DBL

AIPL Lolos Dramatis

Hakiki Hijriawan

Posted on November 14th 2018

BEREBUT BOLA: Guard SMA Al-Izhar Rayhan Alfaro Ferdinand (jersey gelap) mendapatkan halangan dari para pemain SMA Permai pada laga do or die Grup A Honda DBL DKI Jakarta Championship Series 2018 Selasa (13/11). (Genta/DBL Indonesia)

 

Dua tim dari Grup A memastikan diri melangkah ke babak fantastic four Honda DBL DKI Jakarta Championship Series 2018. SMA Bukit Sion menjadi tim pertama yang melaju ke babak semifinal, setelah mengalahkan SMAN 21 Jakarta dengan skor telak 56-15 di GOR Soemantri, Selasa kemarin (13/11).  Disusul oleh SMA Al-Izhar Pondok Labu yang sukses mengamankan tiket semifinal secara dramatis. AIPL (julukan SMA Al-Izhar) unggul atas SMA Permai, 41-37 lewat drama overtime alias babak tambahan waktu.

Terus tertinggal sejak tip-off, tidak membuat AIPL menyerah begitu saja. SMA Permai yang masih memiliki kesempatan melangkah ke babak semifinal,menggedor pertahanan anak-anak Pondok Labu. Kuarter pertama di tutup dengan kemenangan SMA Permai dengan skor 15-7.

Tim asal Pluit tidak memberi ampun lawannya, mereka selalu unggul dari kuarter pertama hingga awal kuarter keempat. Namun, mental baja tim polesan Athini Mardlatika membuat mereka dapat melakukan epic comeback.

Momen dramatis terjadi saat laga menyisakan 20 detik jelang akhir pertandingan. Shooting guard AIPL, Muhammad Rafi menjaga asa timnya untuk lolos ke semifinal. Melalui akurasi tembakan tiga angkanya, pemain bernomor 7 itu menyamakan kedudukan menjadi 35-35.

Sebenarnya, SMA Permai memiliki peluang untuk unggul pada 10 detik akhir. Namun, Aldy Adrian sengaja tidak memasukan bola free throw yang didapatnya. Pasalnya, SMA Permai ingin memaksa babak overtime, karena mereka butuh kemenangan atas AIPL dengan selisih 9 poin agar lolos.

Alih-alih bisa kembali unggul dengan margin poin yang diharapkan, SMA Permai justru terpuruk pada babak tambahan. AIPL justru terus menggendor pertahanan Permai pada babak overtime. Dua menit terakhir menjadi titik pertama AIPL unggul atas Permai. Melalui solo run ke jantung pertahanan lawan yang diakhir layup, Kemal Aristy Salim membuyarkan impian Permai melangkah ke semifinal, 37-35 AIPL berbalik unggul.

SORAK SORAI: Para pemain serta ofisial SMA Al-Izhar larut dalam kegembiraan setelah berhasil melangkah ke semifinal Honda DBL DKI Jakarta Championship Series 2018. (Genta/DBL Indonesia)

 

Seakan belum puas, Salim kembali membuat pendukung Permai tertunduk lemas. Pemain bernomor punggung 8 itu kembali menorehkan dua poin untuk timnya, hingga terus berlari menjauh atas lawannya. Meski sempat mencetak dua poin melalui Aldy, AIPL menutup kemenangan melalui dua poin hasil Rayhan Alfaro Ferdinand. Buzzer akhir pun berbunyi, AIPL mengunci kemenangan dengan skor 41-37.

Pada klasemen akhir, SMA Bukit Sion mengunci predikat juara Grup A dengan meraup 6 poin hasil dari sapu bersih tiga laga dengan kemenangan. Disusul oleh SMA Al-Izhar di urutan kedua dengan 5 poin. Lalu, SMAN 21 pada peringkat ketiga dengan 4 poin, sedangkan SMA Permai di posisi paling bawah dengan 3 poin. (*)

Klik tautan di bawah ini untuk melihat PDF lengkap Honda DBL DKI Jakarta Championship Series 2018 edisi Rabu (14/11).

http://mainmain.id/championship141118

Related Articles
DBL
Garangnya Macan Smale

DBL All-Star
Center Honda DBL Indonesia All-Star Anthoni Aipassa Dipuji Pelatih

DBL All-Star
Tim Honda DBL Indonesia All-Star 2018 Perkuat Chemistry

Meet The Creator



Delima Pangaribuan

Quote Of The Day

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda