Interest

Jelajahi Sensasi Afrika di Timur Jawa

Geby Namira M

Posted on November 30th 2018

Liburan ke Afrika sekarang sudah bukan hal aneh. Sensasi petualangan alam liar yang mereka tawarkan selalu menarik buat dimasukkan ke dalam daftar life goals. Tapi, tentu aja kamu butuh waktu untuk menyiapkan ini-itunya. Terutama, soal biaya perjalanan.

Nah, sambil mengumpulkan recehan, kamu bisa loh memulainya dengan nyobain sensasi Afrika ala-ala yang ternyata ada di Indonesia. Tepatnya di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur.

Baluran ditetapkan sebagai taman nasional sejak tahun 1980. Dan namanya diambil dari nama gunung yang berada di tengah-tengah kawasan taman nasional ini. Sejak rajin berbenah, Baluran jadi makin dikenal nggak hanya dikalangan pencinta alam maupun peneliti, tapi juga awam. Ia dijuluki Little Africa in Java karena suasananya yang kerap gersang saat memasuki musim kemarau.

Di musim kemarau, rumput-rumput di sabana menguning dan daun-daun meranggas. Nuansa serba cokelat ini benar-benar bikin kita kayak lagi di Afrika. Bedanya, di sini kita nggak bakal ketemu singa atau jerapah. Hehe.

Di sini kita bisa bertemu beragam elang atau alap-alap yang suka terlihat berputar-putar di atas sabana mencari mangsa. Juga kerbau liar yang sedang berkubang, rusa dan kijang yang senang bergerombol dan berkumpul di bawah pohon akasia, sekelompok burung kangkareng  yang gemar mencari makan di pohon-pohon gebang di Pantai Bama, sepasang raja udang yang sedang kawin di antara rapatnya mangrove, bahkan serombongan merak hijau yang senang keluyuran kayak ayam. Kalau beruntung, kita juga bisa bertemu sang maskot taman nasional yang pemalu, yakni banteng atau Bos javanicus.

Ada juga salah satu hewan yang jumlahnya melimpah di taman nasional ini, yaitu macaca atau monyet ekor panjang. Mereka berkeliaran bebas dan terkadang tingkahnya lucu. Tapi, hati-hati ya. Walaupun tingkahnya lucu, si monyet ini bisa aja nggak segan-segan ngejar kamu yang lagi memegang makanan. Dibawa deh ke atas pohon buat dia makan bareng keluarganya.

Oh ya, di taman nasional ini juga ada gardu pandang. Kalau naik ke atas, kalian bisa menikmati pemandangan di sekeliling taman nasional. Selat Bali dan Pulau Bali juga terlihat loh dari atas sini.

FYI, kalau ke Baluran kalian bisa pergi sendiri dan memesan penginapan yang ada di taman nasional. Tapi kalau nggak mau repot, kalian bisa ikutan paket open trip yang banyak disediakan tour operator belakangan ini. Jangan lupa pilih tour operator yang bisa dipercaya, juga yang bertanggung jawab sama tamu dan lingkungan yang menjadi tujuan, ya, guys!

Selamat jalan-jalan!

Artikel Terkait
Interest
Rencana Berlibur ke Pantai? Jangan Lupa Pakai 6 Skincare Ramah Kantong ini!

Interest
Banyuwangi Tak Melulu Kawah Ijen, 5 Destinasi ini Juga Wajib Masuk Bucketlist-mu

Interest
Jangan Travelling sebelum Kamu Install 6 Aplikasi ini