Esports

Lima Hero Paling Ditakuti Selama M4 World Championship, Mengapa?

Kiko Amalia Putri

Posted on January 23rd 2023

Hero Mobile Legends

Kejuaraan Dunia Mobile Legends: Bang Bang musim ini memang kerap memberikan kejutan. Banyak momen tidak terduga selama gelaran M4 World Championship yang telah bergulir pada 1-15 Januari 2023 silam. Setiap tim berusaha mengemas META terkini dengan versi yang berbeda sesuai dengan keperluan masing-masing.

Hal itu tentu sangat berpengaruh dari segi pemilihan hero. Biasanya, analisis dari masing-masing tim bertugas untuk membaca META atau strategi yang akan digunakan lawan. Tak jarang, mereka sudah melakukan analisa sejak jauh hari untuk mengetahui kekuatan lawannya.

Kemudian mereka bakal coba untuk menangkalnya dengan berbagai hero atau strategi yang telah dipersiapkan sebelumnya. Maka dari itu, respect ban menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan guna menutup kemungkinan lawan dalam menggunakan hero andalannya yang justru menyusahkan pergerakan tim masing-masing.

Menurut data statistik yang dirilis oleh laman liquipedia.net, terdapat banyak sekali hero yang menjadi langganan ban di gelaran Kejuaraan Dunia Mobile Legends: Bang Bang 2023. Dari sekian banyak data yang diperoleh, berikut lima hero yang paling ditakuti selama M4 World Championship:

1. Wanwan

Hero Wanwan

Wanwan menjadi satu-satunya hero dengan 100 persen ban and pick pada M4 World Championship. Artinya Wanwan selalu menjadi prioritas pick saat tidak di ban oleh lawannya. Bahkan tim yang memperoleh red side atau second pick tidak pernah mendapat kesempatan untuk mengamankan hero tersebut.

Selama gelaran M4 World Championship, Wanwan telah di ban sebanyak 93 kali dari total 102 match. Persentasenya mencapai 91,18 persen. Bertugas sebagai damage dealer utama dari sebuah tim membuatnya dikategorikan sebagai hero yang menyebalkan.

Terlebih dengan aksinya yang gesit serta skill ultimate-nya yang bernama Crossbow of Tang itu dapat melakukan penembakan secara terus-menerus ke arah lawan. Itulah mengapa Wanwan tergolong ke dalam hero yang paling ditakuti di M4 World Championship

2. Joy

Hero Joy

Joy merupakan hero assassin yang begitu menyeramkan. Baru saja dirilis pada 18 November 2022 silam, membuatnya masih cukup over power sehingga menjadi salah satu hero langganan ban di M4 World Championship.

Di balik penampilannya yang menggemaskan, Joy memiliki skill yang membuat lawan kesulitan saat bakal menghadapinya. Skill ultimate miliknya yang bernama Ha, Electrifying Beats! bisa memperoleh movement speed dan kebal dari efek slow.

Bahkan Joy dapat memberikan serangan kepada lawan disekitarnya hingga delapan kali. Tercatat Joy mendapatkan ban sebanyak 73 kali dengan persentase 71,57 persen dari total macth keseluruhan. Hal itu membuktikan bahwa kekuatannya musim ini masih belum tertandingi.

3. Kaja

Hero Kaja

Kaja menjadi hero berikutnya yang kerap ditakuti oleh lawannya. Dari 102 match yang berjalan di M4 World Championship, hero dengan role support/fighter itu mendapatkan 61 kali ban dengan persentase 59,80 persen.

RRQ Hoshi dan Falcon Esports menjadi tim yang paling sering menggunakan hero tersebut. Biasanya kedua tim tersebut kerap memainkan Kaja untuk melakukan penculikan terhadap salah satu damage dealer lawan. Adalah RRQ “VYN” dan FCON “Naomi” yang lihat menggunakan hero tersebut.

Penculikan tersebut merupakan efek dari skill ultimate Divine Judgment. Kaja dapat menarik hero lawan sembari memberikan total 300 magic damage dan melumpuhkannya selama kurang lebih 1,5 detik.

4. Gloo

Hero Gloo

Hero tank bewarna ungu pekat satu ini merupakan langganan pick dari para EXP Laner di M4 World Championship. Gloo mempunyai persentase kemenangan yang cukup baik sehingga kerap dijadikan sebagai langganan ban.

Selama gelaran Kejuaraan Dunia Mobile Legends: Bang Bang 2023, hero tersebut telah dilarang sebanyak 60 kali. Gloo juga menjadi salah satu hero yang menjadi proritas ban and pick dengan mencapai 98,04 persen. Dari 102 match yang tersedia, Gloo telah dipilih sebanyak 100 kali.

Blacklist Intenational menjadi tim esports yang paling sering menggunakan hero tersebut. BLCK “Edward” adalah yang berperan sebagai eksekutornya. Disusul dengan Falcon Esports, Incendio Supremacy, ONIC Esports, dan RRQ Hoshi.

Gloo memiliki pasif bernama Stick, Stick yang dapat mengeluarkan setumpuk sticky yang dapat mengurangi movement speed lawan serta skill ultimate-nya bisa menempel dengan salah satu hero musuh serta memberikan 80 persen damage yang diterimanya.

5. Fanny

Hero Fanny

Peringkat kelima kategoti hero yang paling ditakuti oleh lawan adalah Fanny. Salah satu hero assassin lawas yang sangat mengandalkan kecepatan dan ketepatan itu masih cukup ditakuti di META saat ini.

Selama kurang lebih dua pekan, penggunaan Fanny telah dilarang sebanyak 55 kali dengan persentase 53,92 persen dari total match keseluruhan. Hero ini memang begitu berbahaya karena dapat melakukan perpindahan lane dengan sangat cepat. Selain itu, Fanny juga dapat mengincar damage dealer utama lawan dengan mudah.

Biasanya Fanny digunakan oleh para jungler dari masing-masing tim. Dari data yang diperoleh, RRQ Hoshi, Falcon Esports, Team HAQ, ONIC Esports dan ECHO menjadi tim yang kerap menggunakan hero tersebut. RRQ “Alberttt” dan FCON “Kenn” merupakan dua pemain yang seringkali mengeksekusi Fanny di M4 World Championship.

Itu tadi sedikit ulasan mengapa hero-hero di atas cukup ditakuti pada gelaran M4 World Championship. Kalau menurutmu, hero apa saja sih yang cukup menyusahkan saat bermain Mobile Legends? (*)

Sumber: liquipedia.net

Artikel Terkait
Esports
Apa Saja Hero Paling Laris di M4 World Championship? Simak Yuk!

Esports
Falcon Esports Tekuk Blacklist International, Grup A Terpaksa Lakukan Tiebreaker

Esports
Bocoran Harga Sepatu yang Dipakai RRQ Hoshi di M4, Punya Clayyy Sampai 23 Juta!