Current Issues

Video Siswa SMP Berdansa Tuai Kritik, Cinta Laura Hingga Agnez Mo Beri Pembelaan

Dwiwa

Posted on January 18th 2023

Video dansa sepasang siswa SMP berseragam menghebohkan dunia maya dalam beberapa hari terakhir. Selain karena gerakan tarinya yang sangat memukau, video ini berhasil menarik perhatian karena adanya pro dan kontra yang muncul dari netizen.

Meskipun banyak yang memuji gerakan profesional dari kedua siswa SMP N 1 Ciawi ini, tidak sedikit pula yang memberikan kritikan terhadap mereka. Bahkan, ada yang menyebut jika apa yang dilakukan oleh kedua siswa tersebut menunjukkan adanya pengaruh budaya asing yang merusak generasi bangsa.

Tudingan miring yang ditujukan pada sekolah dan kedua siswa pun dijawab oleh SMP N 1 Ciawi. Berdasarkan klarifikasi pihak sekolah di akun Instagram @smpn1ciawi_bogor, ternyata kedua siswa tersebut merupakan atlet cabang olahraga dance sport dan pemenang medali emas Porprov Jabar 2022 loh. Kedua siswa ini merupakan atlet yang ikut atas nama pribadi dan dilatih oleh pelatih profesional Kabupaten Bogor untuk ikut dalam ajang Porprov Jabar 2022.

Di SMP N 1 Ciawi sendiri tidak ada ekstra kurikuler dance sport. Cabang olahraga yang memadukan seni tari, penguasaan teknik, stamina fisik hingga pertunjukkan artistik ini juga tidak masuk dalam kurikulum pembelajaran sekolah.

Adanya komentar negatif terhadap siswa beprestasi ini pun memancing reaksi dari banyak pihak. Tidak hanya masyarakat biasa, musisi, aktris, hingga pejabat cukup menyayangkan adanya respon negatif terkait apa yang dilakukan oleh kedua siswa tersebut. Bahkan menurut mereka, seharusnya dua siswa SMP N 1 Ciawi ini mendapatkan apresiasi dan dukungan, bukan penghakiman.

“Hi, :) @smpn1ciawi_bogor this is Agnez Mo. Kalau boleh, sepertinya punya prestasi itu bukan sesuatu yang harus ‘minta maaf’ kok. Punya anak berprestasi itu dibanggakan aja,” komentar Agnez Mo dalam unggahan klarifikasi SMP N 1 Ciawi di Instagram.

Menurut Agnez, harusnya itu bisa memicu kepercayaan diri mereka dan dibanggakan oleh sekolah untuk menjadi contoh bahwa berprestasi itu lebih penting dari sekadar viral. Pelantun tembang "Sebuah Rasa" ini juga meminta orang-orang untuk mendukung dan tetap di sisi mereka ketika ada oknum dengan pikiran sempit dan menghakimi ingin menjatuhkannya.

Tidak hanya Agnez Mo, Cinta Laura Kiehl juga ikut angkat suara terkait komentar negatif yang diberikan kepada dua siswa tersebut. Lewat unggahan story di akun Instagram pribadinya @claurakiehl, aktris sekaligus penyanyi ini mengungkapkan rasa sakit hatinya melihat sebuah bentuk seni yang indah dipandang negatif dan dikutuk dengan alasan yang tidak masuk akal.

“Menurut aku, memalukan sekali bahwa orang-orang yang telah menghakimi tersebut, juga orang-orang yang mengaku peduli dengan kesejahteraan di negeri ini. Pada kenyataannya sikap dan aksi mereka, yang datang dari sumber kebencianlah yang berkontribusi terhadap kemunduran negara ini dalam membantu masyarakatnya untuk menampilkan bakat dan individualitasnya!” tulis Cinta.

Menurutnya, seni adalah salah satu cara untuk mengekspresikan diri. Globalisasi seharusnya membuat kita menghargai dan memahami berbagai budaya, bukan hanya milik sendiri. Prestasi yang didapat oleh kedua siswa tersebut juga harusnya dibanggakan, bukan malah membuat mereka terintimidasi dan terancam.

“Bagi kalian yang dengan percaya diri sudah berani mematikan mimpi-mimpi anak-anak berbakat ini, aku ingin kalian semua melakukan hal berikut: Lihatlah diri kalian di cermin. Tanyakan pada diri sendiri kenapa kalian menyimpan begitu banyak kebencian? Sudahkah kalian mencapai titik kesempurnaan moral yang memberi kalian hak untuk menghakimi dan mengutuk orang lain? Pikirkan baik-baik,” lanjutnya.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbut Ristek) Nadiem Anwar Makarim juga turut bersuara terkait prestasi dua siswa SMP N 1 Ciawi Boor ini. Lewat akun Instagram pribadinya @nadiemmakarim, Nadiem mengaku bangga dengan kemampuan mereka dalam berdansa.

“Bangga sekali dengan Keysha Asitia Putra Winardi dan Devina Anindita dari SMP 1 Ciawi yang bisa menari sekeren ini. Terus semangat untuk berkarya, berprestasi dan mengejar mimpi,” tulis Nadiem.

Dalam unggahan tersebut, Nadiem juga turut menyertakan foto saat Keysha dan juga Devina menunjukkan medali emas dan juga sertifikat kemenangan mereka di Porprov Jabar 2022 cabang olahraga dance sport. (*)

 

Foto: Istimewa

Artikel Terkait
Current Issues
3 Musisi Indonesia ini Raih Penghargaan Internasional Sepanjang 2019

Current Issues
Viral Challenge Minum 5 Liter Boba, ini Tanggapan Dokter

Current Issues
Fenomena Wanita Selalu Salah Baca Maps, Begini Kata Ahli