Entertainment

Hak Cipta Lagu Justin Bieber Resmi Terjual, Harganya Fantastis!

Sastia Ainun Ningdyah

Posted on January 25th 2023

Hak Cipta Lagu Justin Bieber Terjual, Harganya Fantastis!

Kabar mengejutkan datang dari pelantun lagu One Time, Justin Bieber. Dia telah menjual seluruh hak cipta dan katalog rekaman lagunya seharga USD 200 juta atau sekira Rp 2,97 triliun kepada Hipgnosis Songs Capital.

Sebanyak 291 lagu Bieber yang dirilis sebelum akhir 2021 hingga album terbarunya Justice, kini haknya telah resmi dipegang oleh Hipgnosis Songs Capital. Langkah tersebut membuat Hipgnosis akan menerima keuntungan setiap kali lagu Bieber diputar. Meski demikian, master lagu tersebut masih dikelola Universal Music.

Penjualan hak rilis dan katalog Bieber merupakan penjualan termahal untuk musisi seusianya lho. "Akuisisi ini adalah kesepakatan terbesar yang pernah dibuat untuk artis di bawah usia 70 tahun," kata Merck Mercuriadis, pendiri Hipgnosis Song Management. "Di usianya yang baru 28 tahun, dia adalah salah satu dari segelintir artis yang menentukan di era streaming yang telah merevitalisasi seluruh industri musik."

Hak rilis biasanya tidak seberharga lagu dan album yang direkam. Namun, pendapatan dari iklan dapat memberikan keuntungan yang signifikan, terutama bagi artis populer seperti Bieber.

Baca Juga: Ed Sheeran Rekam Semua Proses Pembuatan Lagu setelah Hadapi Gugatan Hak Cipta

Manajer lama Justin Bieber, Scooter Braun, juga berbicara tentang penjualan katalog tersebut. "Justin artis terbaik dalam generasinya dan itu tercermin dan diakui oleh besarnya kesepakatan ini," ungkapnya dalam sebuah pernyataan di salah satu media.

"Selama 15 tahun saya bersyukur menyaksikan perjalanan ini dan hari ini saya bahagia untuk semua yang terlibat. Kehebatan Justin Bieber baru saja dimulai," lanjut Braun. Musisi Never Say Never bergabung dengan artis lain yang baru-baru ini juga menjual katalog musik mereka. Termasuk Bob Dylan, Sting, Stevie Nicks, Bruce Springsteen, dan Neil Young. (*) 

Foto: Variety

Artikel Terkait
Entertainment
Rebut Paling Banyak Nominasi, Justin Bieber Akan Tampil di Kids’ Choice Award

Entertainment
The Weeknd, Doja Cat, Olivia Rodrigo Dominasi Billboard Music Awards 2022

Entertainment
Ariana Grande Curhat Alasan Hindari Media dan Tak Rilis Album Saat Karantina