Youthcon

Rudolf Jadi Sosok Inspiratif Bagi Siswa-Siswinya

UBS Super Teacher

Mainmain.id

Posted on November 16th 2018

Surabaya – Raut wajah tegang berubah menjadi haru bahagia kala Rudolf Jindan, Guru Seni Budaya dari SMAN 21 Surabaya yang terpilih menjadi juara UBS Super Teacher kemarin (15/11). Beliau tampak tak percaya bisa menjadi pemenang di tahun ini. Bukan tanpa alasan, selain menampilkan performance drama yang luar biasa, Pak Rudolf juga menjadi salah satu sosok yang inspiratif bagi siswa-siswinya.

Selain berbakat dalam drama, beliau juga sering membawa siswa-siwanya menjuarai berbagai kompetisi. Salah satunya adalah mengantarkan muridnya dalam Festival Teater Pelajar 2018, sebagai penyaji terbaik tingkat nasional di Universitas Negeri Surabaya. Tak hanya itu, Rudolf juga memiliki segudang prestasi di antaranya menjadi pelopor batik mandiri di Surabaya.

Saat di sekolah, Rudolf juga menjadi guru yang sangat dicintai para muridnya. Selain sangat humble, pria berusia 29 tahun ini juga menjadi ayah bagi murid-muridnya. Tak jarang beliau juga menjadi tempat curhat di sekolah. “Kami selalu didukung oleh Pak Rudolf, baik itu akademis maupun non akademis. Beliau selalu menjadi guru yang terbaik bagi kami siswa-siswinya,” ucap Bernathan Adiatma salah satu murid SMAN 21 Surabaya.

Dalam penampilannya kemarin, Rudolf bersama sembilan siswanya menampilkan sebuah drama yang sangat menyentuh. beliau mengisahkan tentang seorang pembuat patung yang menghidupkan dan merawatnya seperti anaknya sendiri. Karena sangat percaya dengan anak-anaknya, sang ayah memperbolehkan boneka-bonekanya agar bersosialisasi dengan lingkungan luar. Namun yang terjadi malah sebaliknya, para boneka tadi malah terjerumus ke pergaulan bebas. Ia akhirnya kembali mengutuk bonekanya menjadi kayu. 

“Saya melihat banyak anak muda yang melakukan pergaulan bebas mulai merokok hingga minuman keras. Nah, saya sebagai guru ingin memfasilitasi mereka dengan berkarya dengan hal yang positif. Dengan begitu mereka tidak akan terjerumus ke pergaulan bebas,” ujar Rudolf.

Selain Rudolf, ada juga Wulan Aprianita, Guru asal SMA 17 Agustus 1945 Surabaya yang mendapatkan gelar Most Inspiring Teacher di UBS Youth-Con 2018. Guru Geografi yang satu ini selalu memposisikan diri sebagai teman di sekolah. Dengan begitu, siswa-siswanya tidak canggung dan bisa berkembang dengan passion-passion yang mereka miliki.

Astrid Septiana Senior Manager Event DBL Indonesia menuturkan bahwa para guru yang tampil di UBS Super Teacher sangat luar biasa. Selain performa di atas panggung yang luar biasa, mereka juga menjadi sosok yang inspiratif bagis siswa-siswanya. “Tak hanya performa saja, namun mereka juga berhasil memukau kita dengan pesan moral dari tiap penampilannya,” tutupnya. (luq)

Artikel Terkait
Youthcon
Misi Lestarikan Pencak Silat

Youthcon
Ajak Pengunjung Bernyanyi Bersama Lewat UBS Super Teacher

Youthcon
Semangat Ta'miriyah Lanjutkan Perjuangan Ibu Pertiwi