Interest

10 Provinsi dengan Indeks Literasi Digital Tertinggi di 2022, Ada Tempatmu?

Dwiwa

Posted on February 5th 2023

Ada kabar baik nih soal literasi digital di Indonesia. Menurut survei Status Literasi Digital Indonesia 2022 yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Katadata Insight Center (KIC), indeks literasi digital Indonesia mengalami peningkatan pada tahun 2022.

Dilansir dari laman resmi Kominfo, Terjadi peningkatan 0,05 poin dibanding tahun 2021, yang semula 3,49 menjadi 3,54. Skor ini menunjukkan jika literasi digital masyarakat Indonesia berada dalam kategori sedang.

Untuk bisa mendapatkan skor ini, pengukuran dilakukan dengan menggunakan empat pilar, yakni kecakapan digital (digital skill), etika digital (digital ethics), keamanan digital (digital safety), dan budaya digital (digital culture). Dari keempat pilar tersebut, hanya satu yang mengalami penurunan yakni digital culture dari sebelumnya 3,90 menjadi 3,84.

Sementara itu, tiga pilar lainnya mengalami kenaikan dibanding dengan tahun sebelumnya. Untuk pilar digital skill naik dari 3,44 menjadi 3,52, digital ethics dari 3,53 menjadi 3,68, dan digital safety dari 3,10 menjadi 3,12.

“Hasil survei ini menjadi pijakan bagi kami dalam melakukan pemetaan target sasaran serta pemetaan kebutuhan literasi masyarakat, agar program nasional Literasi Digital dapat dieksekusi secara efektif dan tepat sasaran,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, pada Peluncuran Status Literasi Digital Indonesia 2022.

Dirjen Aptika berharap survei yang dilakukan tetap berlanjut setiap tahunnya dan memiliki dampak bagi masyarakat untuk menciptakan ruang digital yang positif dan menurunkan angka kejahatan siber. Survei yang bertujuan untuk mengetahui status literasi digital ini sendiri telah dilakukan tiga kali sejak tahun 2020 silam.

Survei ini sendiri dibagi ke dalam tiga segmen, yakni pemerintah (TNI dan Polri), pendidikan, serta masyarakat umum. Hasilnya, segmen pemerintah di angka 3,74, pendidikan 3,70, dan masyarakat umum 3,50.

Sementara jika dilihat berdasarkan provinsi, DI Yogyakarta dan Kalimantan Barat memiliki skor tertinggi yakni 3,64. Kemudian disusul Kalimantan Timur dan Papua Barat yang sama-sama memiliki skor 3,62.

Berikut 10 provinsi dengan skor indeks literasi digital tertinggi di 2022.

1. D.I. Yogyakarta

2. Kalimantan Barat

3. Kalimantan Timur

4. Papua Barat

5. Jawa Tengah

6. Kalimantan Tengah

7. Jawa Barat

8. DKI Jakarta

9. Kepulauan Riau

10. Jawa Timur

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Literasi Jadi Senjata Kementerian Kominfo Tangkal “Tsunami Digital”

Interest
Pentingnya Literasi Digital Agar Terhindar Dari Konten Medsos Berujung Maut

Interest
Cegah Hal Negatif di Dunia Maya Lewat Keterampilan Digital