Esports

Apa Saja Hero Paling Laris di M4 World Championship? Simak Yuk!

Kiko Amalia Putri

Posted on January 22nd 2023

Hero Mobile Legends

Pagelaran M4 World Championship memang telah usai sejak 15 Januari 2023 silam. Setelah berjalan kurang lebih dua pekan, kompetisi Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) paling prestisi di dunia itu menghadirkan cukup banyak pertandingan seru sekaligus mengharukan yang membekas di hati para pecintanya.

Begitu panjang perjalanan dari 16 tim yang bertanding. Laga sengit nan penuh drama juga tersaji di M4 World Championship. Lantaran setiap tim bakal berusaha untuk mengerahkan strategi terbaik demi titel juara dunia.

Alhasil fase ban and pick menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam dunia kompetisi Mobile Legends. Pasalnya setiap tim dapat mengatur strateginya masing-masing dengan memilih komposisi hero yang sesuai. Itulah mengapa ban and pick begitu penting dan dijadikan sebagai pondasi utama sebelum memulai pertandingan.

Dalam kompetisi M4 World Championship, tercatat sebanyak 72 hero telah digunakan. Pemilihan hero tersebut tentu memiliki pengaruh besar bagi public yang juga bermain Mobile Legends. Lantaran strategi yang dimainkan oleh para tim esports profesional tentu erat kaitannya dengan META terbaru dengan menyesuaikan patch yang ada.

Oleh karena itu, tidak usah berlama-lama lagi berikut daftar lima hero yang paling sering digunakan selama gelaran M4 World Championship:

1. Karrie 

Hero Karrie

Karrie menjadi salah satu hero marksman yang paling laris di M4 World Championship. Selain menjadi incaran, Karrie juga menjadi salah satu hero yang kerap mendapatkan langganan ban. Pasalnya hero tersebut baru saja memperoleh buff pada update patch 1.7.44 dengan menurunkan cooldown skill kedua dan ultimate-nya.

Jika sebelumnya ultimate atau skill ketiga Karrie mempunyai cooldown selama 40 detik, kini diturunkan menjadi 35 detik. Sementara skill keduanya yang dari 5-3 detik berubah lebih cepat menjadi 4.5-2.5 detik.

Berkaca dari statistik yang diluncurkan oleh laman liquipedia, sepanjang kompetisi M4 World Championship Karrie telah digunakan hingga 50 kali dengan 28 kali kemenangan dan 22 kali kekalahan. Winrate-nya pun cukup tinggi, di mana sampai menyentuh angka 56 persen.

ECHO Philippines menjadi salah satu tim yang paling sering menggunakan Karrie. Tercatat sang juara M4 World Championship itu turut mengamankan hero tersebut sebanyak sembilan kali. “Bennyqt” lah yang dipercaya untuk mengeksekusinya. Disusul dengan The Valley sebanyak delapan kali dan Blacklist International sebanyak tujuh kali.

2. Fredrinn

Hero Fredrinn

Fredrinn merupakan hero tank/fighter yang baru saja dirilis pada 12 Agustus 2022 lalu. Meski tergolong baru, namun kekuatannya tidak diragukan lagi. Terbukti ia berhasil masuk ke dalam kategori hero yang paling sering diincar. Biasanya Fredrinn laku keras di posisi jungler.

Hero dengan julukan Rogue Appraiser begitu kuat di early game bahkan late game. Bahkan ia juga memiliki pasif bernama Crystalline Armor di mana dapat mengembalikan HP yang hilang. Hal itu menjadi salah satu faktor mengapa Fredrinn menjadi hero yang paling laris kedua di M4 World Championship.

Lagi-lagi ECHO Philippines menjadi tim yang paling sering menggunakan hero tersebut. Total sebanyak 11 kali dan hanya mengantongi satu kekalahan. Statistik tersebut membuktikan bahwa Fredrinn masih sangat efektif digunakan dalam skena kompetitif.

Jika dilihat secara keseluruhan, hero tank/fighter itu telah digunakan sebanyak 50 kali dengan 27 kali kemenangan dan 23 kali kekalahan. Alhasil winrate-nya masih menyentuh angka 54 persen.

