Lifestyle

7 Cara Memenuhi Kebutuhan Gizi agar Hidup Makin Sehat 

Soffya Ranti

Posted on January 25th 2023

Hari Gizi Nasional diperingati setiap 25 Januari. Peringatan ini merupakan momentum untuk membangkitkan kepedulian masyarakat pentingnya dalam penerapan gizi seimbang. Masyarakat diharapkan dapat semakin memperhatikan kualitas gizi untuk meningkatkan kesehatan yang lebih baik. 

Untuk menunjang kehidupan yang lebih sehat tentu masyarakat harus memenuhi kebutuhan gizi agar kehidupan makin. Dirangkum dari situs Promkes Kementerian Kesehatan berikut beberapa cara memenuhi kebutuhan gizi agar hidup semakin sehat. 

Baca Juga: Rendahnya Gizi Jadi Penyebab Tingginya Kasus Covid-19 Anak di Indonesia

Membatasi konsumsi lemak jenuh 

Semaksimal mungkin untuk memperhatikan jumlah dan jenis lemak yang kamu konsumsi. Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah hingga risiko penyakit jantung. Beberapa makanan dengan lemak jenuh antara lain daging berlemak, biskuit, sosi, mentega, krim, dan lainnya. 

Jangan lupa sarapan 

Beberapa orang sering melewatkan sarapan. Namun sebenarnya sarapan merupakan hal penting yang tak boleh dilewatkan. Sarapan sehat tinggi serat, rendah lemak, gula, dan garam bisa menjadi komposisi yang ideal. 

Konsumsi air yang cukup 

Air merupakan kebutuhan utama dalam tubuh dalam mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral dalam tubuh. Jangan lupa minum 6-8 gelas per hari. 

Olahraga teratur 

Usahakan untuk tetap beraktivitas teratur untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan fungsi jantung, paru-parum dan otot. Usahakan untuk minimal tiga kali dalam seminggu dengan durasi 45-60 menit. 

Memenuhi kebutuhan zat besi 

Pemenuhan zat besi juga penting. Zat besi berguna untuk meningkatkan sel darah merah. Zat besi bisa didapatkan dari kuning telur, daging, sayuran hijau, atau kacang-kacangan. 

Menggunakan garam beryodium 

Yodium merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh. Yodium membantu untuk mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otak. Namun perlu diperhatikan bahwa terlalu banyak garam juga berisiko akan meningkatkan tekanan darah. Maka dari itu usakan tetap mengatur porsi kebutuhan garap untuk memenuhi gizi yang lebih baik. 

Baca Juga: Tak cuma Bergizi, Kandungan Jamur Bisa Turunkan Risiko Depresi

Hindari minuman beralkohol 

Cobalah untuk mengurangi beberapa konsumsi minuman beralkohol dan merokok. Minuman beralkohol menyebabkan kesulitan dalam penyerapan gizi dan kerusakan hati. (*) 

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Makanan Khas Natal dari 5 Negara di Dunia, Nomer 3 Meleleh Banget...

Lifestyle
Ini Makanan yang Menurunkan Kesehatan Mentalmu, Bikin Cemas dan Depresi

Lifestyle
Ingin Berumur Panjang? Aturan Diet Jepang Ini Bisa Dicoba