Lifestyle

Remaja Wajib Tahu! Ini Tanda-Tanda Penggunaan Media Sosial Kamu Tidak Sehat

Dwiwa

Posted on January 21st 2023

Media sosial telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari banyak orang, entah itu untuk masalah pekerjaan, terhubung dengan keluarga dan teman, atau hanya sekadar mencari hiburan. Meskipun media sosial bisa membuat orang terhibur dan terhubung dengan belahan dunia lain, namun sangat mudah bagi kita untuk menjadi candu dan menghabiskan lebih banyak waktu di sana.

Dan kabar buruknya, sejumlah studi telah mengungkap adanya efek buruk kecanduan media sosial bagi kesehatan. Nah, jika saat ini kamu sedang khawatir soal hal itu, berikut 5 tanda penggunaan media sosial yang tidak sehat seperti dilansir dari Best Life.

1. Kepercayaan pada kemampuan diri sendiri menurun

Media sosial sering menampilkan gambar teman atau orang lain yang telah difilter dan diedit. Kulit sempurna bebas jerawat yang terlihat pada teman semasa kecilmu mungkin terlihat lebih menawan dari kenyataan, tetapi sulit untuk tidak membandingkannya dengan kulit sendiri. Orang-orang hanya menunjukkan hal-hal penting dalam hidup mereka di media sosial, tetapi melihat liburan mewah seseorang ke luar negeri atau makan enak di restoran mewah bisa membuat kita merasa berkecil hati.

"Tidak ada salahnya melihat teman, selebritas, dan entertainer kita memposting foto selfie ke akun media sosial mereka, tetapi kamu tidak boleh merasa rendah diri sebagai hasilnya," kata Sai Blackbyrn, pelatih media sosial dan CEO dari Coach Foundation. "Mungkin berbahaya bagi kesejahteraanmu jika apa yang terlihat di media sosial memprovokasi atau memicumu."

Penting untuk mengingatkan diri sendiri bahwa apa yang terlihat di media sosial bukanlah kehidupan nyata. Berhentilah sejenak saat kamu mulai merasa harga dirimu terpengaruh oleh hal tersebut.

2. Mengalami masalah tidur

Menggulir feed Instagram atau Facebook sebelum tidur adalah hal yang wajar. Tetapi ini bisa menjadi masalah jika berdampak negatif pada jadwal tidurmu.

"Jika kamu sulit tidur karena media sosial, itu adalah gejala penggunaan yang berbahaya," kata Blackbyrn. "Gejala-gejala ini, seperti kesulitan meletakkannya sebelum tidur atau bangun di tengah malam untuk memeriksanya, menunjukkan bahwa kamu telah membentuk pola yang tidak sehat."

National Sleep Association menyarankan untuk meletakkan ponselmu setidaknya 30 menit sebelum tidur untuk memastikan tidur malam yang lebih baik. Mereka mengatakan perangkat elektronik memancarkan cahaya biru terang yang dianggap oleh otak sebagai sinar matahari, menipunya untuk menunda tidur, dan membuatmu terjaga lebih lama dari yang diinginkan.

3. Tidak bisa berhenti scrolling

Salah satu tanda utama bahwa penggunaan media sosialmu menjadi tidak sehat adalah ketika kamu tidak dapat berhenti menggulir, tidak peduli seberapa banyak kamu mencoba mengalihkan perhatian darinya.

"Meskipun berkirim pesan adalah sesuatu yang paling sering kita lakukan dengan ponsel, media sosial adalah yang kedua," kata Rachel Eddins, LPC dan direktur eksekutif Eddins Counseling. "Sebagian besar dari kita memiliki dua hingga tiga akun media sosial yang kita periksa secara teratur. Jika kamu selalu menundukkan kepala dan memeriksa akunmu meski hanya sedetik, penggunaan media sosialmu mulai menjadi tidak sehat."

4. Lebih banyak menggunakan media sosial dibanding berinteraksi dengan orang sungguhan

Mungkin sudah waktunya untuk memantau penggunaan media sosial jika kamu lebih sering menggunakan ponsel atau laptop daripada interaksi manusia yang sebenarnya. Sejak puncak pandemi telah berlalu, semakin penting untuk terhubung dan berbagi pengalaman manusiamu dengan orang lain.

"Kamu mungkin kehilangan komponen penting dari sosialisasi yang sehat jika kamu tidak bertemu teman secara langsung sesering dulu dan malah hanya membaca postingan online mereka," kata Blackbyrn.

Dia menambahkan, mungkin sudah waktunya untuk memeriksa diri sendiri untuk memastikan penggunaan jejaring sosialmu tidak menggantikan kontak tatap muka.

Menjadi seorang introvert adalah hal berbeda, namun jika kamu menghindari hubungan antarmanusia demi perangkat elektronikmu, mungkin inilah saatnya untuk mengambil langkah mundur dan mengevaluasi hubunganmu dengan media sosial.

5. Hubunganmu kacau

Jika hubunganmu dengan orang penting, teman, atau keluarga menjadi kacau, itu adalah tanda bahaya besar bahwa kamu lebih terikat pada media sosial daripada kenyataan.

"Hubungan mungkin mengalami konsekuensi berbahaya dari media sosial," kata Blackbyrn. "Hubungan terdekatmu akan rusak jika orang yang kamu cintai menuduhmu menghabiskan lebih banyak waktu di media sosial daripada bersama mereka."

Kira-kira, ada tanda-tanda di atas yang sedang kamu alami nggak nih?

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Kalian Tak Bisa Lepas Dari Sosial Media? 4 Langkah Ini Mungkin Bisa Membantu

Lifestyle
Makin Banyak Orang Oversharing di Medsos, Apa Sih Penyebabnya?

Lifestyle
Sambut Tahun Baru, Ini Resolusi Kesehatan yang Harus Kalian Buat di 2022