Tech

Apple Bakal Rilis iOS 16.3, Banyak Fitur Baru yang Update Minggu Depan

Sastia Ainun Ningdyah

Posted on January 20th 2023

Ilustrasi iOS 16.3 yang Bakal Rilis Minggu Depan

Kabar terbaru datang dari perusahaan Apple yang bakal meluncurkan pembaruan sistem operasi iOS 16.3 dengan membawa sejumlah perbaikan. Pembaruan iOS 16.3 akan hadir pada pekan depan bertepatan dengan hadirnya macOS Ventura 13.2 untuk MacBook.

Sebulan setelah versi Beta pertama dirilis, iOS 16.3 versi Beta kedua kini diluncurkan ke pengembang untuk tujuan pengujian. Pengembang yang terdaftar bisa meng-instal profil Beta iOS 16‌.3 dari Apple Developer Center. Nantinya, pembaruan ini akan fokus pada perbaikan bug yang sering dikeluhkan pengguna pada versi sebelumnya.

Pembaruan iOS 16.3 akan menghadirkan beberapa fitur baru yang menarik lho.Tak hanya itu, perilisan versi baru ini juga menjadi solusi dari permasalahan pada versi sebelumnya. Termasuk mengatasi keluhan dari beberapa pengguna yang menemukan garis horizontal saat ponsel mereka dinyalakan. Apa saja sih fiturnya? Simak di antaranya berikut ini.

1. Wallpaper Unity iPhone baru untuk layar kunci juga akan tersedia minggu depan. Sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan pada iPhone 8 dan yang lebih baru yang bisa menjalankan iOS 16.3.

2. Kunci keamanan untuk ID Apple yang lebih ketat. Nantinya, pengguna bisa menggunakan kunci keamanan iPhone yang berfungsi sebagai autentikasi lapisan kedua untuk ID Apple.

3. Widget di halaman utama yang ditarik setelah 16.2 kembali hadir dan sekarang akan menampilkan status widget yang lebih akurat.

4. Pengguna iPhone 14 sudah memiliki akses ke SOS Darurat melalui satelit jika mereka membutuhkan bantuan saat berada di lokasi terpencil, tetapi iOS 16.3 menambahkan dua cara baru untuk mengaksesnya.

5. Ada dukungan layanan agar bisa terhubung dengan perangkat baru Apple, yakni HomePod yang baru dirilis.

6. Fitur Call Quietly yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan darurat tanpa membunyikan alarm. Ini bisa digunakan pengguna dalam kondisi darurat dan bahaya.

Baca Juga: 3 Fitur yang Wajib Dicoba Pengguna iOS 16

Versi uji coba atau beta untuk iOS 16.3 ini ditujukan sebagai pembaruan baru untuk mengatasi bug wallpaper di lock screen yang terkadang tampak hitam. Sebelumnya, kasus tersebut ramai terjadi terutama pada beberapa pengguna iPhone 14 Pro Max saat melakukan restart atau menyalakan kembali ponsel mereka.

Selain itu, iOS 16.3 memperbaiki berbagai macam masalah pada Siri, Car Play, dan layar kunci iPhone. Pembaruan ini juga bertepatan dengan perilisan tampilan Apple Watch Unity 2023. So, kita tunggu update versi ini minggu depan ya!

Foto: unsplash

Artikel Terkait
Tech
3 Fitur yang Wajib Dicoba Pengguna iOS 16

Tech
Sistem Keamanan Apple "Kerjai" Penjarah di Apple Store

Tech
Fitur iPhone Terbaik yang Bisa Digunakan Saat Bepergian