3. Yve 

Hero Yve

Yve menjadi salah satu hero mage yang paling menyatu dengan META saat ini. Pasalnya Yve dipercaya cukup efektif untuk menangkal hero-hero marksman yang belakangan ini juga marak digunakan.

Terlebih Yve juga memiliki jarak ultimate yang sangat luas dan membuat laju lawan melambat. Hal itu membuatnya dikategorikan sebagai hero highground yang sangat kuat setelah Pharsa, serta menguntungkan saat teamfight.

RRQ “Clayyy” menjadi pemain yang paling sering menggunakan hero tersebut. Dari 48 kali total penggunaan selama M4 World Championship, midlaner RRQ Hoshi itu mengeksekusinya sebanyak delapan kali dan berhasil membawa lima kali kemenangan.

Selanjutnya ECHO Philippines menduduki peringkat kedua dengan penggunaan hero Yve terbanyak. Disusul dengan ONIC Esports, The Valley, dan Blacklist International. Winrate dari Yve pun cukup besar musim ini, di mana masih mencapai angka 52,08 persen dengan 25 kali kemenangan dan 23 kali kekalahan.

4. Beatrix

Hero Beatrix

Beatrix menjadi salah satu hero marksman yang tingkat populatitasnya masih terus di atas. Bahkan di M4 World Championship, Beatrix masih menduduki lima besar hero yang paling sering digunakan. Dari 42 kali pemakaian, tercatat 18 kali menang dan 24 kali kalah. Adapun persentase kemenangan mencapai 42,86 persen.

Alasan mendasar dari seringnya penggunaan Beatrix karena memiliki damage yang besar dan attack speed yang tinggi. Dengan begitu, Beatrix menjadi cukup menguntungkan dalam melakukan teamfight dan clear minion.

RRQ Hoshi kembali menjadi salah satu tim yang gemar menggunakan Beatrix. “Skylar” merupakan pemain yang memiliki kemampuang sangat baik dalam mengeksekusinya. Goldlaner RRQ Hoshi itu dikenal seringkali menggunakan Beatrix sejak MPL Season 9.

Bahkan di Kejuaraan Dunia Mobile Legends kali ini, ia kembali menggunakannya sebanyak sembilan kali dan membuahkan enam kemenangan bagi skuad kebanggaannya. Disamping itu, selama M4 World Championship BLCK “OHEB” sang Goldlaner Blacklist International juga turut mengamankan Beatrix sebanyak enam kali.

5. Valentina

Hero Valentina

Hero terakhir yang begitu banyak digunakan adalah Valentina. Salah satu mage sangat digandrungi itu kembali ramai di M4 World Championship. Kehebatan dari Valentina adalah ultimate-nya bernama I Am You yang dapat meniru skill ultimate lawan.

Valentina sangat bagus jika disandingkan dengan hero lawan seperti Estes, Faramis, dan berbagai hero lainnya karena bakal menduplikat ultimate musuh yang sangat menguntungkan bagi timnya. Pasalnya Valentina dapat menjadi ancaman yang berat bagi lawan jika berada di tangan yang tepat.

Musim ini, Valentina telah digunakan sebanyak 41 kali dengan 21 kali kemenangan dan 20 kali kekalahan. Adapun winrate-nya mencapai 51,22 persen.

Falcon Esports menjadi tim yang paling sering menggunakan hero Valentina. Dari delapan kali eksekusi, sukses memberikan enam kali kemenangan bagi timnya. Di posisi selanjutnya terdapat Blacklist International dengan lima kali pick, Occupy Thrones dengan empat kali pick, Todak dan The Valley dengan tiga kali pick. (*)

Sumber: liquipedia.net

Artikel Terkait
Esports
Lima Hero Paling Ditakuti Selama M4 World Championship, Mengapa?

Esports
Sudah Dekat! Berikut Roster Lengkap Para Peserta M4 World Championship

Esports
Falcon Esports Tekuk Blacklist International, Grup A Terpaksa Lakukan Tiebreaker