Interest

Rekomendasi Restoran Tradisional Terbaik di Indonesia Menurut TasteAtlas

Dwiwa

Posted on January 22nd 2023

Indonesia tidak hanya terkenal akan wisata alamnya yang indah, tetapi juga keberagaman kuliner yang memanjakan lidah. Setiap daerah di Indonesia selalu memiliki makanan dengan citarasa istimewa yang sering dirindukan orang yang pernah mencicipinya.

Nah, baru-baru ini, laman TasteAtlas baru saja merilis daftar restoran tradisional terbaik yang ada di Indonesia. TasteAtlas sendiri merupakan sebuah situs yang memberikan panduan terkait kuliner, termasuk makanan, minuman hingga bahan-bahan lokal dari seluruh dunia.

Berikut 15 rekomendasi restoran tradisional terbaik di Indonesia yang wajib dikunjungi para pecinta kuliner.

1. Warung Mak Beng, Sanur

Jika kamu sedang berlibur ke Bali, khususnya Sanur, jangan lupa untuk mampir ke Warung Mak Beng. Tempat makan yang sudah ada sejak 1941 ini hanya menyediakan nasi, ikan goreng, dan sup ikan. Meski begitu, rasa makanan yang disajikan otentik sehingga mampu memanjakan lidah.

2. Lapo Marpadotbe, Jakarta

Siapa bilang di Ibu Kota hanya ada restoran dengan citarasa internasional. Jika kamu ingin menikmati makanan khas Batak, cobalah mampir di Lapo Marpadotbe. Di sini juga menyediakan berbagai menu dengan daging babi.

3. 1945 Restaurant, Jakarta

Tempat makan ini terletak dilantai 3 Hotel Fairmont. Ada banyak menu yang bisa kamu coba di restoran ini, dan salah satu menu yang wajib kamu coba adalah sayur asem.

4. Soto Kadipiro, Bantul

Tempat makan yang telah berdiri sejak 1921 ini merupakan salah satu soto legendaris yang ada di Yogyakarta. Soto di tempat ini memiliki kuah bening dan rasa kaldu yang gurih. Warung soto ini dapat kamu temukan di 12 lokasi di DI Yogyakarta.

5. Soto Ayam Cak To, Surabaya

Tidak hanya di Jogja, Soto Ayam Cak To di Surabaya juga bisa menjadi salah satu tujuan wisata kulinermu. Soto yang disajikan di tempat ini merupakan soto lamongan dengan cita rasa kaldu dan bumbunya yang memuaskan lidah.

6. Gudeg Sagan, Yogyakarta

Sebagai  makanan khas dari DI Yogyakarta, gudeg wajib dicicipi saat berkunjung. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Gudeg Sagan yang terletak di Jl. Prof Doktor Herman Yohanes, Nomor 53, Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

7. Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku, Ubud

Tempat makan yang berdiri sejak 1963 ini menyajikan makanan sederhana tetapi menggugah selera. Menu utama yang menjadi andalan di restoran ini adalah nasi ayam. Meski sederhana, tetapi perpaduan bumbu Bali dan makanan pendampingnya membuat rasa yang dihasilkan jadi istimewa.

8. Asinan Betawi H. Mansyur, Jakarta

Lebih dikenal sebagai Asinan Kamboja, tempat makan legendaris milik Haji Mansyur ini menyediakan asinan sayuran dan buah khas Betawi. Lokasinya terletak di jalan Taman Kamboja Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

9. Sate Babi Bawah Pohon, Kuta

Buat kamu yang doyan makan daging babi dan sedang berkunjung ke Bali, Sate Babi Bawah Pohon bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Di tempat makan yang terletak di Kabupaten Badung, Bali ini, Sate Babi merupakan menu yang paling banyak dicari pengunjung.

10. Soto Ayam Ambengan Pak Sadi, Surabaya

Tempat makan yang terletak di jalan Ambengan ini awalnya merupakan soto pikulan yang dijajakan keliling kampung. Keistimewaan dari soto ini terletak pada penggunaan rempah-rempah dan resep rahasia yang tak berubah sejak puluhan tahun lalu.

11. Warung Nasi Be Tutu, Ubud

Tempat makan ini terletak di Jl. Raya 35, Ubud, Bali. Salah satu makanan yang bisa dicoba adalah bebek goreng.

12. Bebek Tepi Sawah, Ubud

Tempat makan yang ada sehak 1990 ini menyajikan berbagai menu yang siap memanjakan lidah. Selain makanan khas Bali dan Indonesia, Bebek Tepi Sawah juga m.enyajikan masakan barat kontemporer.

13. Soto Betawi Haji Husen, Jakarta

Jika sedang di Jakarta, jangan lupa mampir ke Soto Betawi Haji Husen. Di tempat makan ini kamu bisa mencicipi semangkuk soto betawi yang gurih dan memanjakan lidah. Sebagai salah satu warung legendaris di Jakarta, tempat makan ini sudah ada sejak 1988.

14. Bubur Ayam Barito, Jakarta

Bubur Ayam Barito juga wajib kamu kunjungi jika sedang berada di Jakarta. Bubur ayam ini diberi topping potongan ayam dan cakwe serta kerupuk. Hal yang membuatnya istimewa adalah keberadaan cheese stick yang membuat rasanya jadi lebih nikmat.

15. Bakso Alex, Surakarta

Pecinta bakso yang sedang berada di Surakarta juga bisa merapat ke Bakso Alex. Menu favorit di warung bakso ini adalah bakso urat. Tetapi jika kamu tidak terlalu suka, ada juga bakso halus yang bisa dinikmati.

Kira-kira, tempat makan mana nih yang sudah pernah kamu coba? (*)

Foto: Taste Atlas

Artikel Terkait
Interest
3 Kuliner ‘Mblusuk’ di Surabaya Yang Wajib Kamu Tahu

Interest
Malam-malam Laper? Bikin Pizza dari Mie Instan Aja, tapi Jangan Keseringan!

Interest
Bikin Kimchi Yuk! Kandungannya Bisa Tingkatkan Imunmu loh