Selain matematika, siswa jurusan IPA ini juga suka pelajaran Fisika. Daftar pelajaran yang paling kita takuti, justru dia suka. Wih! “Kalau kayak biologi, materinya banyak banget dan kalau ujian kita sulit nebak mana yang bakal muncul di soal. Kalau soal dengan rumus, lebih pasti aja,” tutupnya.

-

PROFIL

Nama Lengkap: Ferdinand Nursalim

TTL: Jakarta, 21 Februari 2002

Posisi/Sekolah: Forward/SMA Kolese Gonzaga Jakarta

Instagram: @ferdinand_nursalim

Related Articles
DBL Camp
Postur Kecil Tak Jadi Halangan Bagi Aldy Untuk Menembus Top 50

DBL Camp
Aplikasikan Drill Station Lewat Scrimmage Game

DBL Camp
Matangkan Teknik lewat Drill Offense Concept