Hobi

10 Film Dokumenter Netflix Ini Sempat Trending di Media Sosial

Sastia Ainun Ningdyah

Posted on January 20th 2023

Ilustrasi film dokumenter Netflix yang sempat viral di media sosial

Netflix menghadirkan banyak genre film di platform-nya. Salah satu genre paling populer dan sering ditonton adalah film dokumenter.

Dokumenter Netflix selama ini banyak menayangkan suatu peristiwa penting yang terjadi. Mulai dari fenomena alam hingga sosial. Kalau kamu suka dengan jenis film tersebut, berikut 10 rekomendasi film dokumenter di Netflix yang sempat trending di berbagai media sosial.

Our Father

Our Father merupakan salah satu film yang memuktikan bahwa terkadang kebenaran bisa jadi lebih menyeramkan daripada cerita fiksi. Bagaimana tidak, Our Father mengisahkan tentang seorang dokter kesuburuan bernama dr. Donald Cline yang dikenal sangat keji.

Ia memasukkan sel spermanya kepada pasien yang berkonsultasi kepadanya. Menurutnya, aksi itu merupakan temuan baru. Namun, malah membuatnya menjadi seorang bapak dari 94 anak. Ngeri banget, kan?

The Tinder Swindler

The Tinder Swindler merupakan sebuah dokumenter yang menceritakan seorang pria bernama Simon. Ia melancarkan aksi penipuannya lewat Tinder.

Simon melakukan penipuan terhadap sejumlah wanita yang ditemuinya lewat aplikasi dating tersebut. Film ini mengungkap kebenaran dari kisah nyata kejahatan yang dilakukan oleh Simon.

Dengan branding seorang pria tampan, kaya, dan mapan, Simon berhasil membuat semua wanita terkesima dengan semua pencapaian hebatnya. Tak disangka, para wanita itu hanya termakan bujuk rayu dan perhatiannya. Kabarnya, ia bebas dalam kasus mengerikan ini.

American Murder: The Family Next Door

Salah satu kisah true crime dapat kamu saksikan di film dokumenter American Murder: The Family Next Door. Kisah kriminal ini dimulai oleh Chris Watts, seorang pria 35 tahun yang dikenal sosok yang penyayang. Tapi ia tega membunuh istrinya yang tengah hamil serta kedua anak perempuannya.

Film dokumenter ini menampilkan beberapa rekaman video mentah yang digunakan selama masa investigasi sehingga dijamin akan memberikan perasaan tegang dan mencekam.

Downfall: The Case Against Boeing

Film ini berdasarkan tragedi jatuhnya pesawat Lion Air penerbangan 610 dari Indonesia dan Ethiopian Airlines penerbangan 302 dari Afrika Timur. Peristiwa tragis yang memakan ratusan korban jiwa ini ramai karena kedua pesawat merupakan milik perusahaan Boeing yang selama ini begitu terpercaya reputasinya.

Film ini mencari tahu penyebab kelalaian Boeing dalam menangani prosedur keamanan penerbangan serta bagaimana mereka menangani kasus tersebut. Kamu bisa menonton film ini di Netflix.

Baca Juga: 'Sweet Home Season 2' Segera Tayang, Begini Kata Netflix

Taylor Swift: Miss Americana

Film ini sangat cocok ditonton para penggemar Taylor Swift, pencinta musik, atau siapapun yang memiliki mimpi serupa untuk menjalani karir di dunia musik. Tentu saja, film ini mengintip perjalanan karir dari gemerlap kehidupan penyanyi pop, Taylor Swift.

Kamu bisa melihaat kompilasi video wawancara, rekaman konser serta beberapa peristiwa penting selama perjalanan karirnya. Semuanya dirangkum khusus bagi kamu pencinta penyanyi solo Red ini.

The Great Hack

The Great Hack merupakan film dokumenter garapan Jehane Noujaim dan Karim Amer. Film ini mengekspos skandal data Facebook-Cambridge Analytica yang menyalahgunakan data sosial media untuk kepentingan politik.

Cambridge Analytica merupakan sebuah perusahaan digital sekaligus tim pemenangan Donald Trump dalam eleksi kepresidenan AS. Buat kamu yang suka film hacker bertajuk politik, tonton aja di Netflix.

Conversations with a Killer: The Ted Bundy Tapes

Pencinta true crime pastinya tak boleh ketinggalan film dokumenter satu ini. Conversations with a Killer: The Ted Bundy Tapes merupakan film dokumenter karya sutradara Joe Berlinger yang menceritakan aksi keji pembunuh berantai terkenal, Ted Bundy.

Dirangkai dalam 4 episode, film ini menjelaskan kehidupan Ted Bundy secara terperinci. Sang sutradara juga menggabungkan arsip-arsip rekaman berisi keterangan Ted Bundy serta beberapa liputan beberapa testimoni dari para narasumber yang berhubungan langsung dengan kasus pembunuhan berantai Ted Bundy.

House of Secrets

Salah satu film dokumenter kejahatan nyata yang viral dari Netflix. Berfokus pada kematian aneh 11 anggota keluarga di satu rumah di Burari, Delhi, India pada tahun 2018, House of Secrets menggali teori di balik kasus bunuh diri/pembunuhan paling aneh dalam ingatan kita.

Dalam film ini, pembunuhan ini dilakukan oleh salah satu anggota keluarga yang diduga terkena dampak aliran sesat. Kamu bisa nonton aksi tegang sekaligus aneh dan bikin bertanya-tanya, apa yang sebenarnya terjadi. Bahkan, kreator konten horror/thriller, Nessie Judge, juga membahas film ini lho.

Who Killed Little Gregory

Who Killed Little Gregory adalah film dokumenter yang berfokus pada pembunuhan mengerikan yang terjadi kepada bocah Grégory Villemin. Ini bisa dibilang salah satu film dokumenter kriminal sejati terbaik di Netflix.

Tak hanya menceritakan tentang pembunuhan dan upaya menangani kasus itu, tetapi juga pelajaran dalam representasi media dan seksisme mengerikan yang harus dihadapi ibu Grégory setelah pembunuhan putranya.

Homecoming: A Film By Beyoncé

Terakhir, Homecoming: A Film By Beyoncé merupakan salah satu film dokumenter terbaik yang disutradarai oleh Beyoncé dan Ed Burke. Film ini menampilkan latihan dan cuplikan langsung penampilan Beyoncé di Coachella 2018. Homecoming: A Film By Beyoncé menyampaikan pesan penting tentang percaya pada diri sendiri dan mengejar impian.(*)

Foto: CNET

Artikel Terkait
Sport
11 Rekomendasi Film Bertema Sepak Bola Apik yang Wajib Ditonton

Interest
3 Film Romance yang Ikonik, Bisa Jadi Tontonan Valentine Day

Interest
5 Rekomendasi Film Horror yang Mirip 'Amityville: The Awakening'