Current Issues

PT KAI Beri Diskon Tiket untuk Alumni Kampus-Kampus Ini, Begini Cara Belinya!

Sastia Ainun Ningdyah

Posted on January 23rd 2023

Ilustrasi kereta api eksekutif untuk perjalanan jauh

Ada kabar bahagia untuk penumpang kereta api dari alumni dan civitas akademik UGM, ITB, ITS, UNS, UNY, dan UNAIR nih. Buat kalian yang pernah kuliah di kampus tersebut, bisa menikmati diskon harga kereta api lho! Nggak cuma itu, civitas UI dan UNPAD juga bisa ikut membeli tiket dengan potongan harga yang sama.

Awalnya, kabar tiket KA diskon buat para alumni ini bermula dari video TikTok (@punya_cil) yang sempat viral dengan caption "Alumni UGM udah pada tau belum?”. Dalam video singkat berdurasi 24 detik itu, terlihat tata cara pembelian tiket menggunakan tarif reduksi untuk alumni UGM.

Menurut laporan Repository UGM, tiket ini tergolong dalam tiket KA reduksi. Yaitu potongan harga tiket yang didapatkan oleh golongan tertentu sehingga dapat membeli tiket kereta api di bawah harga normal.

Meskipun tidak terlalu banyak, diskon yang didapatkan sebesar 10%. Potongan harga ini cocok banget buat kalian yang suka travelling nih. Tapi kenapa hanya universitas yang disebutkan saja? Karena nama-nama universitas tadi sudah bekerja sama dengan PT KAI. Jadi sebelum kalian membeli, coba cek dulu apakah kampus kalian sudah bekerja sama dengan PT KAI.

Tarif ini berlaku untuk perjalanan KA jarak jauh dan menengah lho. Dan bisa digunakan untuk semua kelas kereta. Mulai ekonomi, bisnis, maupun eksekutif.

Cara Beli Tiket KAI Diskon 10%

Adapun pembelian tiket harus dilakukan melalui aplikasi KAI Access dengan memasukkan nomor reduksi yang telah didaftarkan sebelumnya melalui Loket, Customer Service, atau lokasi lainnya sesuai kerja sama antara KAI dan perguruan tinggi tersebut. Begini caranya:

1. Lakukan registrasi di Customer Service (CS) stasiun dengan melampirkan KTP atau kartu bukti diri sebagai civitas atau alumni perguruan tinggi yang bekerjasama dengan KAI.

2. Khusus para civitas wajib memiliki kartu bukti diri sebagai dosen dan tenaga pendidik yang tercantum Nomor Induk Pegawai (NIP) atau Nomor Induk Kepegawaian (NIK). Sedangkan untuk keluarga alumni kampus, wajib memiliki kartu anggota alumni atau kartu anggota digital yang tercantum nomor keanggotaan maupun ijazah.

3. Setelah melakukan registrasi di CS, calon pembeli harus mengunduh dan mengaktifkan aplikasi KAI Access.

4. Apabila proses registrasi aplikasi itu berhasil, pilihan diskon tarif secara otomatis akan tersedia di aplikasi KAI Access.

5. Pilihan menu reduksi cuma bisa didapatkan melalui aplikasi KAI Access saja. Dan tidak bisa diberikan melalui penjualan di loket stasiun.

Gampang banget kan? Perlu kalian tahu, saat proses boarding dan pemeriksaan di atas kereta, kalian wajib menunjukkan identitas asli atas hak reduksi. Untuk satu tiket hanya berlaku bagi satu penumpang hanya berhak atas tarif reduksi. Selamat mencoba! (*)

Baca Juga: KAI Buka Promo Imlek! Harga Tiket Eksekutif Cuma 200 Ribuan

 

Artikel Terkait
Interest
9 Universitas Terbaik Indonesia di Mata Dunia

Interest
Masih Bingung Mau Kuliah Jurusan Apa? Tips Berikut Mungkin Membantu

Current Issues
Yuk Kenali Enam Vaksin Covid-19 yang Bakal Digunakan di Indonesia