Youthcon

Lahirkan Solusi dari Sebuah Imajinasi

UBS Dig Idea II UBS Youth-Con 2018

Mainmain.id

Posted on November 21st 2018

Dalam UBS Dig Idea, para peserta membuat sebuah start up solutif yang dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Berikut adalah karya yang berhasil meraih Top Ten Gold UBS Dig Idea.

 

SMAN 1 Kedungwaru menciptakan sebuah aplikasi yang bisa mempromosikan guru les. Selain itu mereka juga memberi kemudahan bagi pelajar mencari guru les baik akademik dan non-akaedmik dengan waktu dan tempat yang bisa mereka tentukan sendiri.

 

 

Smadaqu adalah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan guru dan murid SMAN 2 Surabaya dalam proses belajar mengajar. Di Smadaqu, ada 13 materi mata pelajaran lengkap dengan checklist tugas yang sudah diselesaikan siswa. Sehingga siswa tidak perlu membeli banyak buku pelajaran.

 

SMAN 2 Sidoarjo membuat aplikasi yang bisa memudahkan mencari venue, vendor, dan juga mengundang artis favorit. Mereka juga membuat open space booth layaknya sebuah venue sebuah event. Mereka juga membuat fitur event maker yang mempermudah usernya merancang acara lengkap dengan detail-detail keperluannya.

 

Engkol adalah aplikasi bengkel online dari SMAN 20 Surabaya yang mempermudah usernya untuk bisa  memanggil montir dari bengkel terdekat saat mengalami kendala dengan kendaraan di jalan raya. Open space booth mereka juga sangat menarik dimana pengunjung bisa belajar langsung memperbaiki mobil yang mogok melalui miniatur bengkel online mereka.

 

Nuansa tradisional lengkap dengan mainan congklak dan kain jarik menjadi ciri khas open space booth MAN Kota Surabaya. Hal ini disesuaikan dengan nama aplikasi mereka yaitu D’rewang yang dapat menciptakan lapangan kerja dan membantu ibu rumah tangga menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Ada empat fitur yang disediakan di D’rewang yaitu rewang anter, rewang momong, rewang masak, dan rewang belanja.

Tim dari SMAN 1 Babat Lamongan ini paham bagaimana paniknya kita saat kehilangan kunci kendaraan ataupun kendaraan mogok saat di tengah jalan. Oleh karenanya mereka membuat aplikasi yang bisa memudahkan pengguna mendapat pertolongan mulai dari montir hingga kiriman bensin dari POM terdekat. Selain itu, kunci para user juga akan diberi sensor sehingga mudah ditemukan ketika hilang.

 

Terinspirasi tersesat di sebuah tempat perbelanjaan membuat para siswa SMAN 4 Surabaya membuat applikasi yang bernama Dov’ela. Dov’ela bisa menunjukkan posisi kita di dalam sebuah mall dan lokasi tempat di dalam mall yang menjadi tujuan kita. Cara kerjanya pun sama dengan aplikasi maps yang sudah ada namun lebih dikhususkan untuk denah satu pusat perbelanjaan.

 

Buat para calon investor masa depan Instabuild akan membantu usernya menemukan arsitek dan denah bangunan yang kamu inginka. Para user juga bisa mendesign gedung sesuai dengan keinginan mereka. Tak hanya untuk para investor, applikasi ini juga memberi kesempatan para arsitek untuk menjual karya rancangan denah bangunan yang mereka buat.

 

 

Melihat seringnya penyandang tuli kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain, tim dari SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo membuat aplikasi Deaf Helper yang mempermudah mereka bersosialisasi. Aplikasi tersebut dilengkapi dengan fitur chat, video call, bahasa isyarat, translate gerakan, share to care, informasi komunitas orang tuli, hingga donasi loh.

 

 

Gadget di era digital sudah menjadi pelengkap kehidupan. Ketika rusak, tentu akan sangat mengganggu segala hal. Oleh karenanya SMKN Driyorejo membuat Skandry Repair yang bisa membantu memanggil tukang servis barang elektronik ke rumah. Pengguna pun bisa memilih service center berdasar rating yang tertera di aplikasi. Selain mempermudah user, mereka juga membantu membuka lapangan kerja anak SMK untuk bisa mempraktekkan ilmunya.

 

SMAN 1 Sidoarjo - Hollah 

 

SMA Santo Hendrikus Surabaya - Oke Job 

SMA 17 Agustus 1945 Surabaya - Bibit.com 

SMAN 1 Sooko Mojokerto - Find Tentor 

SMA Petra 5 Surabaya - Diario Fashion 

SMA Petra 3 Surabaya-Trashure 

SMAN 10 Surabaya - Cari Angin 

SMA Gema 45 Surabaya - Gema Ilmu

SMA Hangtuah 1 Surabaya - Sebaya Online 

SMAN 22 Surabaya - Mc-Styles 

SMAN 1 Pulung Ponorogo - Kampung Pedia 

SMAN 6 Surabaya - Leeraanmanings 

SMA Muhammadiyah 10 Surabaya - X-Radio

 

 

 

Artikel Terkait
Youthcon
Brainstorming Konsep Booth UBS Dig Idea Guna Temukan Solusi

Youthcon
UBS Dig Idea: Beri Denda Anggota yang Tidak Datang Pengerjaan

Youthcon
Bawa Honda Monkey dari Lamongan Untuk Booth UBS Dig Idea