Interest

Studi: Kucing Ternyata Bisa Mengenali Namanya Sendiri dan Nama Kucing Lain

Alda Alviani

Posted on January 23rd 2023

Studi baru-baru membuktikan bahwa kucing ternyata bisa mengenali namanya sendiri dan membedakannya dengan nama kucing lainnya.

Buat kamu yang pecinta kucing atau memelihara kucing di rumah, pasti pernah atau sempat kepikiran nih soal apakah kucing benar-benar bisa mengenali namanya. Sebab, saat namanya dipanggil, beberapa kucing ada yang merespons dan ada juga yang tidak merespons.

Berdasarkan penelitian Atsuko Saito dalam jurnalnya Domestic cats (Felis catus) discriminate their names from other words, ternyata kucing sebenarnya bisa mengenali namanya sendiri bahkan bisa mengenali nama kucing lain juga lho

Atsuko bersama 3 rekannya meneliti hal ini menggunakan metode habituasi-dishabituasi, yakni berdasarkan situasi atau kebiasaan dari si kucing. Hasilnya, kucing ternyata bisa mengenali nama mereka sendiri baik saat dipanggil oleh pemiliknya maupun oleh orang yang tidak dikenal. 

Baca Juga: 7 Kucing Paling Terkenal di Dunia Maya, Mulai dari Soleh sampai Kristina

Meskipun mengenali namanya, beberapa kucing ternyata hanya memberikan respons seperti gerakan telinga atau gerakan kepala saja, mirip dengan respons kucing yang tidak mengenali namanya. Respons inilah yang sebelumnya membuat orang-orang berpikir hewan berkaki empat yang satu ini tidak bisa mengenali namanya.

Tapi, beberapa kucing ada juga yang memberikan respons aktif, seperti bersuara, mengibas-ngibaskan ekor, atau bergerak ke arah sumber suara. Yang lebih mengejutkan, kucing yang terbiasa hidup di rumah yang memiliki banyak kucing ternyata juga bisa membedakan namanya sendiri dari kucing lainnya lho

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Berdampak Buruk ke Kucing Peliharaan

Dilansir The Science Breaker, kemampuan ini diperoleh kucing melalui interaksi sehari-hari dengan pemiliknya tanpa pelatihan khusus. Pemilik biasanya memanggil nama kucing saat melakukan hal yang menyenangkan (seperti memberi makan, membelai, dan lain-lain) atau hal yang tidak menyenangkan (seperti membawanya ke dokter, mandi, dan lain-lain). 

Dari interaksi itulah, kucing juga kemungkinan belajar membedakan namanya dengan kucing lainnya lewat nada suara dan tindakan yang menyertainya. Jadi, bisa dibilang kucing sebenarnya punya kemampuan untuk memahami ucapan manusia. Yah, walaupun responsnya memang gak bisa ditebak Hihi. (*)

Gambar: Nathalie Jolie on Unsplash

Artikel Terkait
Current Issues
Siapa Bilang Vape Tidak Lebih Bahaya daripada Rokok? Baca Nih Hasil Studinya

Interest
Alasan Pemerintah Australia Bunuh Jutaan Kucing Liar

Interest
Peneliti Menyebut Lagu Billie Eilish dan BTS Bisa Jadi Pengantar Tidur Terbaik