Sport

5 Gadget yang Bisa Bantu Kalian Jago Main Basket

Tora Nodisa

Posted on January 23rd 2023

Foto: SIQ App

Percayalah, bahwa perlengkapan bola basket berteknologi tinggi bukan hanya untuk para pemain profesional. Karena sekarang, kalian juga bisa menggunakan gadget atau aplikasi ini untuk membantu meningkatkan kemampuan. Untuk kali ini kita akan membahas soal kemampuan bermain bola basket. 

Kalau ada seseorang yang jago main basket, maka alasannya hanya dua, yaitu di memang berbakat, atau dia berlatih keras. Tapi seperti quote yang tertulis di DBL Arena Surabaya, "Hard Work Beat Talent", maka percayalah, seseorang yang berlatih dengan keras akan mengalahkan mereka yang berbakat. 

Nah, dari sini, latihan keras tentu sangat membosankan, kalau dilakukan sendirian. Biasanya latihan dengan tim, itu jauh lebih menyenangkan. Namun cobalah beberapa gadget ini, yang nantinya bisa membuat latihan kalian lebih menyenangkan. Serta, manfaat yang penting adalah skill dan kemampuan basket kalian meningkat. 

1. Nike Adapt Basketball Shoes

Kita mulai dari yang paling simple, yaitu sepatu. Nike sebagai perusahaan perlengkapan olahraa terbesar merilis Nike Adapt, yang disebut-sebut sebagai "alas kaki masa depan". Karena dengan memakai sepatu ini, pemain tidak perlu khawatir tentang tali sepatu terlepas di tengah bertanding atau berlatih.

Nike FitAdapt Tecnology memungkinan sepatu tersebut pas di kaki pemakainya dengan hanya cukup memencet satu tombol, atau dengan menyambungkan ke gawai melalui bluetooth. Meski kalian nggak akan bisa jadi seperti Kyrie Irving, setidaknya dengan sepatu yang tepat, maka kaki akan lebih nyaman saat main basket. 

2. Hoop Tracker Smartwatch

Biasanya seorang pemain basket bergerak secara alami mengikuti naluri untuk mencari sisi terbaiknya. Misalnya, kalau dia memang jago di corner, maka secara alami dia akan berlari ke sudut untuk meminta bola, lalu melakukan tembakan. Tapi bagaimana kalau kita tidak tahu sisi lemah dan sisi kuat kita. Tenang aja, kali ini Hoop Tracker Smartwatch sudah ada. 

Bentuknya seperti jam tangan biasa. Tetapi ini merupakan gadget praktis yang dirancang untuk pemain bola basket yang melacak atau merekam berbagai titik data selama pemain tersebut di lapangan. Baik saat latihan atau pertandingan. Dia bisa membaca titik-titik mana saja yang sering kalian singgahi, dan menghitung seberapa bagus kalian ada di situ. Misalnya titik three point, free throw, atau tembakan perimeter. 

Dengan menggunakan alat ini maka latihan kalian akan lebih fokus ke titik terkuat. Sehingga kalian akan semakin jago di titik tersebut. Sementara di sisi lain, kalian harus melatih titik lemah, sehingga bisa main basket dengan sempurna. 

3. Spalding SmartShot

Bagian paling sulit untuk diatasi dari seorang pemain basket adalah form, atau yang dikenal sebagai gaya seorang pemain basket. Ini sangat erat kaitannya dengan mekanika tubuh. LaMelo Ball, bintang Charlotte Hornets, saat melakukan tembakan sedikit memiringkan tangannya. Tapi apakah kalian bisa meniru? Sebaiknya jangan, karena itu salah dan akan berhubungan erat dengan struktur tubuh manusia. 

Beberapa orang percaya, bahwa bermain basket punya kaitan erat dengan kedisiplinan dalam melakukan gerakan. Semakin dia disiplin dalam gerakan tersebut, maka semakin besar bisa melakukan gerakan dengan sempurna. Nah, kali ini Spalding melengeluarkan gelang bernama Smart Shot. 

Smart Shot dirancang untuk dikenakan di sekitar lengan bawah lengan mana pun yang kalian gunakan untuk menembak. Alat ini dilengkapi dengan akselerometer multi-sumbu yang memantau ayunan lengan dan sensor visual dan audio untuk memberi tahu kalian saat lengan tidak sejajar selama tembakan. Tujuan menggunakan perangkat ini adalah untuk melatih kalian lebih sempurna dalam melakukan gerakan menembak. 

4. ShotTracker System

ShotTracker System terdiri dari tiga bagian, yaitu bola basket pintar, sensor pemain, dan jangkar yang dipasang di kasau atau jaring ring. Ini adalah jenis sistem yang ingin digunakan sebuah tim untuk meningkatkan kinerja setiap pemain serta kinerja tim secara keseluruhan.

Bola pintar terlihat dan terasa seperti bola lain yang mungkin Anda gunakan karena ShotTracker menyematkan teknologi bola pintarnya ke dalam bola yang dibuat oleh Spalding, Wilson, dan Under Armour. Sensor pemain lebih kecil dan lebih ringan dan bisa dikenakan oleh setiap anggota tim. Sementara itu, jangkar yang dipasang di kasau dapat melacak bola dan pemain secara bersamaan setiap detik di setiap pertandingan. 

Dengan memasukkan semua data yang dikumpulkan ke dalam perangkat lunak ShotTracker, kalian dapat melihat semuanya mulai dari skor kotak hingga bagan zona secara real time. Hal ini memungkinkan pelatih membuat keputusan menggunakan data langsung untuk diterapkan dalam timnya. 

5. Smart Basketballs

Smart Basketballs adalah salah satu gadget buatan Siq Basketball yang saat ini lazim digunakan oleh pemain untuk berlatih secara individu. Ini terlihat seperti bola biasa, tetapi menyembunyikan sensor yang memungkinkan untuk melacak pergerakan dan merekam berbagai statistik dan data kinerja saat kalian bermain. 

Sensor dapat mengukur kecepatan, jarak, dan lengkungan tembakan, serta jumlah rebound, operan, dan tindakan lain yang terjadi di lapangan. Aplikasi Siq Basketball bahkan merekam metrik seperti jarak tembakan, laju putaran, dan sudut pelepasan.

Data yang dikumpulkan oleh bola basket pintar dapat dikirim ke smartphone atau perangkat lain, yang dapat dianalisis dan digunakan untuk membantu kalian jadi lebih jago lago. Smart Basketball dapat menjadi alat pelatihan yang berguna untuk pemain dari semua tingkatan. Dan, yang pasti biayanya tidak semahal empat alat di atasnya. (*)

Artikel Terkait
Sport
Sitha Marino: Warga Negara Italia yang Ingin Membela Timnas Indonesia

Sport
Setelah Lama Tamat, Slam Dunk Kembali Lewat Anime Movie

Sport
Tundukan Amerta Hangtuah, Satria Muda Pertamina Juara Piala Presiden 2019