DBL Camp

Tips Melatih Ala Coach Shane Froling

Honda DBL Camp 2018

Hakiki Hijriawan

Posted on November 28th 2018

Setelah mengikuti sesi sharing bersama head coach DBL Academy Erwin Triono kemarin (27/11), hari ini 53 pelatih mengikuti sesi Class with WBA. Bersama coach Shane Froling, para pelatih diberikan sudut pandangan berbeda tentang cara melatih. Kelas sendiri dibagi ke dalam dua sesi, yaitu di in-class dan juga di lapangan. Menurut Shane, ada 4 hal penting yang sebaiknya diterapkan pelatih kepada para pemain.

Pertama adalah rules untuk para pemain. Sejatinya pelatih adalah orang tua bagi para pemain, karena itu pelatih harus memiliki aturan yang akan digunakan sebagai kontrak antar pemain dan pelatih. Shane menekankan peraturan ini untuk membuat kedisiplinan bagi para pemain.

Dalam aspek rules ini, terdapat 4 sub poin penting. Pertama setiap pemain harus memiliki bola. Lalu pemain harus membawa buku catatan saat latihan, ketiga pemain harus datang on time dan pemain harus bisa jadi team mates yang baik. "Terapkan kedisiplinan ini dalam dua bulan terakhir. Ini akan tertanam dan membentuk kepribadian mereka," ujar Shane saat Class with WBA.

Hal kedua, menurut Shane, pelatih juga harus memiliki rules-nya sendiri.

Menurutnya pelatih harus bisa membuat pemain menjadi lebih baik. Pelatih harus selalu mendampingi para pemainnya tiap latihan. Hal ini akan menambah pemain merasa dekat dengan pelatih. "Became a friends for your child. I never abuse my child," pungkas Shane.

Adapun dua aspek penting lainnya saat melatih adalah mengedukasi tentang istilah basket dan identifikasi pengembangan skill pemain.

"Kita harus melihat, mendidik, dan membangun pemain," ujarnya. Setelah mendapat teori secara langsung dari Shane, para pelatih diajak mempraktekan apa yang telah didapat di lapangan DBL Academy.

Shane memberikan pengarahan bagaimana hal-hal mendasar yang penting yang masih belum optimal dalam prakteknya.

Sesi praktek di lapangan disambut tak kalah antusiasnya dengan sesi in-class sebelumnya. Para pelatih sangat antusias mengikuti praktek lapangan dengan Shane. Salah satu pelatih asal Bali IGN Ngurah Teguh Putra ikut mempraktekan apa yang telah diajarkan di kelas.

"Saya sangat senang bisa mengikuti sesi ini. Banyak sekali pelajaran yang saya dapat. Tentu ilmu ini akan saya terapkan pada anak-anak," ujar pelatih SMAK Soverdi Tuban itu yang juga mantan pemain profesional di Indonesia.

Related Articles
DBL Camp
Postur Kecil Tak Jadi Halangan Bagi Aldy Untuk Menembus Top 50

DBL Camp
Andreas Marcellino Bonfilio, Buktikan Daerah Kecil Punya Potensi

DBL Camp
Made Adhipatyadma, Siap Rebut Wildcard Untuk Bayar Kesalahannya