Entertainment

Stan Lee dan Peran Cameo-nya di Marvel Universe

'nuff said, Sir!

Nizar Fahmi

Posted on November 17th 2018

Senin lalu (12/11), The Godfather of Marvel Universe, Stanley Martin Lieber atau yang lebih akrab disapa Stan Lee, menghembuskan napas terakhirnya. Stan meninggal dunia di Rumah Sakit Cedars, Sinai Medical Center, Los Angeles karena terserang radang paru-paru sejak beberapa tahun silam.

Sebelum meninggalkan kita selamanya, Stan Lee sering kali memberikan hiburan kepada penggemar karyanya sebagai cameo di sejumlah film Marvel. Kemunculannya pun selalu menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu. Nah, untuk mengenang Stan, MainMain.id  telah merangkum beberapa peran cameo kakek berusia 95 tahun tersebut dalam film Marvel. Kira-kira kamu masih ingat nggak?

 

X-Men

Stan Lee terlihat pertama kali sebagai cameo pada film X-Men di tahun 2000. Ia berperan sebagai pedagang hot dog dan muncul saat momen Senator Kelly melarikan diri dari Magneto. Pada sekuel X-Men lainnya, seperti The Last Stand (2006), ia juga muncul sebagai seorang penyiram tanaman. Tak ketinggalan, Stan pun mengambil andil sebagai seorang kakek biasa, yang terkejut melihat peluncuran senjata di depan rumahnya oleh Profesor X pada seri Apocalypse (2017). Di seri ini, Stan berperan sebagai cameo bersama sang istri, Joan Lee.

 

Spider-Man

Seri pertama Spider-Man, saat masih diperankan oleh Tobey Maguire di tahun 2002, juga menampilkan Stan Lee sebagai cameo. Stan muncul dalam adegan penyelamatan seorang gadis kecil dari puing-puing bangunan saat Spider-Man bertempur melawan Green Goblin. Peran tersebut pun dilakukannya dalam Spider-Man 2 (2004). Di Spider-Man 3 (2007), ia memerankan tokoh seorang warga sipil yang sempat terlibat pembicaraan dengan Peter Parker di tengah kotasambil menawarkan kaca mata hitam, hehe.

 

Fantastic Four

Salah satu karya masterpiece Stan Lee ialah Fantastic Four. Pada film tersebut, yang dirilis tahun 2005 lalu, Stan pertama kali memerankan karakter ciptaannya sendiri, yaitu Willie Lumpkin. Willie merupakan pembawa surat kabar yang sempat menyapa anggota Fantastic Four saat keempatnya akan memasuki Baxter Building. Di sekuel berikutnya, Rise of the Silver Surfer (2007), Stan Lee pun muncul pada saat ingin masuk ke pernikahan Reed Richards dan Susan Storm. Tapi ia ditolak oleh penjaga karena tidak terdaftar dalam tamu undangan. Masih kebayangkan gimana raut memelasnya Stan? Kocak abis!

 

Marvel Cinematic Universe (MCU)

Dalam cerita MCU, Stan Lee terlibat sebagai cameo hampir di setiap judul. Kemunculan pertamanya di universe ini ialah pada film Iron Man (2008) sebagai dirinya sendiri. Sekuel kedua dan ketiga pahlawan besi ini pun diisi oleh kehadiran sosok Stan. Beralih ke Captain America, Stan Lee juga memerankan banyak karakter. Di The First Avenger (2011), ia tampil sebagai seorang jenderal dalam Perang Dunia II. Sedangkan pada Civil War (2016), dirinya membawakan peran sebagai pengantar paket FedEx. Stan Lee pun hadir pada franchise MCU lainnya seperti Thor, Doctor Strange, Hulk, Black Panther, Ant-Man, The Avengers, dan Guardian of the Galaxy. Satu yang tetap sama, penampilannya selalu all out!

Deadpool & Venom

Anti-Hero Marvel, Deadpool (2016), menjadi salah satu karakter yang tidak diciptakan oleh Stan Lee. Namun menariknya, ia tetap mengambil peran sebagai cameo di sini. Memainkan tokoh seorang MC di klub striptis, Stan terlihat sengat menjiwai perannya. Lain cerita pada film Venom (2018), Stan Lee memerankan seorang kakek yang sedang berjalan kaki bersama anjing peliharaannya. Ia muncul saat Eddy Brock sedang berbicara dengan Annie (mantan pacar Eddie, hmmm). Di situ, ia terdengar seperti memberikan semangat kepada Eddy, bahwa hubungan mereka bisa saja berhasil.

Sampai saat ini, Venom masih menjadi film Marvel terakhir yang memunculkan dirinya sebagai seorang cameo. Namun, Sutradara Joe Russo telah mengkorfimasi kepada BBC bahwa kita masih dapat melihat aksi cameo Stan pada Avengers 4. Selain film tersebut, Wreck It Ralph 2 dari Disney yang akan tayang 21 November mendatang juga dikabarkan akan menayangkan Stan Lee sekilas. Is this will be the last? Semoga tidak!

Maybe we know that we already lost our truly hero here. Tapi yang pasti, sosok Stan Lee akan selalu dikenang oleh para penggemarnya. Excelsior, Sir!

Artikel Terkait
Entertainment
[REVIEW] Thanos Jadi Idola, Ada Apa dengan Avengers?

Entertainment
Marvel Tidak akan Gantikan Stan Lee dengan CGI

Entertainment
Mark Ruffalo Bakal Bintangi 'Parasite' Versi Serial HBO