Sport

Ducati Launching Tim untuk MotoGP 2023, Bagnaia Pakai Nomor 1

Tora Nodisa

Posted on January 24th 2023

Foto: Twitter Ducati Corse

Pabrikan asal Italia Ducati resmi merilis tim untuk MotoGP 2023, pada hari Senin, 23 Januari 2023, waktu setempat. Yang jadi sensasinya adalah Ducati mengizinkan Francesco Bagnaia memakai nomor 1 pada motor Desmosedici-nya. Sesuatu yang belum pernah terjadi sejak pembalap Australia Casey Stoner pada tahun 2012.

Tahun 2023 menjadi tahun istimewa bagi Ducati. Sebab mereka akan merayakan ulang tahun ke-20 di kelas utama MotoGP. Kali ini mereka diperkuat oleh Francesco "Pecco" Bagnaia dan rekan senegaranya, Enea Bastianini. Ducati kali ini tampil dengan warna khas merah, dengan beberapa sentuhan karbon pada motornya. 

"Setelah kesuksesan luar biasa musim lalu, tantangannya semakin menarik dan saya senang bahwa titik awalnya adalah tempat seperti Madonna di Campiglio, ekspresi sempurna dari 'Made In Italy' yang kami banggakan," kata Claudio Domenicali, CEO Ducati Motor Holding.

Sementara itu, Luigi Dall'Igna, Direktur Jenderal Ducati Corse, mengenang bahwa awal musim baru selalu menjadi momen yang menyenangkan dan terlebih lagi setelah tahun 2022 yang akan tetap ada dalam sejarah.

"Mengulangi hasil tahun lalu tidak akan mudah, tetapi tujuannya selalu untuk melampaui diri kita sendiri dan terus berkembang. Kami yakin bahwa tahun ini para pebalap kami juga akan menjadi salah satu protagonis dari kejuaraan yang akan semakin sulit. Pabrikan lain pasti telah bekerja keras selama jeda kompetisi. Kami tidak kalah, jadi saya tidak sabar untuk memulai musim baru ini dan mempertahankan tiga gelar yang diraih tahun lalu," tambahnya.

Menariknya adalah Francesco Bagnaia menuju musim baru dengan ambisi yang sama, dan tujuan yang sama seperti musim sebelumnya, yaitu menjadi juara dunia. Pembalap Italia tersebut akan menggunakan nomor 1 di bagian depan motornya. Nomor yang selama ini dianggap membawa kutukan bagi pembalap MotoGP. Namun Bagnaia tampaknya tidak takut dengan kutukan tersebut. 

"Awalnya, saya ragu-ragu apakah akan terus menggunakan '63' atau memakai '1', tetapi saya akhirnya memutuskan yang terakhir. Mengenakannya di motor benar-benar berharga dan sekarang tujuan saya adalah memberikan segalanya untuk mempertahankannya di sana. Ini tidak akan mudah karena saya berharap balapan lebih keras dibandingkan tahun lalu, dengan begitu banyak saingan yang siap memperebutkan gelar. Tetapi saya sadar bahwa saya memiliki motor terbaik dan tim terbaik bersama saya untuk bisa bertarungdi tahun 2023," tegasnya.

Terakhir, rekan setimnya Enea Bastianini mengakui ada emosi yang luar biasa ketika mengenakan warna merah, yang menjadi kebanggan dari tim Ducati. "Sekarang saya harap saya bisa menunjukkan bahwa saya pantas mendapat kesempatan ini. Saya termotivasi untuk musim baru dan saya tidak perlu menunggu lama untuk menguji Desmosedici GP saya karena dalam dua minggu kami akan berada di Sepang untuk tes pertama dan itu akan menjadi momen yang sangat penting untuk mengenal lebih baik anggota tim dan yang terpenting mulai bekerja dengan motor. Ini akan menjadi tahun yang sangat kompetitif dan tentunya kami akan memiliki momen yang mudah dan yang sulit untuk dihadapi, tapi saya yakin. Saya siap untuk balapan," tutup Bastianini. (*)

Artikel Terkait
Sport
Marc Marquez Dukung Pembalap Ducati Jadi Juara MotoGP 2022

Sport
Kalau Ducati Bikin Skenario Menangkan Bagnaia, Habislah Quartararo

Sport
Menangkan Duel Lap Terakhir, Enea Bastianini Juara MotoGP Aragon 2022