Tech

Instagram Rilis Fitur Baru ‘Quiet Mode’ Biar Tak Mudah Terdistraksi 

Soffya Ranti

Posted on January 20th 2023

Instagram terus memberikan pengalaman terbaik pada penggunanya. Salah satunya dengan munculnya beragam fitur anyar mereka. Baru-baru ini aplikasi itu resmi meluncurkan fitur ‘Quiet Mode’. 

Dilansir dari Screenrant,Quiet Mode’ memungkinkan pengguna untuk mengambil waktu istirahat dari aplikasi. Ringkasnya ketika pengguna mengaktifkan ini maka tidak ada notifikasi yang muncul di layar. 

Kita tahu bahwa terkadang notifikasi-notifikasi yang muncul di ponsel tanpa sadar menimbulkan distraksi tersendiri. Akibatnya produktivitas pun terganggu. 

Baca Juga: Instagram Rilis Reels di Beberapa Negara, Seberapa Mirip Dengan TikTok?

Dilansir dari blog resminya, fitur ‘Quiet Mode’ membantu pengguna fokus dan mampu menyesuaikan jam ‘Quiet Mode’ sesuai keinginan. Misalnya saja kamu baru bersantai puku 18.00 ke atas. Maka kamu dapat mengatur ‘Quiet Mode’ hingga batas waktu tersebut.  

Ketika pengguna mengaktifkan fitur tersebut, pada bio profil pengguna akan muncul keterangan ‘in quiet mode’ yang menunjukkan bahwa pengguna tidak aktif di aplikasi. Bio profil juga akan tersemat ikon bulan sabit di bagian bawah foto profil pengguna. 

Serta jika seseorang mengirim Direct Messages (DM), Instagram akan mengirimkan balasan otomatis yang berbunyi “[nama pengguna] wasn't notified about this message because they're in quiet mode.” 

Sayangnya fitur ini masih hanya bisa digunakan untuk beberapa negara saja. Beberapa negara yang sudah bisa mencobanya adalah Australia, Kanada, Irlandia, Selandia Baru, Amerika Serikat, dan Inggris Raya. 

Kendati demikian Instagram akan terus melakukan pembaruan dan memperluas fitur ini ke beberapa negara lainnya. Tentu saja termasuk Indonesia.

Baca Juga: Instagram Uji Coba Sembunyikan Fitur 'Like' di AS Minggu ini

Cara mengaktifkan fitur Quite Mode

Masuk ke profil Instagram Anda 

Pilih menu tiga garis  pojok kanan atas profil 

Pilih “Pengaturan/Settings”  

Selanjutnya klik “Notification/Notifikasi” 

Pilih “Quite Mode” dan geser tombol ke kanan untuk mengaktifkannya  

Selanjutnya atur waktu mode diam yang dipilih. Instagram membatasi durasi ‘Quite Mode’ hingga 12 jam. (*) 

Artikel Terkait
Tech
Instagram Uji Coba Fitur Stiker Auto-Caption di Story, Ubah Audio Jadi Subtitle

Tech
8 Update Direct Message Instagram Mulai dari Emoji Custom sampai Mode Menghilang

Tech
Makin Mudah, Kini Pengguna Instagram Bisa Kumpulkan Donasi Saat Siaran Live