Interest

Mengenal Diabetes, Ibu Segala Penyakit

Geby Namira M

Posted on November 14th 2018

Tahu nggak kalau diabetes, yang katanya penyakit orang tua, ternyata juga bisa menyerang anak muda seperti kita lho. Selain faktor keturunan, diabetes juga bisa kita derita karena adanya perubahan perilaku di zaman moderen ini. Nah, mumpung lagi Hari Diabetes Internasional, yuk kita mengenal lebih jauh penyakit ini, khususnya diabetes melitus.

Sebenarnya, apa sih diabetes itu?

Diabetes merupakan suatu penyakit di mana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah). Tetapi bisa juga karena insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Diabetes ini merupakan penyakit yang berlangsung lama. Sifatnya pun kronis. Ditandai dengan kadar glukosa darah yang tinggi, diabetes bisa menyebabkan bermacam penyakit komplikasi. Seperti penyakit jantung, gagal ginjal, stroke, bahkan kanker.

Dalam kondisi normal, seharusnya insulin bisa membuat gula dalam darah tersimpan baik. Secara otomatis, glukosa akan diserap oleh sel-sel tubuh menggunakan insulin yang dihasilkan oleh sel B pankreas. Ketika reseptor sel membuka, masuklah glukosa tersebut. Namun ternyata insulin tidak bekerja baik. Gula darah terkumpul dalam aliran darah, dan terjadilah diabetes. 

Banyak yang beranggapan bahwa penyebab penyakit ini karena kebanyakan memakan makanan manis semata. Padahal, faktor yang menyebabkan tingginya jumlah penderita adalah karena perubahan pola makan dan kurangnya aktivitas fisik.

Nah, demi mencegah risiko terkena diabetes di usia muda, terutama buat kamu yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarga, coba deh tengok tips di bawah ini.

1.Menjaga pola makan

Makanan yang mengandung gula dan rendah serat, menjadi salah satu sumber diabetes. Sehingga untuk terhindar dari risiko menjadi seorang diabetee, kamu harus membatasi asupan gulamu. Kontrol kalori yang datang dari makanan dan minumanmu sehingga kadar glukosa dalam darah tetap terjaga.

 

2. Menjaga pola tidur

Seseorang dianjurkan untuk tidur kurang lebih tujuh jam untuk menjaga kesehatannya. Tidur yang tidak cukup atau sering bergadang akan memicu perubahan hormon dalam tubuh, termasuk insulin yang mengatur gula darah. Oleh karena itu kurang tidur akut dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes.

 

3. Lakukan olahraga rutin dan menghindari yang namanya “mager”

Aktivitas fisik membantumu mengontrol berat badan, membakar glukosa sebagai energi, dan membuat sel tubuh lebih sensitif terhadap insulin. Kurang aktif beraktivitas fisik juga menyebabkan seseorang lebih mudah terkena diabetes.

Jika kamu sudah melakukan semuanya, kenali juga tanda-tanda diabetes. Apakah kamu sering merasa haus (polidipsi), sering buang air kecil (poliuri), sering lapar (polifagi), berat badan menurun drastis, dan mudah kelelahan? Kalau ya, coba segera lakukan pengecekan kadar gula ke dokter ataupun klinik terdekat. Sebab meski bisa melakukannya sendiri lewat alat-alat medis yang beredar di pasaran, mengunjungi tenaga ahli bisa membantu mendapat penanganan yang tepat.

So, Selamat Hari Diabetes Sedunia! Dari pada mengobati, lebih baik mencegah, kan? Yuk, atur pola makanmu dan jalani hidup sehat!

Artikel Terkait
Lifestyle
Tidak Ingin Mengalami Penuaan Dini? Hindari Terlalu Banyak Mengonsumsi Bahan Ini

Lifestyle
Kurangi yang Manis-Manis Karena Konsumsi Gula Berlebih Bisa Ganggu Sistem Imun

Interest
20 Destinasi Wisata Telah Dibuka untuk Uji Coba Protokol Kesehatan, Mana Saja?