Interest

Sejarah Hari Pejalan Kaki Nasional 22 Januari, Diawali Kisah Pilu di Tugu Tani

Dwiwa

Posted on January 22nd 2023

Tahu nggak sih kalau tanggal 22 Januari 2023 bukan hanya diperingati sebagai Chinese New Year, tetapi juga sebagai Hari Pejalan Kaki Nasional? Peringatan ini ditetapkan oleh Koalisi Pejalan Kaki guna mengenang peristiwa tragis yang terjadi pada 22 Januari 2012 di kawasan Tugu Tani, Jakarta Pusat.

Kala itu, seorang pengemudi mobil bernama Afriyani Susanti secara ugal-ugalan berkendara di jalan raya dan menabrak pejalan kaki di trotoar kawasan tersebut. Sebanyak 8 orang korban tewas di tempat, 1 korban di rumah sakit, dan 3 lainnya mengalami luka serius. Halte bus di depan Gedung Kemendag pun mengalami kerusakan.

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan polisi terungkap jika Afriyani ternyata mengemudi dalam keadaan mabuk. Polisi mengungkapkan bahwa dia bersama tiga rekannya sempat mengonsumsi narkoba dan menenggak alkohol beberapa saat sebelum kejadian tragis tersebut.

Akibat kelalaiannya, Afriyani mendapatkan vonis 15 tahun penjara karena terbukti melanggar pasal 311 ayat 5 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Vonis ini lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut umum yang mengajukan hukuman 20 tahun penjara.

Peristiwa tragis yang terjadi 11 tahun lalu ini sudah sepatutnya menjadi pengingat bagi kita untuk selalu menghormati dan menghargai hak para pengguna jalan, termasuk pejalan kaki. Keselamatan dan keamanan pejalan kaki sendiri telah dijamin oleh undang-undang dan aturan turunannya.

Pejalan kaki juga dianggap bagian dari pergerakan lalu lintas karena aktivitasnya bergerak. Karena itu, mereka juga memiliki hak dan kewajiban dalam berlalu lintas, serta berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung, salah satunya trotoar.

Sayangnya, kesadaran pengguna jalan akan hak-hak pejalan kaki ini masih perlu ditingkatkan. Sering kita jumpai di berbagai kota besar, para pengguna sepeda motor mengemudi di trotoar untuk menghindari macet. Selain itu, fasilitas pejalan kaki yang tersedia saat ini juga masih belum semuanya nyaman untuk digunakan.

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Masih Bingung Libur Chinese New Year Mau Ngapain? 8 Aktivitas Ini Bisa Dicoba

Interest
10 Fakta Soal Chinese New Year

Interest
5 Mitos Tahun Baru Imlek Beserta Kisahnya