Hobi

Sony Rilis Gawai Terbaru Khusus PS5 Saat PlayStation Showcase Bernama Project Q

Project Q merupakan inovasi terbaru dari Sony, sekilas mirip Steam Deck ya

Dave Yehosua Tiranda Bongga

Posted on May 25th 2023

Saat Playstation Showcase Sony Keluarkan Gawai Terbaru Khusus PS 5: Project Q

Sony secara resmi mengumumkan sebuah gawai genggam terbaru khusus PlayStation (PS) 5. Gawai ini akan membantu para pemain untuk memainkan game PS5 secara mobile. Hal ini diumumkan di pagelaran PlayStation Showcase pada Rabu, 24 Mei 2023 dini hari.

Project Q, sebutan untuk gawai ini. “Kami mengeluarkan perangkat ini dengan penuh dedikasi untuk membiarkanmu bermain game PS5 secara jauh bahkan tanpa Wi-Fi," ucap Bos PlayStation Jim Ryan pada PlayStation Showcase.

“Secara internal kami menyebutnya ‘Project Q’ dengan layar HD delapan inch dan semua tombol sekaligus fitur yang ada dalam DualSense controler nirkabel," tambahnya. Gawai tersebut akan dirilis pada tahun ini.

Pada presentasinya ada sebuah penjelasan di bawah. Penjelasan tersebut menunjukan bahwa hanya game terinstal pada konsol PS 5 saja yang dapat dimainkan. Gawai ini hadir hanya untuk terhubung dengan PS5 milik pemain. Tidak seperti steam deck atau handphone yang menggunakan sistem cloud.

Walau begitu, Sony adalah perusahaan terkemuka dengan layanan cloud gaming. Saat ini tampaknya sedang merombaknya karena ada banyak lowongan pekerjaan baru. Jadi kemungkinan akan berubah seiring waktu.

Penjelasan Sony ini juga tidak mengatakan bahwa semua game bisa dimainkan dimana saja. Project Q mungkin hanya bisa dimainkan di dalam rumah. Dan kalaupun ingin dimainkan di luar rumah maka harus menggunakan koneksi internet.

Baca Juga: Microsoft Uji Coba 'Handled Mode' Windows untuk Steam Deck

Selain gawai tersebut, dalam penjelasannya Jim Ryan juga memperkenalkan earphone khusus. Jim mengklaim earphone ini akan meningkatkan kualitas pengalaman bermain. Kira-kira kalian akan beli nggak kalau Project Q rilis ke pasaran? (*)

 

Sumber: Kanal YouTube PlayStation

Artikel Terkait
Hobi
7 Trailer Game Paling Mempesona di PlayStation Showcase 2023

Hobi
Remaster Tony Hawk's Pro Skater Akan Hadir di PS5, Xbox Series X, dan Switch

Hobi
Mengapa PlayStation 5 Tidak Laku di Jepang?