Lifestyle

3 Jenis Burnout dan Begini Cara Mengatasinya

Soffya Ranti

Posted on January 26th 2023

Pernahkah kamu merasakan stres dan merasa lelah fisik dan mental atas pekerjaan atau tugasmu? Istilah ini biasanya disebut dengan burnout. Dilansir dari World Health Organization (WHO) burnout merupakan kondisi stres kronis dan kelelahan fisik dan mental akibat pekerjaan. 

Burnout biasa ditandai dengan perasaan kehabisan energi atau kelelahan fisik, mental, dan emosional. Ciri-ciri seorang yang mengalami ini biasanya merasa depresi, tidak berguna, selalu merasa kelelahan, hingga sakit kepala. 

Menurut Harvard Review Bisnis burnout ternyata memiliki beberapa jenis. Apa saja itu? simak jenis burnout dan cara mengatasinya. 

Baca Juga: 4 Tips Simpel Menghadapi Burnout agar Hidup Lebih Ringan

Overload Burnout 

Overload burnout merupakan bentuk kelelahan yang berlebihan yang dipicu akibat bekerja sangat keras hingga mengorbankan kesehatan dan kehidupan pribadi. Jenis burnout satu ini memang paling banyak dialami banyak orang. Biasanya dipicu dengan ambisi kesuksesan. 

Orang yang mengalami overload burnout biasanya mengabaikan kebutuhan pribadi dan selalu memenuhi tuntutan pekerjaan. Tak hanya itu tak jarang kamu mengorbankan apapun untuk mencapai tujuan kesuksesanmu. 

Neglect Burnout 

Jenis burnout ini bisa diakibatkan karena perasaan tidak berdaya dalam menghadapi tantangan. Seseorang yang merasakan ini biasanya merasa sulit untuk memenuhi tuntutan dan merasa tidak mampu memenuhi harapan. Seiring waktu, jenis burnout ini akan membuatmu merasa tidak kompeten, tak berguna, hingga frustasi. 

Orang yang mengalami Neglect Burnout ini biasanya mengalami beberapa gejala mulai dari merasa ingin menyerah dalam menanggapi rintangan, kurang produktif dalam bekerja, dan kehilangan semangat. 

Under-Challenged Burnout

Pernah merasa sangat kelelahan meskipun melakukan aktivitas yang sedikit? Bisa jadi kamu mengalami tanda-tanda under-challenged burnout. Hal ini biasanya terjadi karena kamu mulai bosan dengan berbagai rutinitas pekerjaan. Ini juga yang menyebabkan hilangnya motivasi. 

Salah satu gejala burnout satu ini adalah ketika kamu merasa tidak ada kesempatan untuk mengembangkan kemampuan. Dan justru merasa terhambat untuk mengembangkan kemampuan. 

Baca Juga: Hustle Culture Itu Gak Keren, Malah Bikin Produktivitas Turun dan Burnout

Cara mengatasi burnout 

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi burnout. Dilansir dari artikel ilmiah karya Haryanto F. Rosyid berjudul Burnout: Penghambat Produktifitas yang Perlu Dicermati beberapa upaya mengatasi burnout dengan cara berikut ini: 

Meminta dukungan sosial kepada lingkungan dan orang-rang terdekat

Mencoba mencari hobi atau kegemaran baru 

Mencoba mengembangkan minat yang menarik (*) 

Foto: depositphotos

Artikel Terkait
Lifestyle
Hustle Culture Itu Gak Keren, Malah Bikin Produktivitas Turun dan Burnout

Lifestyle
4 Tips Simpel Menghadapi Burnout agar Hidup Lebih Ringan

Interest
Studi: 40 Persen Karyawan 4 Hari Kerja Laporkan Masalah Tidur Jadi Lebih Sedikit