Entertainment

4 Hal Menarik dari Indonesia di Serial 'The Last of Us', Ada Lagu Ari Lasso!

Sastia Ainun Ningdyah

Posted on January 24th 2023

Kedai Kapau di Serial The Last of Us

Serial adaptasi dari game PC popular, The Last of Us Episode 1, sukses tayang pekan lalu. Bagi HBO, episode pertama kemarin menjadi debut terbesar kedua dalam 13 tahun terakhir, setelah House of the Dragon.

Episode pertama serial yang dibintangi oleh Pedro Pascal dan Bella Ramsey itu menarik perhatian 4,7 juta pemirsa AS di saluran HBO dan streaming HBO Max lho. Menceritakan tentang pandemi global yang disebabkan oleh sebuah jamur bernama Cordyceps yang memicu manusia menjadi zombie.

Episode pertama itu sempat membuat geger para netizen Indonesia. Sebab, Kota Jakarta disebut dalam percakapan Joel yang sedang sarapan bersama anaknya, Tommy dan Sarah. Dan kini, The Last of Us sudah memasuki episode kedua yang tayang pada 23 Januari kemarin.

Menurut netizen yang sudah nonton episode kedua, banyak hal menarik tentang Indonesia yang ternyata masuk dalam alur cerita ini. Supaya nggak makin penasaran, mari kita ulas satu persatu.

Kota Jakarta

Scene Kota Jakarta di Serial The Last of Us

Kota Jakarta kembali trending di Twitter berkat episode kedua serial The Last of Us. Serial ini membawa nama Jakarta sebagai kota yang diduga menjadi awal adanya infeksi jamur Cordyceps. Jamur ini membahayakan manusia seluruh dunia karena bisa menjadi zombie.

Setelah netizen minggu lalu heboh karena Jakarta disebut, kali ini makin heboh lagi karena intro episode kedua adalah scene Kota Jakarta di tahun 2003. Dipantau dari Twitter dan Instagram, banyak reaksi netizen Indonesia terkait cerita The Last of Us ini. Mereka ada yang bangga, Jakarta dan Indonesia menjadi bagian dari plot cerita serial populer ini.

Akting Christine Hakim Jadi Sorotan

Akting Christine Hakim jadi Sorotan di The Last of us

Dalam episode kedua, diperkenalkan kota Jakarta yang membawa tokoh Christine Hakim sebagai ahli mikologi bernama Ibu Ratna, diperankan oleh Christine Hakim. Ia adalah aktor senior Indonesia yang sudah memerankan banyak sekali film-film terkenal hingga mendapatkan berbagai penghargaan.

Pemain film Sri Asih dan Perempuan Tanah Jahanam ini muncul sebagai pembuka episode kedua dengan durasi yang cukup panjang lho. Semua informasi krusial ditumpahin di scene ini supaya misi penyelamatan Ellie jadi penting buat penonton. Mulai dari dialog dari Ibu Ratna tentang obat dan vaksin wabah jamur, sampai rencana peledakan bom di seluruh kota.

Cuplikan Lagu Hampa Milik Ari Lasso

Ini salah satu hal menarik dalam episode kedua. Menurut salah satu akun Twitter yang sering membahas soal film (@HabisNontonFilm), lagu Hampa dari Ari Lasso dijadikan backsound saat Ibu Ratna sedang makan di Kedai Kapau dan dihampiri oleh dua tentara.

Kalau kamu notice, penggalan lagu yang diputar paling jelas adalah "Namun kini kau menghilang. Bagaikan ditelan Bumi.". Para netizen juga berspekulasi kalau penggalan lagu itu sesuai dengan inti dari cerita The Last of Us. Sama seperti umat manusia di dalam cerita tersebut, yang semuanya menjadi "hilang".

Baca Juga: Film 'The Last of Us' Sukses Jadi Peringkat Kedua Terbesar di HBO Lho!

Kedai Kapau 

Kedai Kapau dalam Serial The Last of Us

Backsound lagu Hampa milik Ari Lasso muncul dalam adegan Ibu Ratna yang sedang makan di Kedai Kapau dan tiba-tiba didatangi oleh dua orang tentara. Tampak menu sate dan sayuran yang menjadi hidangan Ibu Ratna. Tak hanya itu, netizen juga memperhatikan dessert di samping makanan utama Ibu Ratna, yaitu kue lapis legit.

Kejelian netizen juga membahas soal menu dan harga makanan di Kedai Kapau nih. Harga sate ayam Rp 18.000, nasi campur Rp 16.000, kue lapis legit Rp 10.000. Sesuai dengan setting waktu episode kedua yaitu tahun 2003, netizen menilai harga tersebut cukup mahal.

Ternyata, Indonesia cukup sering menjadi bagian dari plot cerita film bahkan serial luar negeri. Film Uncharted yang dibitintangi oleh Tom Holland pun turut membawa nama Indonesia dalam bagian cerita tersebut. Kira-kira, film apa lagi ya yang menyebut Indonesia? (*) 

Foto: Twitter

Artikel Terkait
Entertainment
'The Last of Us' Episode 1 Sudah Tayang di HBO, Serial Adaptasi Game Terkenal

Entertainment
3 Perbedaan Serial The Last of Us dengan Versi Gamenya  

Entertainment
Kenalan dengan Wajah Baru 'The Last of Us' Episode 3, Ada Bill dan Frank